Niat Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu Beserta Latin & Artinya

Niat Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu - Sebelum anda melaksanakan ibadah sholat maka diharuskan untuk berwudhu terlebih dahulu membersihkan hadast kecil. Wudhu menurut bahasa adalah berarti bersih atau indah sedangkan menurut syara' artinya membersihkan anggota-anggota wudhu untuk menghilangkan hadast kecil.

Niat Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu
Niat Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu
Wudhu merupakan syarat sah Sholat, dikerjakannya sebelum melakukan sholat adapun anjuran berwudhu yang tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-maidah ayat 6 sebagai berikut.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوْا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ



Ya ayyuhalladzina amanu idza kumtum ilas salati fagsilu wujuhakum wa aydiyakum ilal marafikı wamsahu bi ruusikum wa arjulakum ilal ka’bayn (ka’bayni)

Artinya :
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki." ( QS Al-Maidah ayat 6 )
 
Berikut ini adalah Lafadz niat berwudhu dalam bahasa arab yang pada umumnya dibaca oleh sebagian masyarakat, latin dan terjemahnya.

Doa Niat Berwudhu

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul whudu-a lirof'il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta'aalaa
Artinya :
"Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta'ala"
 

Doa Setelah Berwudhu

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ


Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina

Artinya:
"Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci"
 
Bagaimanakah praktik widhu yang sesuai sunnah? anda bisa lihat pada video berikut ini:
Demikianlah Doa Niat Wudhu dan Doa Sesudah Wudhu Beserta Latin & Artinya, akhir kata semoga anda bisa mulai praktik wudhu yang benar yaitu yang sesuai sunnah, awalnya mulai wudhu itu susah namun sedikit-demi sedikit anda akan lancar dan hafal dengan sendirinya jika sering praktik wudhu.