Android 11 Fitur Baru yang Bisa Anda Dapatkan, Cek Di Sini

Android 11 merupakan sistem operasi android terbaru yang dirilis pertama kali oleh Google pada September 2020. Seperti biasa, update android 11 fitur baru yang ditawarkan sangat melimpah dengan berbagai penyempurnaan yang juga dihadirkan dibaliknya. 

Bagi Anda yang merasa penasaran dengan apa saja fitur baru yang bisa didapatkan dari Android 11, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi selengkapnya untuk Anda. So, let’s check these out!

Fitur baru yang ada di Android 11 :

1. Fitur perekam layar bawaan

Dengan android 11, Anda tidak akan lagi perlu aplikasi perekam layar dari aplikasi penunjang atau aplikasi pihak ketiga karena android 11 sudah dilengkapi secara langsung fitur perekam layar bawaan di dalamnya. 

Fitur tersebut telah tertanam pada sistem operasinya dan bisa ditemukan pada panel Quick Settingsnya. Anda bisa memunculkannya dengan mudah yaitu dengan cara tap icon pensil kemudian seret drag and drop ‘screen record’ pada bagian mana pun yang Anda inginkan. 

Ketika fitur ini Anda pakai, peringatan bahwa perekaman akan turut merekam informasi sensitif seperti halnya password dan juga detail pembayaran akan Anda temukan. Dengan fitur yang sudah disiapkan, Anda juga bisa mengaktifkan atau pun menonaktifkan perekaman audio dengan cara menampilkan penanda sentuhan di bagian layarnya. 

2. Terdapat voice access yang jauh lebih canggih

Voice access merupakan pilihan fitur yang dimasukkan ke dalam fitur aksesibilitas android. Nah, fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengontrol ponsel hanya melalui perintah suara. Sistem operasinya pun akan memahami apa yang telah dikatakan oleh penggunanya. 

Dengan tersedianya voice access sebagai android 11 fitur baru tentu saja sistem ini akan membantu membuka aplikasi yang diminta sesuai arahan atau sesuai yang diminta. Dengan demikian tentu saja membuka aplikasi jadi jauh lebih mudah dan jauh lebih canggih tanpa butuh waktu lama. 

3. Terdapatnya notifikasi pesan terpisah

Masalah notifikasi pesan yang selama ini menjadi masukan benar – benar didengarkan, oleh sebab itu pada android 11 fitur baru notifikasi pesan dibuat terpisah. Sebagaimana yang sudah diketahui bersama bahwa pada sistem operasi yang sebelumnya pesan notifikasi dibuat menumpuk menjadi satu dengan notifikasi lain. 

Namun pada android 11 tidak akan terjadi demikian karena Anda akan menemukan notifikasi secara terpisah. Aplikasi percakapan seperti SMS atau WhatsApp diletakkan di bagian conversation untuk membedakannya dengan notifikasi yang lain. 

Anda juga dapat memberikan tanda pada salah satu atau beberapa aplikasi sebagai prioritas. Akan tetapi jika Anda tidak ingin notifikasi dari aplikasi perpesanan masuk di bagian Conversations, misalkan Anda tidak terbiasa maka Anda bisa menghapusnya atau mengubah controlnya dengan cara : 

Masuk ke bagian settings atau pengaturan di ponsel Anda dengan sistem android 11

Klik Apps & notifications

Pilih conversations

4. Temukan tombol power multifungsi

Fitur baru yang terlihat sangat mencolok adalah tombol power yang memiliki lebih banyak fungsi. Jadi jika biasanya tombol power hanya difungsikan untuk mematikan, menyalakan dan atau merestart ponsel. Maka kini sudah tersedia fitur kartu debit, Google Pay Credit dan berbagai tombol lainnya yang memudahkan perangkat dijadikan sebagai smart home devices di bagian tombol powernya. 

Dengan begitu, Anda pun bisa jauh lebih mudah dalam melakukan berbagai aktivitas dengan alat mulai dari menyalakan TV, mematikan lampu, sampai dengan menutup pintu dengan hanya satu klik saja pada perangkat berbasis android 11. Akan tetapi untuk menggunakannya sebagai smart home devices, Anda juga perlu memastikan perangkat rumah Anda sudah mendukung fitur yang sama sehingga nantinya bisa terkoneksi satu sama lain. 

5. Terdapat lebih banyak opsi ‘perizinan’

Akses permission atau perizinan di android sangat penting. Nah, android 11 ini memberikan fitur baru dengan menyediakan lebih banyak opsi tersebut. Jadi ketika bar perizinan sudah muncul, maka opsi baru Only this Time akan muncul. 

Jika opsi tersebut Anda pilih, android hanya akan memberikan izin aplikasi terkait sampai aplikasi tersebut ditutup. Ketika tak lagi bisa dibuka, aplikasi tersebut tentu saja tidak akan bisa menggunakan izin tersebut tanpa kembali diminta. 

Namun Anda juga harus ingat bahwa tidak semua perizinan sudah mendukung opsi ini. Biasanya yang mendukung opsi ini seperti lokasi, mikrofon dan kamera saja. 

Itulah berbagai android 11 fitur baru yang bisa didapatkan oleh pengguna yang menggunakan android dengan dukungan android 11. Dapatkan berbagai kemudahan dan pengalaman berselancar lebih puas dengan android 11.