Manfaat Buah Pala Kandungan Nutrisi Dan Efek Sampingnya

Manfaat Buah Pala, kita mungkin mengenal buah pala sebagai salah satu jenis rempah-rempah, dan sering dijadikan sebagai salah satu bumbu masakan. Dan bagi pencinta burung lovebird mungkin sudah terlebih dahulu memanfaatkan buah pala ini, di yakini dapat menghangatkan tubuh lovebird, penambah mineral, dan membuat burung rajin ngekek. Dan yang paling saya sendiri sukai adalah jika buah pala ini di olah menjadi es pala, sungguh menggugah selera, karena kesegarannya. Buah pala sendiri di yakini memiliki berbagai macam khasiat untuk kesehatan. Baiklah mari kita simak di bawah ini manfaat dari buah pala dan kandungan nutrisi dari buah pala, serta efek sampingnya.

Manfaat Buah Pala Dan Kandungan Nutrisinya

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Pala

Dalam 100 gram buah pala tubuh kita akan mendapatkan 525 kalori, dengan kandungan gizi sebagai berikut:
  • Lemak total yang bisa kalian dapat adalah: 36 gram atau 56 persen dari angka kebutuhan gizi (AKG) harian 
  • Protein yang bisa kalian dapat adalah: 6 gram atau 12 persen dari AKG 
  • Sodium yang didapat adalah: 16 miligram atau 1 persen dari AKG 
  • Zat besi yang di dapat: 17 persen dari AKG 
  • Kalsium: 18 persen dari AKG 
  • Vitamin A: 2 persen dari AKG 
  • Vitamin C: 5 persen dari AKG 
Baca Juga Manfaat Biji Selasih Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pala

Setelah kalian mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat dalam 100gr buah pala, di bawah ini beberapa manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh, kecantikan wanita, bayi, dan bahkan khasiat buah pala ini untuk pria seperti apa, mari kita simak di bawah ini:

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Ternyata buah pala dapat menjaga kesehatan otak kalian. Karena kandungan buah pala senyawa myristicin dan macelignan ini, dapat mengurangi kerusakan pada sistem saraf serta fungsi kognitif yang pada umumnya di miliki oleh pasien demensia atau penyakit alzheimer.

Menurut penelitian, kedua senyawa tersebut dapat memperlambat efek tersebut, dan juga menjaga otak kalian berfungsi dengan normal. Bukan hanya itu, buah pala juga di yakini dapat menghilangkan stress dan kelelahan.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Komponen yang ada pada buah pala salah satunya adalah mirip dengan mentol, komponen yang sama yang dapat menghilangkan rasa sakit secara alami. Sangat cocok jika kalian tambahkan sebagai bumbu masakan, kalian dapat rasakan pengaruhnya jika kalian atau saudara kalian mempunyai luka. Bahkan berpengaruh juga dalam mengurangi ketegangan, dan peradangan yang kronis dari kondisi seperti artritis.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah pala sendiri memiliki serat, dan serat ini dapat merangsang proses pencernaan lewat mendorong gerakan peristaltik pada otot polos usus.

Selain itu pula dapat merangsang sekresi berbagai cairan lambung serta usus yang akan memudahkan proses pencernaan. Dan kandungan serat pada buah pala juga, dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare, perut kembung dan sembelit.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Antibakteri yang ada pada buah pala juga, akan secara efektif membersihkan bakteri penyebab bau mulut atau halitosis.

Dan bukan hanya itu saja, buah pala juga akan menambah kekebalan gusi dan gigi kalian. Karena sebab ini, buah pala di jadikan sebagai bahan tambahan pasta gigi, maupun obat kumur herbal.

5. Mengobati Insomnia 

Kandungan buah pala yang lainnya adalah magnesium, dan magnesium adalah mineral yang penting dalam tubuh, dalam mengurangi ketegangan saraf dan bahkan untuk merangsang pelepasan serotonin, yaitu hormon pencipta rasa rileks.

Serotonin akan berubah menjadi melatonin di otak, yang ini adalah merupakan pendorong tidur, sehingga akan membantu seseorang menghilangkan insomnia atau sulit tidur di malam hari.

6. Membantu Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Buah pala juga dapat bertindak sebagai tonik, zat yang bisa mengeluarkan segala jenis racun-racun dalam tubuh kita. Oleh karena itu buah pala dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita keseluruhan.

Buah pala juga akan membantu menghilangkan racun yang terakumulasi di hati dan ginjal. Hal ini akan membuat organ-organ tubuh kita bersih dari racun yang tersimpan, karena alkohol, obat-obatan, polusi, ataupun makanan.

Bukan hanya itu saja, senyawa aktif yang ada di dalamnya akan membantu melarutkan batu ginjal serta meningkatkan fungsi dari ginjal maupun hati.

7. Merawat Kulit

Untuk Manfaat buah pala seperti menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, sebenarnya belum sepenuhnya dipahami. Mungkin memang belum adanya penelitian yang mengungkap hal tersebut. Namun untuk obat herbal maupun tradisional ini sudah sangat lama menggunakan buah pala tersebut. Penggunaannya pun relatif cukup mudah. Pada Umumnya, buah pala diaplikasikan pada kulit, namun sebelumnya dicampur dengan air atau madu.

Bukan hanya itu, buah pala juga mampu mengurangi peradangan serta iritasi pada kulit, dan meningkatkan kelembapan pada kulit, dan dapat mengurangi bekas jerawat pada wajah, cacar maupun bisul.

8. Mengendalikan Tekanan Darah

Kandungan mineral yang terdapat pada buah pala sangat efektif dalam menjaga fungsi organ tubuh kita. Salah satunya adalah Kalium yang dapat membantu meregangkan pembuluh darah, sehingga bisa mengurangi tekanan darah serta menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular kita.

Untuk Kalsium yang terkandung pada buah pala akan meningkatkan kesehatan tulang kalian lewat perbaikan dan pertumbuhan, dan juga akan mengurangi gejala osteoporosis.

Untuk Kandungan zat besi sendiri ini dapat meningkatkan jumlah sel darah merah kalian dan yang pasti akan mengurangi kemungkinan kalian terkena gejala kurang darah atau anemia.

9. Untuk Bayi Yang Sulit Tidur

Cara tradisional ini di yakini memberikan efek mengantuk pada bayi dan memberikan efek aroma terapi, yang akan memberikan kehangatan bagi tubuh bayi, caranya mudah cukup dengan menumbuk pala, dan membubuhkan pada pelipis bayi.

Dan selain manfaat kecantikan dan kesehatan di atas, buah pala juga mempunyai manfaat lain yang berguna untuk para pria yang mengalami masalah kejantanan atau tingkat libido rendah, caranya pun sangat mudah, cukup dengan menambahkan seujung sendok teh ke dalam susu lalu aduk. Buah pala di sini berfungsi sebagai afrodisiak alami yang efeknya hampir sama dengan efek hormon serotonin. Yang menimbulkan gairah seksual dan efek relaksasi bagi tubuh.

Selain manfaat yang bisa kita dapat dari buah pala, kita juga harus tahu kandungan apa saja yang berbahaya pada buah pala, dan efek samping apa saja yang dapat membahayakan tubuh kita. Pala mempunyai sifat yang psikotropik, yang umumnya menyebabkan mual-mual, kehilangan keseimbangan, pusing kepala, dehidrasi, jantung berdebar debar, kejang, dan jika di konsumsi dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kematiaan. Penyebab itu semua, mual-mual, jantung berdebar, kejang dan yang lainnya di sebabkan karena kandungan elemicin dan myristicin dalam buah pala tersebut. Kedua zat tersebut akan berubah menjadi senyawa baru yang mirip dengan mescalin dan amfetamin bagi siapa saja yang memakannya. Jadi dengan memakannya akan berakibat seperti mengkonsumsi obat bius dan semacamnya. Weiss E.A. (1997) mengatakan, bukan hanya senyawa elimicin yang terkandung pada buah pala, senyawa aromatik myristicin, maupun frole sebesar 2 - 18% yang ada di biji pala juga bisa menyebabkan rangsangan halusigenik jika dikonsumsi dengan dosis 5 gram dan jika dikonsumsi dengan dosis sebanyak 8 gram atau (setara dengan dua biji pala), maka sifatnya berubah menjadi narkotika yang berbahaya, dan bahkan dapat merenggut nyawa. Maka dari itu, ada anjuran yang mengatakan, untuk tidak mengkonsumsi biji pala dalam jumlah yang berlebihan dan dalam jangka lama.

Buah pala yang kita kenal hanya sebagai bumbu dapur ataupun es pala ini, ternyata menyimpan banyak sekali manfaat bagi tubuh kita, bahkan untuk burung sekalipun. Sayang sekali rasanya jika kita tidak memanfaatkannya padahal begitu mudah buah pala ini kita dapat di sekitar kita. Ada baiknya kita mencari tahu ramuan obat yang berbahan dasar buah pala ini. Agar kita tidak selalu mengkonsumsi obat berbahan dasar kimia yang banyak sekali efek sampingnya bagi tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.

1 Response to "Manfaat Buah Pala Kandungan Nutrisi Dan Efek Sampingnya"

  1. Banyak juga manfaatnya ternyata, boleh nih di coba,trims infonya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel