Aplikasi Android Error, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda pengguna android, pasti akan mengalami berbagai masalah dengan ponsel yang Anda gunakan seiring berjalannya waktu. Salah satu masalah yang biasa dialami oleh pengguna adalah aplikasi android error

Aplikasi android error ini sebenarnya disebabkan karena apa sih dan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? 

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Error :

Crash pada aplikasi android bisa terjadi kapan saja yang mengakibatkan aplikasi mengalami error. Cache pada ponsel dan aplikasi yang menumpuk juga dapat menjadi penyebab lainnya. Lantas jika aplikasi android error bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? 

Beberapa cara mengatasi aplikasi android error yang bisa dilakukan sebagai berikut : 

1. Menghapus cache aplikasi

Cache merupakan suatu tempat simpan sementara suatu perangkat yang mempertahankan beberapa jenis data. Kehadiran atau posisi dari cache sendiri adalah untuk mempercepat proses aplikasi serta mengurangi jumlah data yang dikonsumsi. 

Sebagai contoh, ketika Anda membuka aplikasi Google Maps, pertama kali akan sedikit lama loadingnya. Hal ini karena aplikasi perlu melakukan download data dimana sebagian data akan disimpan oleh suatu sistem sebagai cache. Sehingga berikutnya ketika Anda membuka Google Maps, maka aplikasi akan berjalan lebih cepat dari sebelumnya ketika Anda membuka pertama kali. 

Jika cache aplikasi tidak pernah dihapus, tentu saja lama kelamaan seiring dengan berjalannya waktu cache tersebut akan menjadi suatu sampah yang menumpuk di ponsel android. Alhasil, android akan berjalan tak terkendali dan pada akhirnya android akan lemot karena penumpukan cache. 

Oleh sebab itu cache perlu Anda hapus agar aplikasi android error tidak terjadi. Cara menghapus cache pada aplikasi android sebagai berikut : 

Pertama – tama Anda buka pengaturan atau setting pada smartphone android Anda

Scroll ke bawah dan cari kotak dialog pengaturan lainnya

Klik pada ‘aplikasi’

Setelah itu ada beberapa pilihan, Anda klik terpasang. Di dalamnya berisi informasi aplikasi dengan cache yang banyak dan perlu dihapus.

Selanjutnya Anda klik aplikasi mana yang cachenya ingin Anda hapus

Akan muncul kotak dialog penyimpanan, Anda klik

Klik bersihkan cache pada aplikasi yang terpilih

Selesai, cache sudah dibersihkan

2. Menghapus data pada aplikasi

Fitur menghapus data aplikasi merupakan suatu fitur yang akan menghapus keseluruhan data yang ada juga termasuk terkait pengaturan aplikasi. Sehingga aplikasi akan benar – benar kembali seperti ketika Anda baru pertama kali menginstall aplikasi tersebut. 

Terkadang beberapa aplikasi memang menyimpan data cache yang benar – benar menggerogoti penyimpanan dalam sebuah perangkat. Dengan Anda menghapus cache atau data aplikasi, tentu saja Anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan seperti : 

Dapat melapangkan internal memori

Dapat membantu pengaturan ulang aplikasi ke pengaturan secara default

Membereskan semua masalah yang berkaitan dengan aplikasi seperti aplikasi yang tidak bekerja atau bahkan berjalan sangat lambat

Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Anda hanya perlu mengakses melalui menu pengaturan. Setelah itu pilih aplikasi dan akan muncul segera pilihan untuk membersihkan data aplikasi.

Di sana bisa Anda lihat berapa total dari besaran cache yang terdapat di menu penyimpanan telepon dan segera bisa teratasi masalah aplikasi android error yang sebelumnya Anda alami.

3. Mengupdate WebView system android

WebView system pada android merupakan sebuah aplikasi pre-installed atau aplikasi bawaan android yang memungkinkan kepada pengembang untuk menampilkan halaman web pada aplikasi. Namun belakangan ini WebView system android mengalami perubahan. 

Perubahan yang terjadi tersebut ternyata menjadikan aplikasi yang menggunakannya tidak bisa berjalan normal sehingga aplikasi android error pun terjadi. Oleh karena itu menurut Google, melakukan update WebView Sistem Android dan juga Google Chrome melalui Google Play dapat menyelesaikan semua masalah tersebut. 

Adapun mengenai langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk memperbarui WebView System Android sebagai berikut : 

Pertama – tama Anda buka aplikasi PlayStore terlebih dahulu

Setelah itu Anda cari WebView system android

Terakhir, Anda update dengan klik opsi perbarui atau update

Anda yang mengalami aplikasi android error, itulah penyebab dan sekaligus bagaimana cara mengatasinya yang Anda bisa manfaatkan. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang hadir membawa banyak manfaat untuk Anda pengguna android.