4 Cara Screenshot Laptop ASUS

4 cara screenshot laptop Asus ini akan membantu saat mendadak ingin melakukan screenshot. Sebenarnya cara untuk melakukan tangkapan layar ini tidaklah sulit karena setiap perangkat biasanya dilengkapi fitur untuk screenshot.

Kerap disingkat dengan SS dan diterjemahkan sebagai tangkapan layar. Kegiatan ini sendiri merupakan tindakan untuk menangkap, mengambil dan menyimpan tampilan layar. Banyak keperluan jaman sekarang yang membutuhkan tangkapan layar ini.

Daftar Isi :

4 Cara Screenshot Laptop ASUS Paling Mudah 

Saat melakukan tangkapan layar dengan handphone biasanya kita melakukan swipe dengan tiga jari atau menekan tombol on/off bersamaan dengan tombol volume. Namun berbeda dengan melakukan screenshot pada laptop.

4 cara screenshot laptop Asus dibawah ini akan mengurai kebingungan bagi yang belum pernah melakukannya. Padahal sedang ada keperluan mendesak yang membutuhkan tangkapan layar ini dengan cepat. Yuk kita simak sekarang ya?

1. Menggunakan Aplikasi Snipping Tool

Cara ini adalah salah satu cara yang paling populer digunakan oleh pengguna laptop ASUS. Biasanya juga bisa diterapkan pada PC ataupun laptop merek lain. Aplikasi ini adalah bawaan dari windows, sehingga otomatis ada pada perangkat yang menggunakan windows.

Caranya cukup mudah, setelah membuka aplikasi Snipping Tool dengan melakukan klik dua kali. Akan menemukan beberapa mode yaitu New, Mode, Delay, Cancel Dan Option. Pada tahap ini pilihlah menu mode untuk memilih model tangkapan layar yang diinginkan.

Menu mode memiliki pilihan yaitu Free-form Snip, Rectangular Snip, Window Snip, dan Full Screen Snip. Biasanya agar lebih leluasa bisa memilih full screen snip. Namun kalau hanya menginginkan bagian tertentu bisa memilih rectangular snip. 

Pilih new untuk mengatur layar sesuai keinginan, setelah itu pilih save atau save as untuk menyimpannya dengan nama file. Bisa juga dengan menekan CTRL+S pada keyboard secara bersamaan. Proses melakukan screenshot dengan Snipping Tools sudah selesai.

2. Menggunakan Tombol Windows Dan PrtSc

Cara ini termasuk yang paling mudah yaitu dengan menekan tombol Windows Dan PrtSc secara bersamaan. Tunggu sampai layar terlihat berkedip yang artinya screenshot berhasil dan sudah tersimpan dengan sempurna di laptop.

Sebenarnya dengan menekan tombol PrtSc saja pada beberapa laptop sudah bisa melakukan screenshot. Namun kadang tidak berfungsi pada laptop tertentu karena berbagai kendala.

3. Menggunakan Tombol Fn Dan PrtSc

Melakukan screenshot dengan menekan tombol Fn dan PrtSc secara bersamaan memerlukan aplikasi edit gambar untuk memprosesnya. Setelah membuka program Ms Word, Photoshop atau Paint kemudian lakukan paste pada layar aplikasi tersebut. 

Untuk mempaste hasil screenshot juga bisa dilakukan dengan menekan tombol CTRL+V secara bersama-sama. Kemudian dapat dilakukan pengeditan untuk merapikan hasil screenshot tersebut dan menyimpannya dengan fitur save atau CTRL+S yang ditekan bersamaan.

4. Menggunakan Snapgit

Kali ini dengan aplikasi Snapgit yang harus diunduh dahulu pada laptop ASUS. Aplikasi ini memiliki kelebihan bisa melakukan screenshot pada video. Setelah berhasil mengunduh dan membuka aplikasi ini, langkah awalnya adalah dengan mengetuk icon tangkap layar.

Kemudian memilih layar yang ingin di screenshot dengan jelas. Setelah itu untuk proses penyimpanan bisa menekan icon kamera yang berfungsi sebagai penyimpan. Langkah melakukan screenshot dengan aplikasi Snapgit sudah selesai.

Orang melakukan screenshot biasanya untuk menyimpan bukti percakapan, bukti transaksi atau menyimpan adegan film yang paling disukainya. Mudah-mudahan 4 cara screenshot laptop Asustadi dapat membantu disaat membutuhkannya. Karena 4 cara tersebut adalah cara yang paling mudah dan paling banyak digunakan untuk membuat screenshot pada laptop ASUS.