Fungsi Tulang Hasta Atau Ulna

Fungsi Tulang Hasta- mungkin pembahasan ini pernah kita dengar saat kita kelas 5 SD, sekarang akan kita coba ingat kembali lewat pembahasan ini. Dalam tubuh manusia, terdapat salah satu bagian penting yaitu tulang. Tulang berfungsi sebagai penopang tubuh sehingga kita bisa melakukan aktivitas seperti berjalan, berdiri, berlari dan lain sebagainya. Tulang juga terdiri dari berbagai jenis, dan memiliki bentuk maupun fungsi yang berbeda beda antara tulang satu dan yang lainnya. Namun ragam fungsi ini yang menyebabkan kita bisa melakukan gerakan yang beraneka ragam tadi, berjalan, berlari, berdiri dan lain lain.
Baiklah, dalam kesempatan ini, kita akan coba membahas salah satu tulang yang ada dalam tubuh manusia, yang bernama tulang hasta. Mungkin kalian banyak yang belum mengenal tulang hasta ini, dan bagaimana fungsi tulang hasta atau ulna ini, serta di mana letak tulang hasta ini berada. Sebaiknya kalian coba simak di bawah ini.
Fungsi Tulang Hasta Atau Ulna
Tulang adalah jaringan ikat yang berada di dalam tubuh manusia yang terdiri atas sel-sel, serat, dan matriks ekstraseluar yang bersatu menjadi tulang. Dan bagian yang terluar pada tulang adalah matriks, di mana matriks tersebut adalah hasil endapan dari mineral dalam tubuh sehingga tulang mendapat klasifikasi di sebut matriks.

Baca Juga Klasifikasi Hewan Vertebrata Dan Invertebrta

Dan tulang hasta sendiri adalah tulang yang menyimpan mineral, serta menghasilkan darah pada sum-sum tulang. Nama lain tulang hasta sendiri adalah ulna. Tulang hasta bersama jari-jari mempunyai fungsi dalam pergerakan pergelangan tangan dalam berputar. Tulang hasta ini merupakan salah satu dari dua tulang, yang membentuk tulang bawah.

Di bawah ini bisa kita simak beberapa fungsi tulang hasta atau ulna, yaitu:
  • Tulang hasta atau ulna, sebagai tulang yang berfungsi dalam mendukung lengan bawah sehingga memungkinkan adanya gerakan yang terjadi. 
  • Tulang hasta, adalah sebagai tulang yang mempunyai fungsi dalam menyimpan mineral dan menghasilkan sel-sel darah di sum-sum tulang. 
  • Tulang hasta juga sebagai tulang yang mempunyai fungsi dan bekerja sama dengan tulang pengumpil dalam menyusun lengan bawah pada tangan manusia. 
  • Tulang hasta atau ulna sebagai tulang yang berfungsi dalam menunjang kerangka tangan manusia.
  • Tulang hasta atau ulna sendiri menyatu dengan humerus di ujung yang lebih besar, dan membuat sendi siku, dan menyatu dengan tulang karpal pada ujung yang lebih kecil.
  • Untuk mamalia berkaki empat, tulang hasta mempuyai fungsi sebagai keterikatan otot,
  • Tulang hasta juga mempunyai fungsi sebagai pemberi fleksibilitas pada sendi siku.
  • Kebanyakan otot yang berada di lengan maupun lengan bawah menempel pada ulna atau tulang hasta ini, sehingga dapat melakukan gerakan lengan, pergelangan tangan serta tangan.
  • Tulang hasta sendiri ada di semua vetebrata darat sedangkan dalam hewan amfibi dan beberapa reptil, tulang radius serta tulang ulna atau tulang hasta ini tidak bisa berartikulasi. 
Baca Juga Rumus Lus Dan Keliling Segitiga

Bentuk tulang hasta atau ulna yang berada pada bagian tubuh manusia ini, jika di gambarkan mempunyai bentuk seperti sebuah pipa yang mempunyai dua ujung. Dan letaknya sendiri tulang hasta berada di sebelah medial lengan bawah dan mempunyai ukuran lebih panjang, di bandingkan dengan radius maupun tulang pengumpil. Untuk kepala tulang hasta sendiri berada pada bagian bawah, dan mempunyai tiga bagian yaitu:
  • Ujung atas ulna
  • Batang ulna
  • Ujung bawah ulna
Tulang hasta atau ulna ini memiliki fungsi yang sangat penting di dalam menjaga stabilitas fisik pada lengan bawah, pergelangan tangan maupun lengan atas. Proses olecranon atau biasa di kenal dengan kepala proksimal dari ulna berartikulasi dengan kepala distal humerus dalam memberikan gerakan terkontrol serta stabilisasi pada sendi siku. Dan ini juga merupakan titik keterikatan untuk banyak otot pada lengan bawah.

Baca Juga Rumus Volume Tabung Dan Contoh Soal

Jika terjadi cidera yang menyebabkan tulang hasta itu retak atau pecah, biasanya sering terjadi di sekitar titik dimana jari-jari dan tulang hasta membentuk sendi, ataupun dimana tulang hasta membentuk sendi dengan tulang karpal. Cidera yang seperti ini biasa di sebut dengan fraktur ulnaris yang rasa sakitnya akan luar biasa, dan akan mengalami kesulitan menggerakan sendi yang terkena, dan bahkan mungkin deformitas lengan apabila fraktur gabungan.

Demikian sedikit pembahasan mengenai fungsi tulang hasta atau ulna, semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan kita dan, dapat di mengerti. Semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.






0 Response to "Fungsi Tulang Hasta Atau Ulna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel