Cara Cegah Overheat Suhu Laptop

Laptop bisa mengalami overheat saat digunakan terlalu lama. Selain itu, suhu laptop akan meningkat saat digunakan untuk aktivitas berat misalnya bermain game. Jika hal ini dibiarkan, performa laptop kamu akan menurun. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara cegah overheat suhu laptop.

Laptop memang memiliki sistem pendingin yang lebih kecil daripada PC. Hal ini menyebabkan suhu laptop menjadi cepat panas.

Untuk itu, kamu harus menjaga agar suhu laptop tetap normal dan stabil saat digunakan. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mendinginkan laptop. Simak beberapa cara berikut ini untuk menjaga agar temperatur laptop tetap normal.

Tips Cegah Overheat Suhu Laptop

Daftar Isi :

Laptop bisa menjadi overheat saat kamu memaksanya bekerja diluar batasnya. Misalnya, kamu memakai laptop spek rendah untuk menjalankan aplikasi berat atau game high-end. Hal ini bisa memicu naiknya suhu laptop.

Untuk itu, sebaiknya kamu memakai laptop dengan bijak agar tidak overheat. Disamping itu, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini untuk menjaga temperatur laptop kamu.

1. Menggunakan Cooling Pad

Cooling pad adalah kipas pendingin yang diletakkan sebagai alas laptop. Harga perangkat ini cukup terjangkau. Kamu bisa mendapatkan cooling pad mulai harga 50 ribu. Saat membeli cooling pad, pastikan kamu menyesuaikan ukurannya dengan ukuran laptop kamu.

Cegah overheat suhu laptop dengan cooling pad merupakan salah satu cara yang cukup efektif. Cooling pad akan menyedot panas dari laptop. Jika kamu hobi main game, kamu bisa menggunakan cooling pad yang didesain khusus untuk penggunaan pada laptop gaming.

2. Membersihkan ventilasi laptop

Saat ventilasi laptop kotor karena debu, hal ini bisa menyebabkan laptop menjadi overheat. Lubang yang biasanya terdapat di samping laptop ini berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya udara. Jika lubang ini tertutup debu atau benda lain, aliran udara menjadi tidak lancar sehingga laptop jadi panas.

Untuk itu, kamu harus membersihkannya dengan teratur minimal sebulan sekali. Kamu bisa membersihkan ventilasi ini dengan menggunakan sikat kecil.

3. Menggunakan vacuum cooler

Cara cegah overheat suhu laptop dengan vacuum cooler juga cukup efektif. Fungsi dari alat ini sebenarnya mirip dengan cooling pad. Akan tetapi vacuum cooler bisa mendinginkan laptop dengan lebih cepat.

Cara penggunaan vacuum cooler ini adalah dengan meletakkannya di samping ventilasi laptop. Vacuum cooler akan mempertahankan suhu laptop kamu agar selalu normal.

4. Memeriksa CPU Usage

Salah satu penyebab laptop cepat panas adalah banyaknya program latar belakang. Untuk itu, kamu harus mengecek CPU Usage agar bisa mengetahui aplikasi atau program yang sedang aktif. Matikan aplikasi yang tidak kamu perlukan sehingga bisa mengurangi beban kinerja laptop.

Untuk memeriksa CPU Usage, kamu bisa klik kanan pada taskbar lalu pilihlah Task Manager. Setelah itu, pilih tab Performance. Matikanlah program yang tidak penting dengan klik kanan nama program kemudian pilih End Task.

5. Gunakan laptop di meja

Banyak orang yang menggunakan laptop dengan meletakkannya di atas kasur, bantal maupun karpet. Tanpa mereka sadari, hal ini bisa membuat suhu laptop cepat naik.

Jika kamu ingin cegah overheat suhu laptop, sebaiknya kamu meletakkan laptop di permukaan keras dan juga datar seperti meja.

Itulah lima cara cegah overheat suhu laptop. Kamu bisa mencoba semua tips di atas agar temperatur laptop kamu tetap stabil.