Permainan bola kecil dan macam-macamnya

Permainan bola kecil - Di sebuah permainan dalam olahraga maka dikenal menjadi dua yakni permainan bola kecil dan juga permainan bola besar, perbedaan kedua permainan ini adalah ukurannya yang berbeda jauh, yang satu menggunakan bola kecil seperti misalnya permainan tenis meja sedangkan yang satu lagi menggunakan bola dengan ukuran yang besar.


macam-macam permainan bola kecil
macam macam permainan bola kecil
Apabila anda perhatikan perbedaan lainnya adalah jika permainan itu mnggunakan bola besar maka tidak memerlukan alat khusus yang digunakan untuk memainkan bola tersebut, sedangkan dalam permainan bola kecil maka pada umumnya dibutuhkan alat misalnya permainan tenis lapangan maka membutuhkan sebuah alat yang disebut raket.

Permainan bola kecil ini selain bisa dilakukan sendiri juga bisa dengan secara beregu atau berkelompok, hampir semua permainan yang menggunakan bola kecil membutuhkan alat misal tenis meja maka anda harus punya badge atau nama lainnya adalah bet, permainan baseball atau softball maka anda harus punya tongkat pemukul bola atau yang biasa kita kenal dengan kasti.

Baik langsung saja kita beri penjelasan macam-macam permainan bola kecil, simak pemaparannya berikut ini:

Macam - Macam Permainan Bola Kecil

1. Tenis Meja
Permainan Tenis meja merupakan permainan yang menggunakan Badge atau Bet sebagai alat pemukul bola ping pong dan butuh meja untuk bermain. Permainan ini dimainkan oleh dua orang untuk kategori tunggal dan empat orang untuk kategori ganda. Olahraga ini mempunyai nama resmi yaitu bola ping pong.

Di Indonesia olahraga tenis meja mempunyai Induk yaitu PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia), sedangkan untuk Induk tenis meja tingkat dunia adalah ITTF International Table Tennis Federation). Indonesia tergabung dalam ITTF sejak tahun 1961.

2. Bulu Tangkis
Permainan Bulu tangkis adalah suatu permainan yang setiap pemainnya menggunakan sebuah raket. Dalam permainan ini dipergunakan sebuah kok sebagai pengganti bola yang dipukul secara bergantian oleh setiap tim yang sedang bertarung. Teknik dasar memukul bola dalam permainan bulu tangkis adalah pukulan servis, pukulan lob, drive, netting, smes, dan dropshort.

3. Kasti
Kasti yaitu suatu olahraga permainan yang dilakukan secara beregu, yakni dimainkan oleh dua regu. Tiap regunya terdiri dari dua belas pemain, permainan kasti ini dimainkan di lapangan yang mempunyai format empat persegi panjang yang dibatasi oleh garis batas dengan lebar garis yaitu lima cm. Permainan ini memerlukan bola kasti dan kayu pemukul sebagai alat permainan.

4.Golf
Golf adalah permainan yang digelar diluar ruangan, permainan golf dapat dilakukan secara perorangan atau tim. Tujuan Permainan Golf adalah berlomba untuk memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang sudah dibuat di lapangan. Pemenang permainan golf ini adalah yang memasukkan bola dengan jumlah pukulan paling sedikit. Pada permainan ini bola golf dipukul dengan satu set tongkat pemukul yang disebut klab (stik golf).

5. Kriket

6. Kipers


7. Softball


8. Baseball


Baca juga: ukuran lapangan bola voli - ukuran lapangan futsal

Itulah diantaranya macam-macam permainan bola kecil, dengan penjelasan ini diharapkan anda sudah memahami perbedaan permainan bola besar dengan permainan bola kecil jadi yang satu menggunakan alat sedangkan yang satu lagi tanpa alat misalkan sepakbola kan pake bola besar memainkannya tanpa alat hanya menggunakan kaki saja untuk menendang bola tersebut.