Cara Hapus Partisi Hardisk Tanpa Hilangkan File

Teknisi yang berada di toko biasanya dapat membantu orang dalam membeli laptop ataupun komputer baru. Apalagi untuk mengetahui cara hapus partisi hardisk tanpa hilangkan file.

Salah satu pengaturan yang bisa dilaksanakan yakni membagi ruang di dalam hard disk menjadi berbagai macam partisi. Ada berbagai partisi yang dapat dipilih misalnya : drive D pada data, drive C sistem komputer, serta drive E pada entertainment.

Cara Hapus Partisi Hardisk Tanpa Hilangkan File

Dari beberapa informasi yang ada di atas, Anda tentunya telah mengetahui beberapa alasan partisi tidak harus menghilangkan file. 

Jika dilihat dari caranya untuk menghapus partisi lama memang harus membuat ruang kosong yang tidak digunakan. Ruang itu nantinya akan dibuat ke partisi yang sudah ada.

Cara hapus partisi hardisk tanpa hilangkan file yang dapat dilaksanakan tanpa adanya aplikasi tambahan. Namun, Anda juga memerlukan hard disk eksternal ataupun tempat penyimpanan lainnya dalam mengatur data dari partisi yang nantinya dihapus.

Sedangkan, pada metode merger prinsipnya dapat menggabungkan secara langsung antara dua partisi ataupun lebih dari satu. 

Cara ini tidak membutuhkan hardisk eksternal maupun tempat penyimpanan lain untuk melaksanakan back up data. Namun, yang dibutuhkan merupakan aplikasi yang ditambah dari pihak ketiga. Karena, fitur ini sudah tidak ada oleh Windows.

Cara Menghapus Partisi Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

  • Tekanlah tombol Windows terlebih dahulu, kemudian ketikkanlah pada "Disk Management" di kolom pencarian dan enter.
  • Dari sini dapat terlihat partisi yang terdapat di tempat penyimpanan komputer beserta kapasitasnya.
  • Arahkanlah kursor ke partisi yang sudah dihapus. Pada contoh ini, Carisinyal dapat menghapus partisi drive D. Sebelum Anda menghapus, lakukanlah back-up data terlebih dahulu dari partisi yang akan dihapus.
  • Selesai Anda mem-backup, kliklah kanan di partisi tujuan kemudian pilihlah "Delete Volume".
  • Saat ini Anda sudah dapat menciptakan ruang kosong yang belum terselesaikan.
  • Kemudian, Anda harus mrngatur ruang kosong ke partisi yang telah ada. Ruang kosong ini nantinya bisa dibuat pada partisi drive C. Cara menambahkannya hanya dengan menekan kanan drive C, kemudian pilihlah "Extend Volume...".
  • Setelah Anda masuk ke menu "Extend Volume", maka Windows dapat mendeteksi keberadaan ruang kosong yang tidak dialokasikan ke partisi manapun melalui drive 0. Pastikanlah ruang yang nantinya dialihkan ke partisi C semuanya. Kemudian, kliklah "Next".
  • Kliklah Finish untuk merampungkan proses. Selesai, dari drive C yang semula mempunyai kapasitas 218, 12 GB saat ini menjadi 223 GB.

Menghapus Partisi dengan Menggunakan Aplikasi Tambahan

  • Unduhlah aplikasinya di situs resmi ataupun dapat diakses dari sini.
  • Install hingga selesai, kemudian bukalah aplikasinya. Sesudah terbuka, aplikasi dapat menampilkan semua informasi tentang drive kapasitasnya.
  • Pada contoh seperti ini, Carisinyal nantinya bisa menggabungkan drive F dan drive D pada Disk 2. Caranya, akan di arahkan kursor ke salah satu drive kemudian kliklah kanan. Lalu, pilihlah "Merge".
  • Selanjutnya, pilihlah disk dan partisi utama yang akan dipertahankan. Kemudian, kliklah partisi yang nantinya dilebur ke partisi utama. Sesudah itu, kliklah "Finish".
  • Ceklah terlebih dahulu jika sudah benar. Apabila sudah, Anda bisa menjalankan prosesnya dengan cara mengklik "Apply" di pojok kiri bawah. Tunggu hingga selesai.
  • Saat ini dua partisi telah digabungkan menjadi satu. File yang ada di partisi pun tidak akan mudah hilang, sebab disimpan di folder bernama "merged_partition_content".

Itu saja informasi mengenai cara hapus partisi hardisk tanpa hilangkan file, semoga berguna ya.