Obat Tradisional Dari Rumput Mutiara Untuk Mengobati Radang Amandel

Obat Tradisional- Rumput mutiara banyak ditemukan hampir di seluruh Jawa, termasuk kawasan yang mempunyai ketinggian 1.425 meter di atas permukaan laut. Rumput mutiara menyukai cahaya, tanah yang lembab, dan sering kita temukan tumbuh di area yang keras, taman, atau jalanan berbatu. Rumput Mutiara merupakan tanaman liar yang masuk ke dalam famili Rubiaceae. Di tingkatan lokal, Rumput Mutiara dikenal dengan nama daerah seperti rumput Siku-Siku, Lidah Ular, atau Katepan. Masyarakat dunia seperti China, India, dan kawasan Asia Tenggara, sudah sejak lama mengenal Rumput Mutiara sebagai tanaman obat tradisional untuk beragam penyakit, yang salah satunya adalah radang amandel.
Obat Tradisional Dari Rumput Mutiara Untuk Mengobati Radang Amandel
Rumput Mutiara
Ciri-ciri rumput yang tumbuh subur di kebun kosong yang basah, halaman rumah, pinggir jalan, dan selokan ini adalah bentuknya tegak atau condong, bercabang mulai dari pangkal batangnya dan ukuran dewasa mencapai ketinggian rata-rata 0,6 m. Batang rumput ini berbentuk segi empat, gundul atau dengan sisik sangat pendek, bercabang, dengan tebal 1 mm dan berwarna hijau kecokelatan atau keabu-abuan. Daunnya hanya memiliki panjang 2-5 cm, ujung runcing, tulang daun satu di tengah. Ujung serta pangkal daun runcing, dengan warna hijau pucat, serta sisik-sisik kecil sepanjang tepi daunnya dengan tangkai daun sangat pendek dan memiliki rambut pendek pada ujungnya. Akar tanaman herbal ini merupakan akar tunggang dengan garis tengah rata-rata 1 mm dengan akar cabang berbentuk benang.

Baca Juga Obat Tradisional Dari Buah Mengkudu Untuk Mengobati Haid Tak Teratur

Rumput Mutiara mengandung dua senyawa kimia aktif, yakni asam ursolat, iridoid, flavonoid dan asam uleanolat. Kedua senyawa ini terbukti bisa mencegah perkembangan sel kanker ke tahap lebih ganas. Seluruh bagian dari rumput mutiara bisa dimanfaatkan untuk mengobati beragam penyakit dengan cara dikeringkan. Selain sel kanker, rumput mutiara juga berkhasiat menyembuhkan tonsilitis, Pharyngitis, bronkitis, pneumonia, gondongan, radang usus buntu, radang amandel, hepatitis, cholecystitis, bisul uci-uci, luka terinfeksi.

Baca Juga Ramuan Tradisional Dari Kunyit Putih Untuk Mengobati Kanker Serviks

Dibawah ini akan kita coba membuat obat tradisional dari rumput mutiara untuk mengobati radang amandel, berikut cara membuatnya: 

Bahan-Bahan:
  • 10 gr Rumput Mutiara kering 
  • 15 gr Pegagan kering 
  • 10 gr Sambiloto kering 7 gr Cakar Ayam kering 
  • 7 gr mimba kering 
  • 15 gr Ciplukan kering 
  • 10 gr Daun Sendok 
  • 9 gelas air 
Cara Membuat:
  • Cuci bersih dan rebus semua bahan dalam 9 gelas air, hingga tersisa 5 gelas. 
  • Angkat dan saring. 
Aturan Pakai:
  • Minum ramuan ini 1 jam sebelum makan, 3 kali sehari (pagi, siang, dan sore).
Demikian cara membuat obat tradisional berbahan rumput mutiara untuk mengobati radang amandel, semoga dapat menyembuhkan radang amandel kalian, semoga bermanfaat bagi kita semua terima kasih.

0 Response to "Obat Tradisional Dari Rumput Mutiara Untuk Mengobati Radang Amandel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel