Klasifikasi Hewan Vertebrata Dan Invertebrata Beserta Penjelasannya

Hewan Vertebrata, hewan terbagi menjadi dua kelompok, hewan Vertebrata dan hewan Invetebrata, hewan Vetebrata adalah hewan yang mempunyai tulang belakang sedangkan hewan Invetebrata adalah hewan yang tidak mempunyai tulang belakang. Di bawah ini kita akan coba membahas tentang karakteristik masing-masing hewan tersebut.

Hewan Invertebrata  

Hewan Invertebrata merupakan jenis hewan yang tidak bertulang belakang. Invertebrata merupakan kelompok besar hewan dengan banyak filum. Berbeda dengan Vertebrata yang hanya memiliki 1 sub filum.

Klasifikasi Hewan Vertebrata Dan Invertebrata Beserta Penjelasannya

Invertebrata merupakan organisme multiseluler dengan rata-rata membentuk koloni dari sel-sel individu. Dan semua sel-sel dalam koloni tersebut mempunyai fungsi masing-masing. Mereka juga tidak memiliki dinding sel, serta banyak yang memiliki jaringan. Kecuali porifera atau spons. Hewan Invetebrata juga rata-rata berkembang biak dengan reproduksi seksual.

Hewan Invertebrata kebanyakan juga bisa bergerak kecuali porifera dewasa. Banyak juga Invertebrata yang memiliki bentuk simetris. Dan hewan ini bersifat heterotrof, yang dalam pengertiannya adalah tidak dapat menghasilkan energi sendiri. Invertebrata heterotrof hidup dengan memakan tumbuhan dan hewan lain.

Mari kita simak di bawah ini 9 filum yang masuk ke dalam kelompok invertebrata, beserta contohnya:
  • Porifera : hewan berpori, hewan air yang hidup laut yang. Yang mempunyai bentuk seperti tumbuhan. Biasa terletak di dasar laut, dan bisa berpindah pindah tempat. Hewan ini hidup dengan memakan bakteri dan plankton. Dan hewan ini terbagi lagi menjadi tiga kelas yaitu corcorea, hexactinelida, dan demospangia.
  • Cnidaria : adalah hewan yang memiliki sel-sel penyengat, yang bernama knidosit yang di gunakan sebagai alat berburu dan melawan predator lain. Cnidaria terbagi menjadi empat kelompok. Antozhoa, sypozhoa, cubozhoa, dan hydrozhoa. Hewannya seperti ubur-ubur, ubur ubur kotak, hydra, dan anemon laut, karang
  • Ctenophora atau Coelenterata : hewan yang memiliki pori-pori atau lubang lubang kecil, di hampir seluruh tubuhnya. Pori-pori tersebut dapat memunculkan racun yang berguna untuk berburu mangsa ataupun sebagai alat membela diri, dari predator lain. Hewan seperti ubur-ubur
  • Platyhelminthes : hewan yang berbentuk seperti cacing namun pipih, dan tidak bersegmen ini. Pada umumnya hidup di laut, danau, sungai dan dapat juga hidup di dalam tubuh sebagai parasit dalam tubuh organisme lain. Dan untuk kelasnya terdiri ada 3 kelas untuk filum playthelmintes ini adalah trematoda atau cacing hisap, turbellaria atau cacing berambut getar dan cestoda atau cacing pita.
  • Mollusca atau Moluska : hewan bertubuh lunak yang di lindungi oleh cangkang maupun yang tidak di lindungi cangkang. Filum molullusca ini terbagi menjadi 3 kelas, yang memiliki 2 cangkang seperti kerang, tiram, gastropoda siput yang mempunyai cangkang maupun tidak. Chepalohoda seperti cumu cumi dan gurita. Scaphopoda serta amphineora.
  • Artropoda : filum bertubuh segmen, yang biasanya bersatu menjadi 2 atau 3. Anggota tubuh bersegmen dan berpasangan serta simetri bilateral. Dan kadang di kenal juga dengan hewan berkuku. Dan hewan ini terbagi menjadi beberapa kelas, chelicerata, hewanya seperti kalajengking, laba laba. Myriapodan hewan nya seperti lipan. Krustasea hewannya seperti kepiting, udang dan lobster. Serat hexapoda hewannya seperti serangga.
  • Annelida : hewan yang bertubuh terdiri dari segmen segmen. Dengan sistem peredaran darah tertutup, dan terbagi menjadi lima kelas yaitu: polychaeta atau berambut banyak, olygochaeta atau berambut sedikit atau tidak sama sekali, hirudinea atau penghisap darah, dengan contoh hewannya adalah cacing tanah, pacet, serta lintah dan cacing kipas.
  • Protozoa : merupakan hewan bersel satu yang hidup dalam air, dengan sumber makanan berupa hewan dan tumbuhan. Berdasar kepada alat geraknya, protozoa dapat di bagi menjadi 4 kelas, kelas rhizopoda berkaki semu, kelas flagellata berbulu cambuk, kelas cilliata berambut getar, kelas sporozoa berspora.
  • Echinodermata : dengan contoh hewan seperti bintang laut, teripang, dan bulu babi
Hewan Vertebrata  

Untuk jenis Vertebrata dikelompokkan ke dalam sub-filum  Vertebrata , dibawah filum Chordata. Hewan vertebrata adalah hewan yang bertulang belakang. Yang di maksud dengan tulang belakang di sini adalah rangka dalam atau endoskeleton. 

Biasanya Hewan vertebrata berukuran lebih besar jika dibandingkan dengan hewan invertebrata. Dan rata rata hewan vertebrata memiliki sistem saraf lebih baik jika di bandingkan dengan hewan invertebrata, ini lah yang membuat mereka lebih pintar. 

Untuk Karakteristik vertebrata antara lain adalah: simetri bilateral, segmentasi tubuh, mempunyai sistem pencernaan yang lengkap, sistem peredaran darah tertutup, dan yang pasti adalah memiliki endoskeleton atau bertulang belakang. 

Berikut di bawah ini Hewan-hewan yang termasuk dalam kelompok Vertebrata. Yang dibagi atas 5 kelas:
  • Pisces : hewan yang hidup di air, berkembang biak dengan bertelur, bernafas melalui insang dan bergerak dengan sirip siripnya.
  • Reptilia : adalah binatang melata berdarah dingin, yang tubunya di selimuti dengan sisik. Yang di antaranya adalah buaya, kadal, ular, penyu, dan kura-kura
  • Mamalia : adalah binatang berdarah panas, yang berkembang biak dengan cara kawin, memiliki kelenjar susu pada betina guna memberi makan anaknya. Hewan seperti gajah, harimau, dan jerapah
  • Amfibia : hewan ini dapat hidup di dua alam, darat dan air.  Berdarah dingin dan bernafas menggunakan paru-paru. Hewan seperti kodok dan salamander, dan kadal air.
  • Aves : hewan yang bisa terbang, dengan tubuh di tutupi oleh bulu-bulu. Bergerak dengan kaki dan sayapnya. Namun ada pula beberapa hewan yang masuk ke dalam golongan aves namun tidak dapat terbang. Hewan ini seperti ayam, bebek, dan burung-burung lain yang tidak bisa terbang.
Sedikit penjelasan tentang hewan Vertebrata dan Invetebrata semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.

0 Response to "Klasifikasi Hewan Vertebrata Dan Invertebrata Beserta Penjelasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel