Cara Mempartisi Hard Disk Paling Mudah

Orang yang awam tentang teknologi pastinya belum begitu mengerti apa itu hard disk. Sederhananya hard disk adalah perangkat keras sebagai media penyimpanan. Hard disk dapat dibagi menjadi beberapa partisis/bagian. Cara Mempartisi Hard Disk cukup mudah dan tentu akan bermanfaat untuk memisahkan penyimpanan data & sistem.

Hard disk ada berbagai macam jenis ukuran paling kecil adalah 80Gb, 160 Gb, 250 Gb, 500 Gb, 1 TB sampai 2 TB. Sekarang ini media penyimpanan sudah ada bermacam bentuk seperti sekarang SSD, Hard Disk 2,5” dan berbagai jenis lainya. Merk pun berbeda-beda mulai dari merk samsung, seagate, western digital, dan thosiba serta merk lainya.

Lalu bagaimana cara mempartisi hard disk paling mudah dan dapat kalian praktekan langsung. simak informasi di media tutorial di bawah ini.

Tentang Partisi Hardisk

Apa itu partisi? Partisi menurut kami adalah beberapa bagian dari sebuah hardisk, misal saja partisi data D 250Gb dari sebuah hardisk yang berukuran 1 TB.  Fungsi dari partisi dapat sebagai rak-rak penyimpanan supaya lebih mudah mengkategorikan data-data.

Maka tentunya tidak mungkin kamu membeli hardisk lagi, kalian dapat melakukan partisi pada hardisk tersebut. Cara partisi hardisk cukup mudah, dan tentunya dapat dilakukan banyak orang.

Jenis Hardisk

Sekarang ini ada berbagai macam hardisk dan tentunya memiliki fungsi, bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Hardisk Konvensional

Jenis hardisk ini adalah media penyimpanan yang sudah ada sejak lama, dan menjadi cikal bakal hardisk yang lebih canggih seperti ssd, m2 ssd, dan ssd eksternal. Hardisk konvensional ini masih menggunakan sistem piringan cakram meski sering mengalami kerusakan pada komponen pemutarnya.

Hardisk ada 2 ukuran pertama adalah ukuran 3,5” dan hardisk 2,5”. Keduanya memiliki fungsi yang sama dan hanya memiliki perbedaan ukurannya saja.

Solid State Drive (SSD)

Teknologi terbaru yang baru-baru ini muncul dan mempunyai media penyimpanan lebih cepat membaca dan menulis data. SSD tidak menggunakan sistem piringan, tapi menggunakan sistem chip storage seperti halnya flashdisk.

Flashdisk dan ssd hanya berbeda ukuran, secara fungsi sama, hanya saja kelebihan SSD dapat di pasang langsung ke dalam laptop atau komputer. Sekarang performa sangat berbeda jauh di bandingkan dengan hardisk.

M2 Solid State Drive

Jenis lebih tinggi daripada SSD adalah M2 SSD yang memiliki bentuk yang lebih ramping dan tipis. Bentuk M2 berukuran mirip dengan RAM dan membuat lebih simpel serta tidak memakan tempat. Namun sekarang ini hanya beberapa laptop atau komputer yang memiliki kelas atas dan harga yang cukup mahal.

Mungkin beberapa tahun lagi M2 SSD dapat terpasang di laptop yang harga terjangkau. Kecepatan M2 SSD cukup tinggi bahkan bisa sampai 2-4x dari SSD yang biasa.

Hardisk Eksternal

Media penyimpanan ini adalah sistem hardisk yang biasa dalam laptop atau komputer, hanya saja di taruh di eksternal. Hardisk eksternal ini memiliki ukuran yang mirip dengan hardisk laptop dengan casing saja.

Cara Mempartisi Hard Disk Paling Mudah

Langkahnya mudah simak di bawah ini.

  • Buka aplikasi “Disk Management”. Kemudian terbuka jendela baru
  • Kemudian klik kanan pada partisi yang ingin dibagi dengan “klik kanan” lalu klik Shrink
  • Masukan nominal ukuran kapasitas yang ingin ambil dari partisi utama. Contoh masukan 10000MB
  • Terakhir kalian klik Shrink, tunggu beberapa saat sampai selesai

Demikian artikel cara mempartisi hard disk paling mudah dan gampang. Semoga informasi dapat bermanfaat. Sekian terimakasih.