Google Classroom Fitur yang Bisa Diandalkan

Google Classroom merupakan sebuah aplikasi pembelajaran online yang dapat digunakan secara gratis dan penggunaannya pun cukup mudah. Google Classroom fitur sangat banyak. 

Begitu pula dengan fungsi dan keunggulannya sangat banyak. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai beberapa fungsi fitur dari aplikasi Google Classroom ini. Yuk simak ulasannya!

Fitur – Fitur Google Classroom 

Tugas (assignments)

Fitur dari Google Classroom yang pertama adalah fitur tugas. Fitur satu ini membantu siswa untuk melihat dan mengunduh tugas yang diberikan oleh guru. Bagi seorang guru,  tugas akan disimpan dan dinilai pada rangkain aplikasi produktivitas Google. 

Fitur tugas tidak hanya bisa digunakan untuk mengunggah atau mengunduh dokumen saja, namun fitur tugas ini juga bisa digunakan untuk menilai dan mengoreksi setiap tugas yang diserahkan oleh siswa  tanpa mengunduh file tersebut. 

Pada fitur tugas ini juga Guru dapat memilih file sebagai templat sehingga setiap siswa dapat mengedit salinannya sendiri dan kemudian kembali untuk mendapatkan nilai sehingga semua siswa dapat melihat, menyalin atau mengedit dokumen yang sama.

Penilaian (grading)

Google Classroom fitur yang selanjutnya adalah penilaian atau grading. Dalam fitur satu ini Guru memiliki pilihan untuk memantau kemajuan dari setiap tugas yang dibuat oleh siswa. Guru dapat memberikan komentar dan mengedit setiap tugas yang dikumpulkan oleh siswa.

Tugas yang telah diubah dapat dinilai oleh guru dan dikembalikan dengan komentar agar para siswa dapat merevisi tugas dan mengumpulkannya kembali. 

Komunikasi yang lancar

Guru akan memosting pengumuman sementara siswa bisa mengomentarinya sehingga  membantu komunikasi dua arah antara guru dan siswa. Dengan demikian komunikasi dapat berjalan dengan lancar. Pengumuman atau dokumen siswa apapun juga bisa diposting ke kelas, namun pengumuman yang dibuat siswa tidak akan setinggi prioritas pengumuman yang diposting oleh guru. 

Pada Google Classrom ini dapat melampirkan berbagai jenis media seperti video YouTube, file Google Drive dan file – file lainnya. Opsi email yang disediakan untuk guru agar bisa mengirim pesan lebih dari ke satu siswa juga dihadirkan.

Laporan orisinalitas

Laporan orisinalitas merupakan salah satu fitur yang diperkenalkan pada Januari tahun 2020. Pendidik akan terbentu untuk melihat bagian - bagian dari karya yang diajukan oleh siswa dengan aplikasi ini. Fitur pada aplikasi ini berisikan kata - kata yang persis atau mirip dengan yang dari sumber lain. 

Melalui fitur yang tersedia, siswa bahkan bisa menyoroti bahan atau kutipan yang hilang. Hal ini dilakukan untuk membantu siswa dalam meningkatkan tulisan mereka. Guru juga dapat melihat laporan orisinalitas dari laporan pengerjaan yang dikirimkan oleh siswa. 

Guru juga bisa melakukan verifikasi integritas akademik dari karya siswa yang dikirimkan. Buka hanya itu, guru dapat mengaktifkan laporan orisinalitas untuk 3 tugas).

Arsip pembelajaran

Google Classroom fitur yang selanjutnya adalah fitur arsip pembelajaran. Fitur satu ini membantu mengarsipkan kelas pada akhir semester atau tahun. Sehingga ketika kelas diarsipkan maka akan dihapus dari beranda dan ditempatkan di area kelas Arsip.

Fitur satu ini dapat memudahkan para guru dalam mengatur kelas yang akan diberi pengajaran. Jika kelas telah dimasukkan dalam arsip maka guru dan siswa dapat melihatnya namun tidak akan dapat mengubahnya hingga dipulihkan.

Aplikasi seluler

Fitur dari Google Classroom yang selanjutnya adalah aplikasi seluler. Fitur satu ini diperkenalkan pada Januari tahun 2015. Anda bisa menemukan fitur tersebut baik pada perangkat android atau pun iOS. 

Dengan fitur tersebut, pengguna akan dimungkinkan untuk dapat mengambil foto atau pun melampirkan tugas mereka, berbagi file juga. Akses offline pun didukung.

Keamanan pribadi

Apps ini sangat menarik sebagai sebuah aplikasi pendidikan karena sama sekali tidak menampilkan iklan apa pun dalam antarmuka untuk siswa, dosen, guru dan data pengguna. Sehingga tidak ada aktivitas yang dipindai atau digunakan untuk tujuan periklanan.

Setelah membaca beberapa fungsi Google Classroom fitur sebagaimana diatas, membuat aplikasi dari Google memiliki banyak pengguna baik dari tingkat sekolah, universitas dan lembaga pendidikan lainnya. Dengan demikian aktivitas belajar mengajar tidak lagi dilakukan secara offline.