Apa Itu Ghost Writer? Mengenal Profesi Penulis Bayangan

ghost writer

Dari zaman dahulu, buku selalu dianggap sebagai jendela dunia. Setiap informasi yang didapat dengan membaca buku mampu membawa pembaca mengetahui dunia yang belum diketahui sebelumnya. Buku merupakan sumber pengetahuan yang tidak pernah lekang oleh waktu. Karena itu, selama masih ada orang di muka bumi, selama itu pula buku akan selalu dicari.

Dibalik suksesnya sebuah buku, nama penulis menjadi sorotan utama. Tapi, pernah kah kamu tahu ada beberapa buku yang sebenarnya tidak ditulis langsung oleh penulisnya? Buku tersebut merupakan hasil tulisan dari ghostwriter, seorang penulis yang namanya tidak tercantum dalam karya.
Beberapa dari pembaca mungkin berpikir ini adalah cara yang aneh, nyatanya profesi ini sudah ada sejak dulu. Daripada penasaran, yuk kenali lebih dalam profesi ghost writer berikut ini!

Apa  Itu Ghost Writer?

Tidak seperti namanya, ghost writer ini bukan penulis hantu, melainkan penulis bayangan. Penulis professional yang bekerja selayaknya penulis terkenal pada umumnya. Menulis berbagai macam karya seperti buku, artikel, script, pidato, dan lainnya. Bedanya, penulis bayangan tidak mencamtukan namanya dalam karya yang dibuatnya, ia menuliskan nama orang lain yang sudah menggunakan jasanya.



Baca Juga: Blogger Paling Terkenal di Indonesia

Siapa kliennya? Selama ini kita sudah pasti mengenal banyak orang hebat dengan penemuan, pemikiran, maupun karya. Tapi tidak semua orang hebat memiliki kemampuan untuk merangkai kata dengan baik. Writing is an art dan itu langka.

Ada pula orang yang sebenarnya bisa merangkai kata, tapi tidak punya waktu untuk menulis. Ia disibukkan dengan berbagai macam pekerjaan dan tugas. Mereka ingin membuat buku autobiografi atau berbagai pengalaman menarik namun tidak bisa menuliskannya. Nah, dalam keadaan tersebut, jasa penulis bayangan dibutuhkan.

Hal Menarik Menjadi Ghost Writer

Tidak jarang orang berpikir bahwa pekerjaan ini nggak fair. Tidak selalu kok, cari tahu hal menarik menjadi penulis bayangan di bawah ini:

1. Kaya Ilmu dan Pengalaman

Klien dari ghost writer berasal dari berbagai kalanganmulai dari pengusaha sukses, pembicara andal, traveller, dan orang berbakat lainnya. Karena itu, penulis bayangan harus mampu beradaptasi dengan klien. Mengikuti ritme kegiatan, membaca dan menuliskan semua hal dari klien.

Bayangkan saja kalau klien adalah seorang pembicara yang sering mengadakan seminar bernilai jutaan, seorang pengusaha dengan banyak trik rahasia sukses, maupun seorang traveller yang sering keliling dunia. Nah, sebagai seorang ghost writer yang ingin menuliskan tentang klien, maka otomatis kamu harus memposisikan menjadi klien dan mengikuti semua kegiatan yang dlakukannya. Dari situlah, ghost writer mendapatkan ilmu dan pengalaman yang priceless.

2. Bayaran Bisa  Lebih Besar Dariapada Penulis di Buku

Ghostwriter merupakan seorang profesional, memiliki jiwa seni menulis, umumnya juga memiliki relasi yang luas di dunia penerbitan. Karena itu, sudah selayaknya ia mendapatkan range honor yang luas. Nilainya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Bergantung dari kesulitan riset beserta waktu untuk megerjakannya. Semakin sulit riset, semakin lama waktu, semakin tinggi pula upah yang akan didapat, bahkan bisa melebihi royalti yang didapat dari penulis yang memakai jasa ghost writer.

3. Betah Tidak Terkenal

Seorang ghost writer bekerja selayaknya siluman dan bekerja dengan senyap. Untuk beberapa orang yang tidak suka menjadi sorotan, hal ini bisa jadi sesuatu yang sangat menarik. Menekuni hobi dan passion, mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman, serta mendapatkan banyak upah. Bukankah itu bisa didapatkan hanya dengan menjadi ghost writer?



Baca Juga: Pengertian Artikel Feature

Bagaimana? Sudah tahu belum apa itu ghost writer? Jadi, profesi ghost writer itu memang ada ya, bahkan dikerjakan oleh seorang profesional. Meski dikenal sebagai “bayangan”, banyak hal menarik yang bisa didapatkan dengan menjadi ghost writer. Apakah kamu tertarik?
Editorial Team
Editorial Team Divedigital.ID - Deep dive digital marketing - End to end digital marketing service - Kami ada untuk UKM Indonesia

Tidak ada komentar untuk "Apa Itu Ghost Writer? Mengenal Profesi Penulis Bayangan"