Mempercepat Windows 7 Dengan 3 Langkah Mudah

Mediatutorial.web.id- Tahukah kalian bahwa Windows 7 melambat seiring dengan pemakaian kita sehari hari? Windows 7 merupakan sistem operasi yang cepat. Sayangnya, lama-kelamaan banyak hal yang memperlambat kinerja komputer kalian. Selain itu, beberapa aplikasi biasanya akan menyebabkannya kelambatan ini pada saat komputer menyala, dan memicu delay yang tidak perlu.

Apabila Semakin banyak program dan tools yang diinstal dan kadang-kadang dihapus, akan semakin lama waktu yang dibutuhkan dari saat kalian menyalakan power ke awal komputer kalian berjalan.

Mempercepat Windows 7 Dengan 3 Langkah Mudah

Dalam artikel ini, kalian akan belajar mengenai bagaimana membuat Windows 7 di komputer kalian lebih cepat dan lebih menyenangkan dengan 3 langkah mudah.

Namun sebelum kalian coba memulai dengan 3 langkah mudah, kalian harus mencadangkan data kalian. Agar data kalian aman jika terjadi kesalahan. Karena, setiap komputer dikonfigurasi secara berbeda dan akan bereaksi berbeda juga. Walaupun sebagian besar komputer memiliki sistem operasi Windows 7 yang terinstal, akan tetapi perangkat kerasnya sangat berbeda dalam banyak kasus.

Baca Juga Cara Melacak HP Yang Hilang Atau Di Curi

Dengan cadangan yang kalian buat, kalian dapat memulihkan data kalian dengan mudah. Untuk menyimpan data, masuk ke area Sistem dan Keamanan di Control Panel dan kemudian sub-item buat cadangan komputer .

Menyimpan dan memulihkan pengaturan sistem mendukung semua versi Windows 7.

Sebelum kita mulai mempercepat Windows 7, kalian harus mengukur waktu startup Windows 7.

Ada banyak cara untuk mengukur waktu boot dari sistem operasi. Metode paling sederhana adalah stopwatch. Ini dimulai ketika kalian menekan tombol daya dan berhenti ketika komputer kalian sepenuhnya dinyalakan. Untuk mendapatkan nilai yang lebih akurat, Anda harus mengulang pengukuran beberapa kali, karena Windows 7 akan secara otomatis mengoptimalkan proses boot secara otomatis.

Cara lain untuk mengukur waktu mulai Windows 7 adalah sumber daya on-board. Cukup klik pada tombol mulai di kiri bawah dan masukkan perintah eventvwr.exe di kolom Run di atas.

Baca Juga Belajar Coreldraw Bagi Pemula Lengkap Dengan Tutorialnya

Perintah ini membuka Event Viewer. Di pohon file di sebelah kiri, klik melalui folder Aplikasi dan Log Layanan -> Microsoft -> Windows -> Kinerja Diagnostik ke area Siap.

Di tab Umum Anda dapat melihat waktu mulai Windows 7 kalian.

Semua tips untuk mempercepat Windows 7 dicapai dengan sumber daya on-board. Kalian tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan apa pun.

Langkah-langkah yang telah saya susun dalam mempercepat proses booting pada Windows 7 adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Kurangi Timeout

Cara termudah untuk memulai Windows 7 adalah mengurangi nilai waktu boot. Perintah timeout menentukan berapa banyak waktu respons yang Anda miliki sampai sistem operasi utama dimulai. Nilai standarnya adalah 30 detik. Jika kalian hanya memiliki satu sistem operasi yang diinstal pada komputer kalian, maka kalian pasti harus mengurangi nilai ini secara signifikan.

Kalian akan menemukan nilai timeout dalam konfigurasi sistem ( Start -> Enter System Configuration -> Start Tab).

Di sini kalian dapat memasukkan nilai antara 3 dan 999 detik. Semua nilai di atas 30 detik tidak menyebabkan akselerasi apapun dan oleh karena itu kalian membaca artikel ini.

Dalam contoh saya, saya telah memasukkan 3 detik dan lihatlah, proses boot hanya membutuhkan 51.640 milidetik. Dengan langkah pertama ini, komputer contoh saya telah menjadi 15.698 milidetik yang mengesankan atau 15,7 detik lebih cepat.

Langkah 2: Batasi program yang dijalankan saat startup sistem

Banyak program memuat secara otomatis ketika Windows 7 dijalankan. Semakin banyak program yang Anda muat, semakin lambat komputer Anda akan mulai. Program dan layanan individual dapat dikecualikan dari proses startup. Dengan cara ini, tidak ada sumber daya yang sia-sia. Komputer kalian akan mulai lebih cepat.

Untuk mendapatkan gambaran umum program awal, masuk ke konfigurasi sistem seperti dijelaskan di atas dan kali ini aktifkan tab Startup. Kalian akan menerima daftar semua program yang mulai secara mandiri, dengan nama, pabrikan, perintah, dan lokasi. Program yang dimuat secara otomatis saat startup sistem ditandai dengan tanda centang.

Untuk mengecualikan program dari startup, yang harus kalian lakukan adalah menghapus tanda centang dari itu. Kemudian konfirmasikan pilihan kalian dengan OK dan tutup kembali jendela. Dalam sebagian besar kasus, perubahan akan berlaku setelah reboot.

Jika kalian tidak sengaja mencentang program yang diperlukan, kalian dapat mengatur tanda centang di konfigurasi sistem lagi dan semuanya akan kembali ke keadaan semula di startup berikutnya.

Jika kalian tidak yakin apa yang sebenarnya dilakukan oleh program, kalian harus terlebih dahulu berkonsultasi ke internet untuk melihat apa kepentingan dari program tersebut.

Selanjutnya, kalian akan menemukan tab Layanan dalam konfigurasi sistem. Ada juga program di area ini yang dapat memperlambat startup sistem. Produsen perangkat lunak ingin menempatkan layanan mereka di sana untuk menanyakan pembaruan yang mungkin.

Karena layanan yang relevan dengan sistem ini (layanan Windows) disimpan, kalian harus melanjutkan di bidang ini dengan sangat hati-hati. Karena Layanan ini melakukan tugas-tugas sistem dasar seperti deteksi perangkat keras dan sejenisnya. Menonaktifkan layanan yang salah dapat sepenuhnya menonaktifkan komputer kalian.

Di sisi lain, kalian dapat dengan aman menonaktifkan layanan pihak ketiga. Mereka hanya akan mempengaruhi program yang terkait. Untuk gambaran umum yang lebih baik, centang kotak Sembunyikan semua layanan Microsoft di sudut kiri bawah. Ini hanya akan menampilkan layanan pihak ketiga, bukan layanan Windows yang relevan dengan sistem.

Tanda centang pada layanan yang relevan untuk tidak memuatnya di startup sistem. Juga dengan layanan yang berlaku, akan lebih baik apabila kalian googeling terlebih dahulu untuk meyakinkannya.

Jika suatu program tidak lagi berfungsi setelah menonaktifkan entri startup, kalian cukup mengaktifkannya kembali dengan mencentangnya.

Langkah 3: Percepat Windows 7 Start Menu

Area lain yang dapat memperlambat kinerja komputer kalian adalah menu Start Windows 7.

Untuk mempercepat menu Start, klik kanan pada area kosong di taskbar.

Sekarang pilih area Properties di menu konteks. Di jendela berikutnya klik pada tab Start menu . Kemudian hapus tanda centang bawah dan konfirmasikan pilihan kalian dengan OK.

Sampai di sini 3 langkah mudah mempercepat windows 7, semoga dapat membantu kalian, dan semoga bisa bermanfaat bagi kita semua terima kasih.

0 Response to "Mempercepat Windows 7 Dengan 3 Langkah Mudah "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel