Cara Melihat Versi Windows Laptop

Cara Melihat Versi Windows Laptop dapat berguna untuk melihat versi windows sebagai acuran untuk menginstall aplikasi. Kalian pasti pernah mengalami saat menginstall aplikasi biasanya ada pilihan windows 11 10 8 atau xp dengan pilihan 32 bite atau 64 bite.

Semua barang elektronik yang memiliki basis komputer tentunya memiliki sistem operasi atau operation system (OS). Sistem ini berguna untuk menjalankan seluruh kompartment yang dalam komponen tersesbut. Contoh saja smartphone masuk dalam perangkat elektronik komputasi dan mempunyai operasi sistem seperti android dan iOS. 


Seperti halnya pada komputer atau laptop tentunya menggunakan sistem operasi berbasis windows milik microsoft dan Mac OS milik perusahaan Apple. Sekarang ini komposisi pengguna sistem operasi di dunia adalah 40% android, windows 35%, iOS 13% dan Mac OS mencapai 6%.

Tentang Sistem Operasi

Beberapa orang mungkin mengerti apa itu Operation System, mari kita mengenal bersama mengenai sistem operasi. OS adalah sebuah software yang berada dalam perangkat elektronik yang berbasis komputaso dan bertujuan sebagai penggerak sumber daya. Secara sederhananya adalah mengatur komunikasi antar software, hardware dan daemon.

OS ini bekerja memproses data, simpan data, penggunaan memori dan perhitungan pada perangkat yang dimiliki komputer. Sekarang ini ada beberapa macam os yang ada seperti windows, mac OS, iOS, linux dan android. 

Cara Melihat Versi Windows Laptop

Ada beberapa cara untuk melihat versi windows yang berada di dalam komputer. Mari ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cek Versi Windows lewat Sistem Properties

Melalui sistem properties akan menampilkan data-data di sistem, berikut langkah-langkahnya

Jalankan app windows explrorer. Caranya tinggal klik kanan pada Start, kemudian File Explorer

Kedua akan muncul menu explorer, kemudian kalian klik kanan pada This PC, kemudian pilih klik Properties

Selesai, kemudian akan muncul tab informasi versi windows tersebut

Cek Versi Windows lewat DXDIAG

Kemudian cara kedua adalah menggunakan DXDiAG, cara yang kedua cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya

Klik dan tahan tombol Windows+R, lalu akan muncul tab menu Run

Kemudian kalian cukup ketik “DXDIAG”, kemudian klik OK

Selesai dan akan muncul jendela baru mengenai DirectX Diagnostic Tool (DXDIAG).

Informasi yang didapat melalui DXDIAG seperti spesifikasi windows 10 biasanya terlihat RAM, Prosesor, BIOS, VGA dan lainya. 

Lihat Versi Windows Lewat menu About

Cara ketiga ini dapat dikatakan akan mendapatkan informasi yang cukup lengkap. Windows about pada windows 10 ini akan menampilkan data sistem yang lengkap dengan spesifikasi dasar sistem operasi. Coba ikuti langkah secara lengkap di bawah ini.

Sebenarnya ada banyak cara untuk melihat menu about, paling mudah yaitu klik start dan kemudian ketik about, kemudian akan muncul menu “About”

Setelah buka About tersebut dan akan muncul jendela about tentang windwos tersebut

Cek Versi Command Prompt

Cara terakhir ini cukup rumit karena perlu memerlukan beberapa langkah yang cukup banyak. Langsung saja ya tutorial cek versi windows laptop.

Klik dan tahan tombol Windows+R

Kemudian ketik “CMD”

Lalu klik oke dan akan muncul jendela baru bernama commanPrompt

Kalian tinggal mengetik “ver” untuk melihat versi windows

Demikianlah informasi mengenai cara melihat versi windows laptop atau komputer. Cukup mudah bukan tutorial ini. Silahkan share ke teman-teman kalian dan sekian terimakasih.