Ukuran KTP Atau E-KTP Di Indonesia

Ukuran KTP- mungkin ada orang yang bertanya-tanya dan ingin mengetahui berapa sebenarnya ukuran KTP atau E-KTP standard yang ada di Indonesia. Atau mungkin juga ada pengrajin dompet laki-laki ataupun dompet perempuan yang ingin mengetahui berapa sebenarnya ukuran KTP secara presisi/akurat, sehingga memudahkan mereka dalam membuat selipan kantong pada dompet untuk menyimpan KTP. Baiklah mari kita simak di bawah ini berapakah sebenarnya ukuran yang pasti dan akurat KTP dalam cm maupun mm dan inchi. Ukuran KTP atau E-KTP di Indonesia sudah menggunakan standard ISO 7810 (ID-1) yang mempunyai Panjang × Lebar = 85.60 mm x 53.98 mm dan jika kita konversi ke cm menjadi 8.56 cm x 5.398 cm. Di Indonesia sendiri ini merupakan ukuran standar rata-rata kartu- kartu yang lain seperti ATM, SIM, BPJS, Kartu mahasiswa, maupun yang lainnya. Sehingga tidak menyulitkan kita kala menyusunnya di dalam dompet.

Ukuran KTP Atau E-KTP Di Indonesia
KTP Indonesia

(Ukuran KTP dalam cm adalah 8,56 cm x 5,398 cm)  


(Ukuran KTP dalam mm adalah 85,60 mm x 53,98 mm)

(Ukuran KTP dalam inchi adalah 3,370 inchi x 2,125 inch)

Ukuran KTP
Bagian Belakang KTP

Untuk E-KTP sendiri, karena sudah ISO 7810 maka sudah masuk kedalam Standard Internasional. Di dalam dokumen 7810 untuk karakteristik fisik sebuah ID Card terdapat 4 ukuran ID card, yang dapat kalian simak di bawah ini:

Baca Juga 1 Hektar Berapa Meter?

1. ID-1: 85.60 x 53.98mm

Untuk ukuran ini, biasa di gunakan sebagai kartu identitas umum seperti Atm, Kartu Mahasiswa, Kartu Perpustakaan, KTP dan lain lain dan Indonesia menggunakan ukuran ini.

2. ID-2: 105 x 74mm (A7)

Untuk ukuran yang ini banyak di gunakan sebagai ID Card di wilayah Jerman serta Prancis.

3. ID-3: 125 x 88mm (B7)

Untuk ukuran ini di gunakan sebagai ukuran Paspor

4. ID-4 atau ID-000 : 25 x 15mm

Ukuran ini adalah ukuran karu SIM handphone yang sudah sering kita lihat mempunyai sudut terpotong di salah satu sisinya.

Baca Juga Rumus Luas Persegi Panjang

Dan ada pula ukuran lainnya yang mempunyai istilah yang berbeda, yaitu:

1. CR-79

Dengan ukuran 83.9 x 51mm, dan biasanya digunakan untuk Kartu Proximity

2. CR-80

Biasanya di gunakan untuk KTP dan Atm, di sebut juga dengan ID-1

3. CR-90

Ukuranya 92 x 60mm

4. CR-100

Ini adalah ukuran terbesar, dengan ukuran 98.5 x 67mm

Untuk ketebalannya sendiri, sebuah ID Card pada umumnya memiliki ketebalan 0,762mm dan untuk kartu yang fleksibel memiliki ketebalan sebesar 20-24 mils untuk yang tipisnya sendiri biasanya memiliki ketebalan 10mils. (1mils = 0,001 inci = 0,0254)

Biasanya kartu yang sesuai dengan standard ISO, akan memiliki karakter yang tidak di miliki oleh kartu instan lainya, dari ketajaman, solid, dan dari warnanya sangat berbeda. Serta potongan siku pada kartu akan lebih rapih, tidak tajam. Sehingga ramah terhadap ID Card printer,  dan tidak akan merusak head printer. Dan kartu yang sesuai standart ISO akan melalui laminasi press oven sehingga bahan dan laminasi tidak mudah terbuka. Berbeda dengan laminasi biasa yang akan mudah rusak, yang cuma berfungsi menempelkan saja.

Sekarang kalian tidak akan bingung lagi untuk ukuran ID card atau ukuran KTP atau E-KTP di Indonesia, semoga penjelasan di atas bisa menjadi pengetahuan baru bagi kalian, dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.














0 Response to "Ukuran KTP Atau E-KTP Di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel