Pahala menikahi janda & hukum menikahi janda

Pahala menikahi janda - Menikahi seorang janda itu dibutuhkan pengertian dari seorang calon suami dari janda tersebut, karena terkadang mereka inginnya mencari yang masih gadis, berikut ini akan dijelaskan kepada anda tentang apa saja keuntungan menikahi janda sehingga anda mendapat pahala menikahi janda.
Pahala menikahi janda
Pahala menikahi janda

Pahala menikahi janda

Perlu anda ketahui bahwa kelebihan menikahi janda yang sudah mempunyai anak salah satunya yaitu: Janda tersebut sudah ada pengalaman dalam mengurus rumah tangga dan anak, sehingga ini bagus untuk laki-laki yang ingin menikah lagi dan telah mempunyai anak, dengan begitu, anaknya akan lebih terawat. keutamaan menikahi perawan daripada janda pun tidak berlaku dalam hal ini. Dengan menikahi serta menafkahi mengurus janda dan anaknya maka anda bisa mendapat pahala.

Jika seorang janda tersebut mempunyai satu atau lebih anak, berarti anak itu yakni seorang anak yatim dan akan banyak pahala untuk anda apabila menginginkan mengurus dan melindungi anak yatim itu, mengurus anak yatim itu pahalanya besar.
Dari Sahl ibnu Sa’ad, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, yang artinya :
“Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini.”   [Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya, namun beliau regangkan antara keduanya]. (HR. Bukhari no. 5304).

Hukum menikahi janda

 hukum menikahi janda adalah sah sebagaimana pada umumnya asalkan disertai wali bagi janda tersebut. Keharusan adanya wali ini dikarenakan hadits yang berbunyi: “Tidak ada pernikahan selain adanya wali dan dua saksi yang adil. (Haasyiyyah I’Aanatu Ath-Thaalibiin, cetakan Daarul kutub, Juz 3, halaman 188-189)

 keutamaan menikahi janda

  • Nikahilah wanita yang sayang kepada suaminya. Ini berdasarkan hadits yang berbunyi: “Menikahlah kalian dengan wanita yang bisa memberikan banyak anak, yang sayang kepada suaminya. Sesungguhnya aku dengan kalian akan banyak-banyakan umat besok pada hari kiamat.”
  • Nikahilah wanita yang sempurna akalnya.
  • Nikahilah wanita yang baik budi pekertinya.
Demikianlah ulasan singkat dari kami mengenai pahala menikahi janda & hukum menikahi janda, semoga dengan mengetahui bahwa pahala dan keutamaan menikahi janda apalagi yang sudah punya anak itu pahalanya besar maka membuat anda tidak ragu lagi ketika ada kesempatan untuk menikahi janda.