Bacaan Niat Do'a Sholat Jenazah Lengkap Singkat

Bacaan Niat  Do'a Sholat Jenazah Lengkap dan Bacaan Takbir Ke 3 dan 4  - Shalat jenazah atau yang biasa dikenal dengan sholat mayit memang ini jarang di laksanakan tapi namun saat ada seorang muslim yang meninggal di sekitar kita  maka bagi muslim lainnya sudah selayaknya harus saling mendoakan sesama muslim dan memberi sumbangan yang layak, utamanya kita bisa mengerjakan sholat jenazah adapun perbedaanya shalat mayit dengan shalat lainya sangatlah berbeda karena dalam pelaksanaan sholat jenazah itu tidak ada rukuk,sujud,dan tahiyat dan ini di kerjakan sambil berdiri (bagi yang mampu) dengan 4 takbiran.
Bacaan Niat Do'a Sholat Jenazah Lengkap Singkat dan Bacaan Takbir Ke 3 dan 4


Mengerjakan sholat jenazah biasanya di lakukan dengan berjamaah dan jika anda terlambat datang bisa juga melaksanakanya sendiri yang terpenting kita sudah hapal dari bacaan yang di gunakan, untuk lebih hapalnya bisa kalian simak sampai  selesai pada artikel ini. Dari  bacaan niat doa sholat jenazah lengkap singkat panjang sesuai dengan versi nu atau  juga  versi muhammadiyah  atau versi lainnya dan dalam artikel ini bacaan niat dan doanya  sengaja kami tulis dalam bahasa arab latin  dan di lengkapi doa sholat jenazah takbir ke 4 dan ke 3.

Untuk lebih jelasnya bisa anda simak dibawah ini dengan harapan semoga bisa bermanfaat dan kita sama sama menghapal agar saat waktu pelaksanaanya kita tidak ragu lagi berikut bacaannya:

Bacaan Niatnya Sholat Jenazah (Mayit) Laki-laki

USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya : Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.


Bacaan Niat Sholat Mayit (Jenazah) Perempuan


USHOLLI 'ALAA HAADZIHIL MAYYITATI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.

Artinya : Saya niat shalat atas mayit perempuan ini empat kali takbir fardhu kifayah karena menjadi makmum karena Allah Ta’ala.

Bacaan niat di atas khusus untuk bacaan  untuk ma'mum.

Bacaan Niat  untuk imam sebagai  berikut :
USHOLLI 'ALAA HAADZALMAYYITI / HAADZIHIL MAYYITATI ARBA'A TAKBIRAATIN FARDHOL KIFAAYATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya : Saya niat shalat atas mayit ini empat kali takbir fardhu kifayah menjadi imam karena Allah Ta’ala.

Bacaan takbir pertama (1) membaca Bacaan Ta’awwudz :


A’UUDZUBILLAAHI MINASY SYAITHAANIR RAJIIM

Artinya : Aku berlindung kepada allah dari syaitan yang terkutuk

Lalu dilanjutkan dengan membaca : surat Al Fatihah.

Bacaan Takbir Kedua (2) membaca sholawat  :


ALLAAHUMMA SHALLI ‘ALAA MUHAMMADIN, WA ‘ALAA AALI MUHAMMADIN, KAMAA SHALLAITA ‘ALAA IBRAAHIIMA, WA ‘ALAA AALI IBRAAHIIMA. WA BAARIK ‘ALAA MUHAMMADIN, WA ‘ALAA AALI MUHAMMADIN, KAMAA BAARAKTA ‘ALAA IBRAAHIIMA, WA ‘ALAA AALI IBRAAHIIMA. FIL ‘AALAMIINA INNAKA HAMIIDUM MAJIID.

Artinya : Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

Bacaan Takbir KeTiga (3) membaca Doa :
ALLAAHUMMAGHFIRLAHU, WARHAMHU, WA ‘AAFIHI, WA’FU ‘ANHU, WA AKRIM NUZUULAHU, WA WASSI’ MADKHALAHU, WAGHSILHU BIMAA-IN WATSALJIN WABARADIN, WANAQQIHI MINAL KHATHAAYAA KAMAA YUNAQQATS TSAUBUL ABYADHU MINADDANASI, WA ABDILHU DAARAN KHAIRAN MIN DAARIHI, WA AHLAN KHAIRAN MIN AHLIHI, WA ZAUJAN KHAIRAN MIN ZAUJIHI, WAQIHI FITNATAL QABRI WA ‘ADZAABANNAAR.

Artinya : Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan isri yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

Bacaan Doa Takbir Ke Empat (4)



ALLAAHUMMA LAA TAHRIMNAA AJRAHU, WALAA TAFTINNAA BA’DAHU

Artinya : Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.

Terakhir adalah melakukan salam
Mengerjakan salam ini sama seperti sholat biasa dengan menengok ke kanan dan kekiri

ASSALAAMU ‘ALAIKUM WARAHMATULLAAHI WA BARAKAATUH

Artinya : Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semua


Lihat video ini mengenai apakah perlu membaca niat saat sholat, silakan disimak.


Itulah yang dapat kami sajikan sepintas tentang bagaimana caranya melakukan sholat jenazah dengan cara lengkap beserta bacaan  niat doa serta artinya. Penting bagi kita umat islam mengurusi serta menjaga jenazah dan mensholatkannya disebabkan hukumnya yaitu fardhu kifayah.