Variabel Bebas Terikat Kontrol & Variabel Percobaan

Di pelajaran biologi segera akan dibahas variabel bebas terikat kontrol & variabel percobaan, Sewaktu berada di sekolah kita sering praktikum biologi yang berkaitan dengan variabel penelitian, tidak sedikit para guru biologi suka menanyakan tentang variabel percobaan yang dilakukan oleh anak didiknya, setelah melihat hasil tugasnya rupanya tidak sedikit para siswa yang bingung untuk mengerti variabel penelitian meskipun percobaan telah usai dan tinggal bikin laporannya saja, kami akan mencoba membahas secara singkat saja tentang macam variabel dalam sebuah percobaan, silakan disimak baik-baik.
Variabel Bebas Terikat Kontrol & Variabel Percobaan
Variabel Bebas Terikat Kontrol & Variabel Percobaan

Variabel bebas terikat kontrol dan variabel percobaan

Variabel penelitian pada dasarnya yaitu segala sesuatu yang berbentuk apa saja, yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga didapat informasi tentang hal tersebut, yang kemudian ditarik kesimpulannya.

Terdapat banyak jenis variabel penelitian, misalnya variabel, independen/variabel bebas, variabel dependen/variabel terikat, variabel moderator, variabel intervening, dan variabel kontrol. Untuk tingkat percobaan atau praktikum biologi jenjang SMA, variabel yang wajib dipahami adalah:
  • Variabel Independen (Variabel Bebas) / Variabel Eksogen : merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab terjadinya perubahan atau timbulnya variabel terikat. Variabel ini sering disebut sebagai variabel stimulus, predictor, atau antecedent.
  • Variabel Dependen (Variabel Terikat) / Variabel Endogen : merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas.
  • Variabel Kontrol : adalah variabel yang yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Variabel control digunakan oleh peneliti bila akan melakukan penelitian yang bersifat membandingkan.
Lihat contoh berikut ini.
Seorang siswa membuat rancangan percobaan untuk membuktikan bahwa pada perkecambahan diperlukan air dan oksigen. Instrumentasi percobaan sebagai berikut.
Tabung 1 berisi biji kacang hijau
Tabung 2 berisi kapas kering, biji kacang hijau, dibiarkan terbuka
Tabung 3 berisi kapas kering, biji kacang hijau, ditutup rapat
Tabung 4 berisi kapas basah, biji kacang hijau, dibiarkan terbuka
Tabung 5 berisi kapas basah, biji kacang hijau, ditutup rapat
Rangkaian tersebut dibiarkan selama 2 hari untuk mengamati mana biji kacang hijau yang tumbuh. Ternyata dari hasil percobaan tersebut:
  • biji yang tumbuh adalah tabung 4 dan tabung 5
  • biji yang tumbuh normal adalah tabung 4, sedangkan pada tabung 5 pertumbuhan tidak normal/akhirnya mati
Perhatikan variabel penelitian pada rangkaian percobaan tersebut :
  • Yang disebut variabel kontrol adalah tabung 1. Biji dibiarkan apa adanya dan tidak diberi perlakuan apa pun sebagai pembanding dengan hasil percobaan.
  • Yang disebut variabel bebas adalah tabung 2, 3, 4, 5. Perhatikan bahwa setiap tabung diberi perlakuan tertentu yaitu basah/kering, terbuka/tertutup.
  • Yang disebut variabel terikat adalah hasil pertumbuhan biji. Biji yang tumbuh normal (variabel terikat) adalah tabung 4, sebagai akibat diberi perlakuan (variabel bebas) pemberian air dan terbuka sehingga oksigen bisa masuk. Sedangkan pertumbuhan biji pada tabung 5 tidak normal karena tabung tertutup meskipun terdapat air. 
Tag: variabel percobaan, variabel bebas terikat kontrol, Variabel bebas terikat dan kontrol, variabel biologi, variabel dalam biologi, variabel bebas dalam biologi,  variabel bebas, variabel bebas biologi, contoh variabel kontrol, variabel kontrol

 Demikianlah info singkat tentang variabel bebas terikat kontrol & variabel percobaan, semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang kebetulan dapat tugas dari guru biologi yang berkaitan dengan variabel bebas terikat kontrol dan satu lagi yaitu variabel percobaan, sekian dan terimakasih