Doa untuk Orang Sakit yang sesuai Hadist

Doa untuk Orang Sakit yang sesuai Hadist - apabila ada teman anda atau saudara yang sedang sakit maka sebaiknya anda mendoakan kesembuhan baginya, karena kita sebagai umat Islam diajarkan agar saling perduli kepada sesama umat manusia maka dari itu ikatan persaudaraan ini harus tetap dijaga. Anda perlu emngetahui adab dalam menjenguk orang yang sedang sakit yang mana salah satunya adalah mendoakan agar segera diberi kesehatan dan kesembuhan. Berikut ini adlaah beberapa doa untuk orag sakit.
Doa untuk Orang Sakit yang sesuai Hadist
Doa untuk Orang Sakit

Doa untuk Orang Sakit yang sesuai Hadist

Terdapat beberapa versi doa untuk orang sakit yang bisa anda baca sesuai dengan kondisi atau keadaan orang sakit yang kita tengok. Doa-doa dibawah ini sangat baik dibacakan agar orang yang sedang mengalami sakit bisa segera sembuh dan memulai harinya seperti biasa.

Dalam riwayat HR. Bukhari dan Muslim lainnya, Aisyah R.A. diketahui juga pernah berkata bahwa Rosululloh SAW suatu ketika berziarah pada seorang keluarganya yang tengah sakit keras. Beliau kemudian mengusapkan tangan kanannya pada kepala si sakit Sembari membaca doa untuk orang sakit berikut ini :

“Allahumma Robbannas, Adz-Hibil Ba'sa Isyfi Antasy-Syafi La Syifa'a Illa Syifa'uka Syifa'an La Yughadiru Saqoman.”
Artinya : “Ya Allah Tuhan dari semua manusia, hilangkan segala penyakit, sembuhkanlah, hanya Engkau yang dapat menyembuhkan, tiada kesembuhan kecuali dari padaMu, sembuh yang tidak dihinggapi penyakit lagi.”
Selain dari apa yang tercantum dalam hadist terkait dengan doa bagi seorang yang menjenguk, Rosululloh juga mencontohkan bagaimana seorang yang sakit untuk berdoa demi kesembuhan dirinya sendiri dengan cara meletakan tangan kanannya di bagian tubuh yang sakit sembari berdoa dengan lafal berikut: 
“Bismillah A'uudzu Bi 'Izzatillahi Wa Qudratihi Min Syarri Maa Ajidu Wa Uhaadziru”.
Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung dengan keperkasaan Allah dan kekuasaan-Nya, dari kejelekan yang aku rasakan dan yang aku khawatirkan”.
Berdasarkan riwayat HR. Bukhari dan Muslim, diketahui bahwa Aisyah R.A. pernah berkata bahwa Rosululloh SAW suatu ketika didatangi oleh seseorang yang mengeluh sakit. Beliau kemudian meletakkan jari telunjuknya ke tanah, kemudian meludahinya sedikit, dan mengusapkan jari telunjuknya itu pada bagian tubuh orang yang sakit tadi sembari melafalkan doa untuk orang sakit berikut ini:
“Bismillahi Turbatu Ardlina Biriqoti Ba'dlina Yusyfa Saqimuna Bi'idzni Robbina”.
Artinya : “Dengan nama Allah tanah kami dengan ludah setengah dari kami, semoga disembuhkan orang sakit ini dengan izin Allah”. 
Demikianlah diantaranya beberapa doa untuk orang sakit yang sesuai hadist yang bisa anda baca ketika sedang menjenguk teman atau sahabat anda yang sedang sakit di rumahnya, sehingga dengan membaca doa tersebut bisa menambah pahala bagi anda, dan diberikannya kesehatan kembali bagi orang yang di doakannya itu aamiin.