Doa Ketenangan Hati Agar Hati Tenang

Doa ketenangn hati - Dalam menjalani kehidupan ini tentunya diperlukan hati yang tenang, namun pada masa sekarang ini banyak orang yang ternyata hatinya tidak tenang biasanya dikarenakan oleh urusan duniawi yang terlalu sering dipikirkannya, apabila berkelanjutan maka dikhawatirkan hidupnya sulit untuk bisa hidup bahagia karena hatinya tidak tenang itu.
Doa Ketenangan Hati Agar Hati Tenang
Doa Ketenangan Hati

Doa dan sholat bisa menjadi penolong agar hati menjadi merasa tenang dan tentram, berikut ini adlah beberapa doa serta beberapa tips agar dapat dicapai tuujuannya yaitu hati yang tenang, doa ketenangan hati ini bisa anda baca saat sedang menghadapi masalah yang dirasa berat.

Doa Ketenangan Hati Agar Hati Tenang

Sholat dapat menentramkan dan menenangkah hati Anda yang tengah gundah gulana. Selesai sholat, berdzikirlah kemudian baca doa ketenangan hati berikut ini:
“Allohumma Inni As Aluka Nafsaan Bika Muthma-Innah, Tu'minu Biliqoo-Ika Watardhoo Bi Qodhooika Wataqna'u Bi'athooika”

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.
Bacalah lagi doa agar hati tenang berikut ini agar Anda dihindarkan dari kegusaran akan masalah yang tengah Anda hadapi. Bacalah dengan tenang sembari mengingat Alloh dan memahami artinya.
"Allohumma Innii Au'dzuubika Minalhamma Walkhujni, Wal a'jri, Wakasal, Walbujli Walhubni, Wadolidaini, Walgobatirrojali."

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang dan penindasan orang.”

Beberapa Tips Agar Hati Tenang

Setelah membaca doa ketenangan hati di atas, Islam juga mengajarkan bahwa jika kita tengah mengalami kebingungan dan keresahan sebaiknya kita tawakal dan menyerahkan semua hasil akhir kepada Alloh semata, dengan membaca Istighfar.
  • Melakukan sholat Tahajud di malam hari setelah bangun tidur agar Anda merasa semakin dekat dengan Alloh.
  • Banyakkan Istigfar Dan Berzikir dengan lafal “La haula wala quwwata illa billah” (Tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah) dan “Hasbunallaah wa ni’mal wakiil” (Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baiknya Pelindung).
  • Hindari mendengar Lagu Bertema kesedihan dan Kecewa – Kekecewaan. Lagu-lagu tersebut hanya akan membuat ketenangan hati Anda buyar dan pilu kembali.
  • Dan terakhir, sentiasa mengingati Allah dengan melafalkan doa ketenangan hati di atas.
 Akhir kata itulah dia beberapa tips agar hati tenang dan juga doa ketenangan hati yang bisa anda baca saat diperlukan, dengan demikian semoga anda segera mendapatkan hati yang tenang itu agar bisa menjalani kehidupan sehari-hari dengan perasaan bahagia.