Tips Cara Mengecek Kesehatan Baterai Laptop Praktis

Baterai adalah hal yang wajib untuk selalu dipantau statusnya ketika sedang menggunakan laptop. Karena baterai adalah bagian yang penting dalam mobilitas. Ada baiknya kita harus paham dan mengerti terkait kondisi kesehatan pada baterai laptop yang kita miliki.

Cara Cek Kesehatan Baterai Laptop

Kemudian, bagaimana sih cara mengecek kesehatan baterai laptop? Dibawah ini adalah cara mengecek kesehatan baterai laptop.

1. Cek Kesehatan Baterai menggunakan Battery Bar

Cara pertama untuk mengecek kesehatan baterai laptop merupakan memakai BatteryBar. Software ini tersedia dua versi yaitu BatteryBar Free dan  BatteryBar Pro. Jika memakai BatteryBar Pro Anda harus membayar $1 per tahun atau $7 untuk selamanya. Anda dapat mendownload BatteryBar versi Free untuk penggunaan gratis.

Pertama, silahkan Anda download serta install terlebih dahulu aplikasi BatteryBar. Jika telah Anda install pada laptop Anda. Maka, akan ada batterybar dibagian bawah laptop Anda atau taskbar.

Anda dapat melihat residu persen baterai, kapasitas baterai, serta lain sebagainya. Silahkan Anda perhatikan Battery Wear buat mengetahui kualitas baterai Anda, Jika sudah lebih berasal 50% maka kemungkinan Anda harus mengganti Baterai laptop Anda.

2.  Kesehatan Baterai menggunakan Battery Care

Cara selanjutnya buat mengecek kesehatan baterai laptop dengan menggunakan software BatteryCare. software ini dapat di download secara gratis. Software ini bisa mengawasi discharge cycle pada baterai laptop. Silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

Pertama, silahkan Anda download serta install terlebih dahulu aplikasi BatteryCare. Lalu, silahkan Anda jalankan aplikasi tadi. BatteryCare memiliki 2 jenis isu yaitu Basic Information dan  Detailed Information.

Didalam basic information tersedia berita perihal status baterai, residu % baterai, residu ketika baterai. Tentang baterai, kapasitas dari baterai, wear level, designed capacity, dan lainnya itu untuk detailed information.

Cara Cerdas Supaya Baterai Laptop Berumur Panjang

Daya tahan baterai ialah satu hal krusial buat diperhatikan ketika membeli sebuah laptop. Memakai daya tahan baterai yang bagus tentunya dapat membantu kegiatan sehari-hari lebih efisien serta maksimal.

Sekarang sudah sangat banyak laptop yang berkapasitas baterai besar. Namun, cara merawat laptop yang buruk dapat membuat performa baterai laptop menurun. Oleh karenanya Anda bisa mengikuti tip dibawah ini supaya baterai laptop tidak cepat boros atau rusak.

1. Cabut Charge saat telah 100%

Cepatnya baterai laptop boros adalah tidak mencabut charge saat baterai telah terisi penuh. Padahal, mengabaikan arus listrik yang terus mengalir dapat merusak komponen yang ada dalam baterai. Agar baterai laptop tetap awet, pastikan untuk tidak meninggalkan nya dalam waktu lama.

2. Hindari Laptop Mati Total

Laptop yang mati total merupakan hal yang cukup fatal, karena laptop yang tiba tiba mati dapat mengakibatkan komponen baterai cepat rusak. Jadi, segera isi daya baterai sebelum baterai dibawah 20%.

3. Tutup aplikasi yang tidak diperlukan

Tidak hanya hardware yang perlu diperhatikan. agar baterai laptop menjadi lebih panjang serta awet,  baiknya kamu menutup berbagai software yang tidak dibutuhkan karena menggunakan membuka banyak aplikasi sekaligus akan menghasilkan daya baterai menjadi terkuras.

Jadi daripada harus melihat baterai rusak, yang pada akhirnya tidak bisa membuatmu memakai laptop, lebih baiknya kamu mengikut langkah-langkah tips menjaga ketahanan baterai seperti yang diterangkan diatas.

Itulah tadi ulasan mengenai cara cek kesehatan baterai laptop dan ulasan tentang tips menjaga baterai agar tetap awet. Intinya jagalah kesehatan baterai pada laptop yang Anda miliki karena itu dapat menjaga umur laptop.