5 Cara Perbaiki Fungsi Keyboard Laptop

Keyboard yang tidak dapat digunakan dengan baik memang menghambat pekerjaan. Pengguna laptop bisa jadi pernah merasakan permasalahan tersebut. Cara perbaiki fungsi keyboard laptop sebetulnya bukan hal yang rumit jika tahu celahnya seperti apa.

Banyak faktor penyebab terjadinya keyboard yang tidak dapat digunakan sesuai fungsinya. Baik dari urusan software dan hardware atau hal lain yang tidak dapat diprediksi. Namun, jangan terlalu khawatir, ada banyak cara untuk memperbaikinya.

5 Cara Mudah Perbaiki Keyboard Laptop

Daftar Isi :

Salah satu komponen penting ketika menggunakan laptop adalah kinerja keyboard. Jika mengalami keyboard mendadak eror, dapat dilakukan beberapa hal untuk cek bagian mana yang rusak. Ada cara mudah perbaiki fungsi keyboard dengan langkah berikut.

1. Restart Laptop

Cara pertama ini untuk merupakan cara ampuh ketika laptop eror termasuk keyboard yang mendadak tak berfungsi. Restart biasanya dilakukan pengguna jika mengalami ketidaknormalan pada laptop yang dipergunakan.

Bila restart tak membuahkan hasil, bisa menekan power dengan tekanan agak lama, baru lepaskan setelah beberapa detik. Kemudian cek apakan keyboard sudah berfungsi secara normal kembali.

2. Cek Num Lock

Tak sengaja mengaktifkan fitur dari Num Lock akan membuat keybord mendadak tidak berfungsi. Bisa jadi karena kekuranghatian pengguna sehingga tanpa sadar melakukannya. Num Lock yang aktif bisa dipastikan sebagian dari keyboard akan berjalan tidak normal.

Cara menonaktifkan dengan tekan tombol Fn dan mengkombinasikan dengan Num Lock. Lakukan secara bersamaan secara beberapa saat. Hal ini tergantung dari type atau jenis laptop yang digunakan.

3. Dengan System Restore

Jika Num Lock dan restart belum membuahkan hasil, dapat menormalkan fungsi keyboard dengan system restore. Cara ini memang praktis dan biasanya berhasil bila dilakukan sesuai tahapan yang benar. 

Laptop yang menggunakan Windows 7 dan 8 dapat melakukannya dengan start lalu pilih Recovery.

Cara perbaiki fungsi keyboard laptop dengan cek jenis Windows yang digunakan. Apabila Windows yang digunakan adalah XP, bisa melakukan dengan cara berikut:

  • Pilih start.
  • Kemudian klik All Program.
  • Pilih Accessories dan System Tools.
  • Terakhir yang dilakukan adalah pilih System Restore.

Jangan lupa untuk cek apakah keyboard sudah dapat digunakan seperti biasanya.

4. Membersihkan Keyboard

Hal yang jarang dilakukan adalah membersihkan keyboard pada laptop karena terlihat bersih terus. Padahal tidak demikian, pasti ada debu atau sisa makanan yang membuat keyboard tidak stabil. Untuk itu perlu dibersihkan secara detail agar keyboard berfungsi normal kembali

Caranya matikan laptop dan miringkan dalam kondisi 90 derajat. Jika sudah, gerakkan sehingga kotoran keluar. Jangan lupa gunakan selotip untuk membersihkan di jeda tiap bagiannya. Lakukan pembersihan hingga benar-benar bersih.

5. Cek Konektor

Melakukan cek dengan 4 cara di atas belum berhasil juga bisa melakukan dengan cek konektor. Komponen pada keyboard ini bisa saja tertekuk, terlepas, merenggang dan tidak pas pada tempatnya. 

Untuk memastikannya bisa membongkar keyboard untuk memperbaiki dan cek konektor. Apabila tidak yakin dengan kemampuan sendiri, bisa meminta tolong jasa ahli di bidangnya. Dengan demikian permasalah di keyboard dapat dilakukan pengecekan guna memperbaikinya.

Banyak cara yang dapat digunakan untuk keyboard rusak, tergantung permasalahan yang muncul. Keyboard rusak akan membuat semuanya terhambat dalam penggunaan laptop, untuk itu perlu diperbaiki dengan segera.

Cara perbaiki fungsi keyboard laptop dapat dilakukan sendiri dengan beberapa cara. Banyak faktor penyebabnya dan dapat dilihat dulu penyebabnya dimana. Dengan mengetahui penyebabnya pengguna dapat langsung melakukan perbaikan dengan mudah.