Apa sih Fungsi Surat Keterangan Usaha?

surat keterangan usaha

Demi lancarnya sebuah usaha atau bisnis, kita dituntut untuk menyiapkan segala hal dengan cermat. Selain berpikir untuk terus mengembangkan sebuah usaha, penting untuk memperhatikan dokumen legalitas dari usaha yang tengah kita jalani.

Legalitas tersebut yakni dengan memiliki Surat Keterangan Usaha (SKU). Surat atau dokumen ini perlu dibuat untuk segala jenis usaha; baik yang sifatnya usaha mikro atau makro.

Dan anda sebagai orang yang baru mendengarnya mungkin akan bertanya “apa sih Surat Keterangan Usaha (SKU)?”

Pengertian Surat Keterangan Usaha (SKU)

Surat Keterangan Usaha (SKU) adalah dokumen yang menyatakan bukti keberadaan sebuah usaha benar adanya atau legal sekaligus diakui oleh pihak pemerintah setempat.

Rincian dari surat tersebut menyatakan nama yang ada di dalam Surat Keterangan Usaha (SKU), diakui sebagai penduduk RT dan RW yang bernaung di bawah Kelurahan atau Desa secara legal dan mempunyai sebuah usaha di daerah tersebut.




Baca Juga: Contoh Lengkap Tulisan Featured


Bahkan pemerintah sudah mengatur mengenai pentingnya memiliki Surat Keterangan USaha (SKU), yang termaktub di dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan.

Fungsi Surat Keterangan Usaha (SKU)

Kali ini kita tidak akan membahas prosedur pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU). Namun, mari kita jabarkan poin-poin dari Fungsi Surat Keterangan Usaha (SKU).

1. Mempermudah Peminjaman Modal ke Bank

Salah satu syarat untuk melakukan peminjaman modal ke bank bagi pelaku usaha, selain memiliki usaha yang bagus adalah mempunyai Surat Keterangan Usaha. Tanpa adanya SKU, sulit kiranya bagi bank untuk memproses peminjaman bagi pelaku usaha karena pihak Bank tidak tahu apakah usaha tersebut benar adanya atau hanya akal-akalan saja untuk mendapatkan dana dengan cepat.

2. Bukti Legalitas Sebuah Usaha

Fungsi Surat Keterangan Usaha (SKU) menjadi penting dalam mengembangkan sebuah usaha. Karena segala proses izin memerlukan syarat administrasi dari pemerintah. Adanya SKU membuktikan bahwa sebuah usaha dikatakan legal dan diakui pihak pemerintah setempat.

3. Pencatatan Usaha di Pemerintah

Pemerintah mempunyai berbagai program untuk mendukung usaha kecil dan menengah. Adanya Surat Keterangan Usaha (SKU), akan mempermudah pemerintah untuk mendata. Selain itu, Fungsi Surat Keterangan Usaha ini akan dijadikan syarat administrasi yang sifatnya mutlak bagi pelaku usaha untuk mendapat bantuan dari pemerintah.

4. Urusah Pajak Akan Lebih Enteng

Bagi kita yang sudah berstatus wajib pajak, termasuk di dalamnya pelaku usaha, sudah tentu harus mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Fungsi Surat Keterangan Usaha adalah salah satu syarat untuk pembuatan NPWP pribadi bagi wirausaha.

Selain itu, adanya Surat Keterangan Usaha (SKU) akan mengubah sebuah usaha menjadi Usaha Kecil Menengah (UKM) bukan milik pribadi. Hal ini akan meringankan beban pajak, sebab pengakuan pajak yang muncul bukan pph pribadi akan tetapi dikecualikan menjadi UKM dan hanya membayar sebesar 0,5 persen dari pendapatan usaha.


5. Syarat Mengganti Golongan Listrik

Sebagai pelaku usaha, perlu kiranya mengganti golongan listrik dari rumahan (R) ke bisnis (B). Surat Keterangan Usaha sendiri menjadi dokumen dan syarat wajib yang ditetapkan dari PLN jika ingin mengganti golongan listrik.

Sekadar informasi, tagihan golongan listrik bisnis kabarnya lebih efisien dibandingkan golongan listrik rumahan.




Baca Juga: Blogger Paling Kaya di Indonesia

Indonesia tengah ramai dengan banyaknya pelaku usaha kecil dan menengah. Potensi ini terlihat dari cukup banyaknya masyarakat yang kini mempunyai kecendrungan untuk membuat usaha sendiri.

Surat Keterangan Usaha menjadi dokumen penting bagi kita yang ingin mendirikan sebuah usaha. Langkah kita akan dipermudah nantinya dan tidak akan dipusingkan dengan proses administrasi.
Editorial Team
Editorial Team Divedigital.ID - Deep dive digital marketing - End to end digital marketing service - Kami ada untuk UKM Indonesia

Tidak ada komentar untuk "Apa sih Fungsi Surat Keterangan Usaha?"