4 Tokoh Matematika Terbaik di Indonesia


Pada umumnya mata pelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit sehingga banyak yang tidak menyukainya. Mata pelajaran yang identik dengan angka dan kegiatan menghitung ini dianggap sebagai momok di sekolah. Pasalnya mata pelajaran ini mengharuskan para siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga mengharuskan memiliki logika yang baik.

Jika adek-adek yang saat ini duduk dibanku sekolah dan bercita-cita menjadi ahli matematika, 4 tokoh dibawah ini bisa menjadi inspirasi.

Tokoh Matematika Indonesia

Siapa sangka banyak tokoh dan ilmuwan dalam bidang matematika yang berasal dari Indonesia. Beberapa tokoh matematika Indonesia tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dr.Ing. Dr. Sc.h.c. Bacharuddin Jusuf Habibie  (BJ Habibie)

Tidak ada yang tidak kenal tokoh matematika Indonesia yang satu ini. BJ Habibie, Presiden ke-3 Republik Indonesia, dikenal sebagai ilmuwan yang sangat jenius. Bahkan kejeniusannya diakui oleh dunia. Salah satu jasa BJ Habibie dalam bidang ilmu matematika adalah rumus yang dikenal dengan ‘Faktor Habibie’.

Baca Juga: Kumpulan Soal Matematika Kelas 5 SD / MI

Rumus ini mampu mempersingkat prediksi perambatan retak. Industri penerbangan di berbagai negara menggunakan rumus hasil karya Habibie ini.

2. Gerungan Saul  Samuel Jacob Ratulangi

Mungkin diantara milenial tidak banya yang kenal dengan beliau, namun dalam bidang matematika Indonesia, seorang yang dikenal dengan DR Sa Ratulangi adalah yang Paling Terkenal. Bahkan beliau adalah doktor matematika yang pertama kali, lebih tepatnya pada tahun 1919 ia sudah mendapatkan gelar tersebut.

Namun, Dr. Sam Ratulangi lebih banyak berkiprah sebagai politikus. Namanya tercatat sebagai Gubernur Sulawesi yang pertama, dan namanya harus sebagai pahlawan nasional Indonesia.

3. Hendra Gunawan

Hendra Gunawan merupakan seorang ilmuwan yang dikenal sangat produktif dimana ia telah menemukan puluhan rumus, menerbitkan ratusan jurnal ilmiah, dan mendapatkan puluhan penghargaan. Salah satunya adalah Anugerah Komunikasi Indonesia dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta menerima Habibie Award sebagai ilmuwan yang paling produktif.

Salah satu rumus temuan Hendra Gunawan yang paling terkenal adalah rumus “sudut antara dua subruang”. Rumus ini telah diakui dan banyak digunakan oleh ilmuwan dunia dalam bidang optimasi, fisika, biokimia, grafika komputer, dan vehicular technology. 

4. Yogi Ahmad Erlangga

Nama Yogi Erlangga mulai dikenal dan tersohor sebagai tokoh matematika Indonesia setelah menemukan sebuah rumus matematika yang memungkinkan pencarian minyak bumi menjadi lebih cepat. Rumus ini ditemukan berdasarkan persamaan Herlmholtz. Berkat rumus penemuannya, kini Yogi diburu pengusaha dalam bidang pertambangan karena dengan rumusnya pencarian sumber tambang 100 kali lebih cepat dan akurat.

Tidak hanya dalam bidang pertambangan, rumus temuan Yogi kini digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya digunakan pada teknologi keeping Blue-Ray. Rumus ini juga mempermudah cara kerja radar dalam dunia penerbangan.

Baca Juga:Blogger Paling Bagus di Indonesia

Itulah nama-nama tokoh matematika Indonesia yang telah berjasa menemukan teori yang sangat bermanfaat untuk mempermudah kegiatan manusia. Melalui nama-nama di atas kita memahami bahwa matematika merupakan bidang ilmu yang sangat mungkin dipelajari, asalkan ada kemauan.

Matematika juga merupakan ilmu dasar yang bisa dikembangkan dan digunakan dalam berbagai bidang keahlian. Oleh karena itu mata pelajaran ini menjadi wajib pada bangku pendidikan formal.
Editorial Team
Editorial Team Divedigital.ID - Deep dive digital marketing - End to end digital marketing service - Kami ada untuk UKM Indonesia