Biografi BJ Habibie Singkat

Biografi BJ Habibie Singkat - Presiden ketiga Negara Republik Indonesia yang bernama Bacharuddin Jusuf Habibie atau yang biasa dipanggil B.J. Habibie lahir di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936 silam. Beliau adalah anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan RA. Tuti Marini Puspowardojo. Habibie yang menikahi Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 ini dikaruniai dua orang anak yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

Biografi BJ Habibie Singkat
Biografi BJ Habibie Singkat

Biografi BJ Habibie Singkat dan jelas

Masa kecil Habibie  dilewati bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Sifat tegas berpegang pada prinsip telah ditunjukkan Habibie sejak masih kecil. Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda ini, harus kehilangan bapaknya yang wafat pada tanggal 3 September 1950 karena terkena sakit jantung. Setelah bapaknya meninggal, Habibie pindah ke Bandung untuk belajar di Gouvernments Middlebare School. Di SMA, beliau mulai tampak terlihat prestasinya, terutama dalam berbagai pelajaran eksak. Habibie menjadi sosok favorit di sekolahnya karena kecerdasannya.

Sesudah tamat SMA di bandung pada tahun 1954, beliau masuk Universitas Indonesia di Bandung yang pada masa sekarang inidikenal dengan nama ITB atau Institut Teknologi Bandung. Beliau memperoleh gelar Diploma dari Technische Hochschule, Jerman pada tahun 1960 yang kemudian mendapatkan gelar Doktor dari tempat yang sama di tahun 1965. Habibie menikah tahun 1962, dan dikaruniai dua orang putra. Tahun 1967, menjadi Profesor kehormatan (Guru Besar) di ITB.

BJ Habibie hanya setahun menempuh kuliah di ITB Bandung, 10 tahun kuliah sampai meraih gelar doktor konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat Summa Cum laude. Kemduian bekerja di industri pesawat terbang terkemuka MBB Gmbh Jerman, sebelum memenuhi panggilan Presiden Soeharto untuk datang kembali ke Indonesia.

Setelah berada di Indonesia, Habibie 20 tahun menjabat sebagai Menteri Negara Ristek/Kepala BPPT, mengepalai 10 perusahaan BUMN Industri Strategis, dipilih MPR menjadi Wakil Presiden RI, dan disumpah oleh Ketua Mahkamah Agung menjadi Presiden RI menggantikan Presiden Soeharto. Soeharto menyerahkan jabatan presiden itu kepada Habibie berdasarkan Pasal 8 UUD 1945. Hingga akhirnya Habibie dipaksa pula lengser akibat refrendum Timor Timur yang memilih merdeka. Pidato Pertanggungjawabannya ditolak MPR RI. Beliau pun kembali menjadi warga negara biasa, kembali pula hijrah ke Jerman. dan bermukim disana.

Demikianlah info mengenai Biografi BJ Habibie Singkat, semoga artikel Biografi Singkat B.J. Habibie lengkap ini bisa menginspirasi anda dalam meneladani kecerdasan memiliki IQ 200 itulah salah satu keistimewaan bj habibie dan prestasi beliau yang mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional.