Cara Menghitung Volume Kubus Lengkap Soal Dan Jawabannya

Pengertian Kubus
Cara Menghitung Volume Kubus Lengkap Soal Dan Jawabannya


Kubus atau biasa kita kenal kotak, adalah bangunan tiga dimensi, mempunyai 12 rusuk, dan 6 bidang sisi, yang semua berbentuk bujur sangkar.

Baca Juga 1 Hektar Berapa Meter?

Dalam menghitung volume sebuah kubus, kita menggunakan

Volume = sisi x sisi x sisi


Dan satuan volume adalah satuan dalam panjang kubik misalnya millimeter kubik (mm3), centimeter kubik (cm3) , meter kubik (m3), dan lain-lain.


Contoh Di Bawah Ini Cara Menghitung Volume Kubus Lengkap Soal Dan Jawabannya

Berikut kita simak beberapa contoh cara menghitung volume kubus.

1. Ada Sebuah balok kayu yang berbentuk kubus, balok ini memiliki sisi-sisi yang panjangnya 10 cm. Berapa volume kubus tersebut? (volume kubus = sisi x sisi x sisi).

Jawab: Volume balok kayu = 10 cm x 10 cm x 10 cm = 1.000 cm3.


2. Sebuah balok kayu dipotong membentuk sebuah kubus yang panjang, lebar, dan sisinya sama yaitu 15 cm. Berapa volume kubus kayu tersebut? (volume kubus = sisi x sisi x sisi).

Jawab: Kotak dengan ukuran panjang, lebar, dan tinggi yang sama (ketiga sisinya sama) merupakan bentuk sebuah kubus. Volume kubus kayu = 15 cm x 15 cm x 15 cm = 3.375 cm3.

Baca Juga Rumus Volume Tabung

3. Sebuah balok es akan dicetak menjadi sebuah kubus dengan panjang sisi-sisinya adalah 2,7 meter. Berapa meter kubik volume air yang digunakan untuk dapat mencetak balok es tersebut? (volume kubus = sisi x sisi x sisi).

Jawab: Volume kubus es = 2,7 m x 2,7 m x 2,7 m = 19,683 m3.


Cukup mudah bukan, cobalah dengan contoh soal lainnya, sehingga kalian akan semakin mahir dalam cara menghitung volume kubus ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua, terimakasih.

0 Response to "Cara Menghitung Volume Kubus Lengkap Soal Dan Jawabannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel