Cara melihat tipe laptop dengan mudah

Pada zaman sekarang laptop telah menjadi kebutuhan yang semi pokok, terutama bagi anak muda dan memang memiliki kesukaan pekerjaan yang berhubungan dengan laptop. Cara melihat tipe laptop dapat dilakukan dengan mudah. Fungsi ini adalah untuk memastikan tipe laptop untuk melihat spesifikasi atau saat mau upgrade sesuatu biasanya ditanya adalah tipe laptop.

Apabila teman kalian ingin membeli laptop seperti milikmu maka tentunya cara termudah adalah memberikan informasi tipe laptop. Bisa juga ketika kamu ingin menjual laptopmu maka paling mudah hanya memberikan informasi tipe laptop. Kalian juga dapat melihat spesifikasi menggunakan dari tipe laptop lewat internet.



Cara melihat tipe laptop dapat berguna untuk mengecek tipe bagi kalian yang lupa. Maka kami media tutorial akan memberikan informasi tutorial melihat tipe laptop di windows dan dapat kamu praktekan secara langsung.

Cara Melihat Tipe Laptop dengan mudah :

Melalui DXDIAG

Cara pertama untuk melihat tipe laptop dapat menggunakan DXDIAG, langkah-langkah dapat dilihat di bawah ini.

Pertama, ketik tombol windows

Kedua, langsung saja ketik “DXDIAG” lalu buka aplikasi tersebut.

Ketiga, akan muncul jendela baru dan dalam aplikasi akan memberikan informasi tentang tipe laptop, ram, dan prosesor yang tertanam di laptop.

Melalui System Information 

Cara melihat tipe laptop kedua cukup mudah, langkah-langkahnya melalui system information pada aplikasi explorer. 

  • Pertama adalah klik Start kemudian ketik System information
  • Kedua buka aplikasi sistem information tersebut
  • Kemudian akan muncul jendela baru yang berisi informasi mengenai tipe laptop kamu.

Melalui Command Prompt

Cara ketiga adalah menggunakan aplikasi command prompt, namun cara ini cukup sulit bagi orang awam karena harus mengingat command (perintah) yang harus di inputkan. Kalian dapat mengikuti langkah-langkah di bawah.

  • Buka aplikasi command prompt dengan klik start dan ketik cmd lalu enter
  • Setelah terbuka, kalian dapat ketikan “systeminfo”, kemudian tekan enter
  • Kalian tunggu beberapa saat untuk melihat system model yang akan di tampilkan di jendela tersebut

Melalui BIOS

Pada BIOS akan mendapatkan berbagai informasi tentang laptop tersebut seperti perangkan ram, prosesor dan sebagainya. Melalui bios juga dapat melihat tipe laptop yang sedang di gunakan.

Langkah-langkahnya cukup mudah yaitu pada saat kalian menghidupkan laptop lalu tekan tombol F1, F2, F8, F12, DEL atau ESC. Sebenarnya kalian tinggal cari yang tepat sesuai tiper motherboard yang digunakan dan masing-masing merk tentunya berbeda.

Cara mengecek tipe laptop menggunakan BIOS dapat masuk dalam System information. Namun tidak semua laptop memiliki sistem informasi, biasanya terletak di bagian pojok kiri atas. 

Melalui DUsbook Laptop

Cara terakhi dan tentunya dapat menjadi paling mudah atau paling susah, karena setiap orang belum tentu masih menyimpan wadah laptop. Memang biasanya dus tersebut berukuran besar, maka kebanyak orang membuang atau menumpukan di lemari paling bawah. 

Namun tidak salahnya dapat melihat melalui dus laptop, kalia dapat informasi tipe dan merk 

  • Cari dus laptop tersebut, lalu kalian cukup bolak-balikan untuk mencari informasi tipe laptop
  • Apabila dus tidak ada maka, dapat menggunakan manual book untuk melihat tipe laptop

Bagaimana sudah dapat melakukan tutorial lengkap di atas? Menurut kami cara paling mudah adalah menggunakan system information, melalui bios, cmd, dxdiag dan terakhi menggunakan dus. 

Demikian informasi mengenai cara melihat tipe laptop dengan mudah. Apabila informasi ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman dan jangan lupa kami ucapkan terimakasih.