Bacaan Doa dan Dzikir Waktu Pagi Hari hingga Petang

Bacaan Doa dan Dzikir  Waktu Pagi Hari hingga Petang hari, sebenarnya banyak sekali doa pagi hari atau dzikir harian yang dianjarkan oleh Nabi saw, di bawah ini ada beberapa dzikir pagi, dzikir petang, doa pagi hari, dan doa petang hari, yang bersumber dari kitab Al-Adzkaarun Nawawiyyah.


Banyak bacaan dzikir pagi hari, namun hanya sebagian saja yang akan di bahas di sini, saking banyak nya, barang siapa yang mendapatkan taufik untuk mengamalkan secara keseluruhan, alangkah beruntungnya dia. Barang siapa yang tidak mampu mengerjakan semua nya, hendaknya ia mengerjakan sebagiannya saja, sekalipun hanya sebuah dzikir.

Asal dalil mengenai bab ini bersumber dari Al-Qur’an yaitu melalui firmannya dalam surah (Thaha ayat 130)

“ Dan bertasbihlah dengan memuji rabbmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya.”


“ Dan bertasbihlah seraya memuji rabbmu pada waktu petang dan pagi.” (Al-Mukmin 55)


“ Dan sebutlah nama rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang.” (Al-A’raf 205)

Kami meriwayatkan di dalam kitab Shahih Bukhari melalui syaddad ibnu aus ra. Yang ia terima dari Nabi saw . yang telah bersabda :
“ Raja istighfar ialah : ‘ Ya Allah, engkau adalah Rabbku, tidak ada tuhan selain engkau, engkaulah yang menciptakan aku dan aku adalah hambamu, aku berada pada ikrar dan janji mu menurut kemampuanku. Aku berlindung kepadamu dari keburukan yang kuperbuat, aku mengakui semua nikmatmu kepadaku dan aku mengakui dosa-dosaku, maka ampunilah daku, karena sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain engkau.”

Apabila ia mengucapkan hal tersebut di sore hari, lalu ia mati pada malam harinya, niscaya masuk sorga, atau ia termasuk ahli sorga. Apabila ia mengucapkannya di pagi hari, lalu ia mati pada hari itu juga, maka ia masuk sorga atau termasuk ahli sorga.

Kami meriwayatkan di dalam kitab Shahih Muslim melalui sahabat abu hurairah ra, bahwa Rasulullah saw pernah bersabda :


“ Barang siapa yang mengucapkan doa berikut ketika pagi hari dan petang hari, yaitu : ‘ Maha suci Allah seraya memuji kepadanya’ , sebanyak 100 kali, maka tidak ada seorangpun yang datang di hari kiamat dengan membawa amal yang lebih utama darinya kecuali seseorang yang mengucapkan hal yang sama atau lebih darinya.”

Menurut riwayat yang di ketengahkan oleh Imam Abu Daud disebutkan


“ Maha suci Allah yang maha besar seraya memuji kepadanya.”

Kami meriwayatkan di dalam kitab sunan abu daud, imam turmudzi, imam nasai, dan lain-lainnya dengan sanad yang shahih melalui Abdullah ibnu khubaib ra yang menceritakan :


“ Kami keluar di suatu malam yang sedang turun hukan dan hari sangat gelap untuk mencari Nabi saw. agar mengimami sholat kami. Kami menjumpainya dan beliau bersabda ‘katakanlah!’ aku tidak mengucapkan apapun, kemudian beliau bersabda lagi ‘katakanlah!’ aku tidak mengatakan sesuatupun, lalu beliau bersabda kembali ‘katakanlah!’ maka aku bertanya ‘Wahai Rasulullah, apakah yang harus aku ucapkan ? beliau bersabda ‘Bacalah surat Al-Ikhlas dan Mu’awwidztain ketika sore hari dan pagi hari sebanyak 3 kali, hal itu mencukupimu dari segala sesuatu.”

Kami meriwayatkan di dalam kitab Shahih Muslim, melalui sahabat Abdullah Ibnu Mas’ud ra yang menceritakan :


“ Nabi saw apabila sore hari mengucapkan doa berikut : ‘ kami bersore hari, dan segala kekuasaan di sore hari adalah milik Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada tuhan selain Allah semata, tiada sekutu baginya.”

Perawi hadist mengatakan ‘aku melihat beliau saw mengucapkan doa tersebut seperti berikut ini :


“ Baginya segala kekuasaan, baginya segala puji, dan dia maha kuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabbku, aku memohon kepadamu kebaikan yang ada di malam ini dan kebaikan yang ada pada sesudahnya, serta aku berlindung kepadamu dari kejahatan yang terkandung di mala mini dan kejahatan yang ada sesudahnya. Wahai Rabbku, aku berlindung kepadamu dari kemalasan dan ketuaan yang buruk. Aku berlindung kepadamu dari siksa di dalam neraka dan siksa di dalam kubur’. Apabila di pagi hari beliau saw mengucapkan doa yang sama, yaitu ‘ Kami berpagi hari, dan segala kerajaan adalah milik Allah di pagi hari ini……..”

Kami meriwayatkan di dalam kitab Shahih Muslim melalui sahabat Abu Hurairah ra yang menceritakan :


“ Seorang lelaki datang kepada Nabi saw, lalu berkata ‘wahai Rasulullah, aku tidak menjumpai seekor kalajengking pun yang pernah menyengat ku tadi malam’. Beliau saw bersabda : ‘adapun seandai nya engkau mengucapkan ketika sore hari kalimat berikut : ‘Aku berlindung melalui kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan yang dia ciptakan.’ Niscaya kalajengking itu tidak akan membahayakan mu.”

Kami meriwayatkan dengan sanad yang sahih di dalam kitab sunan Abu Daud dan sunan Turmudzi melalui sahabat Abu Hurairah ra, yang menceritakan :


“ Bahwa sahabat Abu Bakar Ash-Shiddiq ra pernah bertanya, ‘wahai Rasulullah, ajarkanlah kepadaku beberapa kalimat (doa) yang akan aku ucapkan bila berada di pagi hari dan petang hari’. Beliau saw menjawab ‘Ucapkanlah Ya Allah, wahai pencipta langit dan bumi, wahai yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb segala sesuatu dan yang menguasainya, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain engkau, aku berlindung kepadamu dari kejahatan diriku dan kejahatan setan serta gangguannya’. Nabi saw bersabda ‘engkau ucapkan doa tersebut bila engkau berpagi hari, bila engkau berpetang hari, dan bila engkau akan beristirahat di peraduanmu.”

Kami meriwayatkan sebuah hadist di dalam kitab sunan Abu Daud dan sunan Turmudzi, melalui sahabat Usman ibnu Affan ra yang menceritakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda :


“ Tidak sekali-kali seorang hamba mengucapkan doa berikut di waktu pagi setiap hari dan di sore hari dari setiap malam, yaitu : ‘Dengan nama Allah dengan menyebut asmanya, tiada sesuatupun di bumi dan di langit dapat menimpakan bahaya, dan dia adalah yang maha mendengar lagi maha mengetahui’ sebanyak 3 kali, niscaya tiada sesuatu pun yang membahayakannya.”

Kami meriwayatkan di dalam kitab sunan Turmudzi melalui Tsauban ra yang menceritakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda :


“ Barang siapa ketika sore hari mengucapkan dia berikut : ‘aku rela Allah sebagai Rabbku, islam sebagai agamaku, dan muhammad sebagai Nabiku’. Maka sudah merupakan kepastian Allah rida kepadanya.”

Sumber terjemahan kitab Al-Adzkaarun Nawawiyyah

di atas hanya terdapat saja beberapa mengenai Dzikir dan doa di pagi hari dan petang hari, silahkan simak ke lanjutan nya di bagian ke 2