Android Studio Tutorial Untuk Membuat Aplikasi Untuk Pemula

Kalau dulu membuat aplikasi android hanya bisa dilakukan oleh developer professional yang memang sudah ahli di bidang coding, sekarang ini ada android studio tutorial yang bisa menjadi solusi membuat aplikasi untuk pemula. 

Cara belajar pembuatan aplikasinya cukup mudah dan bahkan bisa dipelajari. Terlebih sudah banyak informasi terkait Android Studio yang beredar. Seperti apa tutorial selengkapnya bisa Anda simak dan cek dalam ulasan berikut ini!

Android Studio Tutorial 100% Berhasil 

Sebelum Anda belajar membuat aplikasi dengan menggunakan android Studio, ada beberapa persiapan yang Anda perlukan yaitu : 

Instal android studio terlebih dahulu

Pastikan spesifikasi laptop sesuai. Spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan android studio tutorial sendiri adalah minimal RAM 3 GB dengan tambahan 1 GB RAM untuk menjalankan emulator android. Sementara spesifikasi yang dianjurkan adalah laptop dengan spesifikasi 8 GB

Jika sudah Anda siapkan perlengkapannya, ikuti tutorial berikut ini : 

Buat project baru di Android Studio

Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah membuat project baru dengan klik start a new android studio project seperti gambar di bawah ini. 

Kemudian Anda akan diarahkan menuju ke halaman Activity. Anda bisa pilih jenis empty activity seperti gambar berikut karena Anda akan membuat aplikasi android dari 0. Setelahnya bisa Anda klik next untuk melanjutkan dalam pembuatan project. 

Akan muncul informasi tentang konfigurasi project yang akan Anda buat dan perlu mengisi form dalam android studio tutorial seperti gambar di bawah ini. 

Form di atas perlu diisi dengan informasi sebagai berikut : 

Name : isi dengan nama project yang akan dijalankan. Di sini contoh nama projectnya adalah FirstApp

Save location : isi dengan lokasi project Anda simpan

Language : isi dengan bahasa pemrograman yang akan Anda gunakan

Minimum API level : isi dengan informasi proses running hasil aplikasi yang akan berjalan pada sistem versi android.

Jika semua detail sudah diisi sesuai dengan kebutuhan Anda, setelah itu Anda klik finish untuk mulai membuat aplikasinya. 

Buat user interfacenya

User interface yang akan Anda temukan  adalah menggabungkan antara konsep desain visual, desain interaksi dan juga infrastruktur informasi. Dalam pembuatan aplikasi android ini akan Anda temukan dua jenis interface yang terdiri atas view dan viewgroup. 

View merupakan komponen layar yang dapat menjadikan pengguna bisa melihat dan berinteraksi secara langsung. Sementara viewgroup merupakan suatu tempat yang akan menjadi wadah dari objek – objek view dan viewgroup itu sendiri sehingga membentuk satu kesatuan tampilan aplikasi yang utuh. 

Dalam user interface yang dibuat, isi bagian text sesuai dengan kebutuhan Anda seperti gambar di bawah ini.

Request data adapter

Adapter merupakan sebuah komponen yang akan mengatur tentang seperti apa dan bagaimana menampilkan data dalam ListView yang ada. Nantinya adapter ini akan menyediakan akses data pada masing – masing item serta  memberikan rasa tanggung jawab dalam membuat sebuah view pada masing – masing item untuk kumpulan data. 

Menampilkan data dengan memanfaatkan RecyclerView

RecyclerView merupakan golongan widget yang hadir dengan tampilan lebih canggih dibandingkan dengan ListView dan bersifat fleksibel. RecyclerView sendiri memiliki suatu kemampuan untuk menampilkan data secara lebih efisien dan dalam jumlah yang besar terlebih jika Anda memiliki koleksi data dengan menampilkan elemen yang mampu berubah seiring berjalannya waktu atau runtime. 

Menampilkan sekelompok database dengan menggunakan dataset

Dataset diartikan sebagai kumpulan data - data yang dimiliki dan ingin ditampilkan pada aplikasi baik yang berupa array, list atau pun object map. Ketika Anda membuat suatu aplikasi dan membutuhkan penyimpanan database dalam jumlah besar, Anda bisa menggunakan VPS yang bisa untuk Anda dapatkan dari penyedia hosting yang sudah banyak beredar dan menjadi pilihan di Indonesia sekarang ini. 

Itulah berbagai informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang android studio tutorial dan beberapa cuplikan informasi langkah – langkahnya. Semoga menjadi informasi yang membawa manfaat khususnya Anda yang ingin membuat aplikasi dengan langkah sederhana.