Bacaan Ijab Kabul Mempelai Pria Bahasa Arab

Bacaan ijab kabul mempelai pria - Salah satu rukun nikah adalah dengan adanya ijab kabul, pengertian ijab adalah perkataan wali pengantin perempuan kepada pengantin laki-laki, sedangkan kabul adalah ucapan dari seorang pengantin pria yang biasanya diawali dengan kata "saya terima... dst".

Bacaan ijab kabul mempelai pria bahasa arab
Bacaan ijab kabul mempelai pria
Apabila ijab kabul sudah selesai diucapkan dan sudah dihadiri dua saksi laki-laki ataupun banyak orang yang menyaksikannya maka bisa dikatakan bahwa telah sah nikahnya. Tidak ada kalimat tertentu dalam sebuah ijab kabil, namun jika ada kalimat yang umumnya diketahui masyarayak sebagai kalimat ijab kabul maka sah juga nikahnya.

Sebuah Rukun Nikah Ijab Qobul  adalah hal yang Wajib, Pengertian Ijab adalah  Sebuah tutur kata yang di kemukakan (dikatakan) oleh seorang Wali dari mempelai Wanita kepada mempelai pria.

Bacaan Ijab Kabul Mempelai Pria Bahasa Arab

Akad nikah dinyatakan sah dengan bahasa apapun, walaupun orangnya bisa bahasa Arab. Ini adalah pendapat Hanafiyah, Syafi’iyah – menurut keterangan yang lebih kuat –, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, dan Ibnu Qudamah. Dalam hal ini kedudukan bahasa non-Arab dengan bahasa Arab sama saja. Karena Orang yang menggunakan bahasa selain Arab, memiliki maksud yang sama dengan orang yang berbahasa Arab.
TEKS IJAB :
اَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَا نِ الرَّجِيْمِ * بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِِِ الرَّحِيْمِ *
اَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمِ … ×3 مِنْ جَمِيْعِ الْمَعَاصِيْ وَالذُّنُوْبِ وَاَتُوْبُ ِالَيْهِ
اَشْهَدُ اَنْ لآاِلَهَ اِلاَّالله ُ * وَ اَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ اللهِ *
بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُِللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ للهِ سَـيِّدِنَا مُحَمَّدِ ابْنِ عَبْدِاللهِ وَعَلى آلِهِ وَاَصْحَا بِهِ وَمَنْ تَبِـعَهُ وَنَصَـَرهُ وَمَنْ وَّالَهُ – وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ اَمَّا بَعْدُ : أُوَصِيْكُمْ وَاِيَّايَ بِتَقْوَي الله فَقَدْ فَازَالْمُتَّقُوْن -
يَا ……….. بِنْ ………… ! اَنْكَحْـتُكَ وَزَوَّجْـتُكَ ِابْنَتِيْ ………………………….. بِمَهْرِ ………….. نَـقْدًا.

TEKS QOBUL :

قَبِلْتُ نِكَاحَهَا وَتَزْوِيـْجَهَا بِالْمَهْرِالْمَذ ْكُوْرِ نَـقْدًا
 bacaan ijab qobul bahasa arab

Bacaan ijab

“Saya nikahkan anda dengan putriku” Jika disebutkan namanya maka statusnya hanya menguatkan.

Bacaan Ijab Kabul Mempelai Pria

 SAYA TERIMA NIKAHNYA DAN KAWINNYA
(......Nama Pengantin Wanita.....) BINTI (......Nama Ayah Pengantin Wanita.....)
DENGAN MASKAWINNYA YANG TERSEBUT TUNAI.

Bagaimana mudah bukan untuk mengucapkan ijab kabul bagi anda yang merupakan seorang mempelai pri amaka anda membaca kabul yaitu "saya terima nikah dankawinnya.... dst " sesuai yang dicontohkan diatas.

Dengan demikian telah selesai artikel mengenai bacaan ijab kabul mempelai pria bahasa arab, kesimpulannya anda sebagai mempelai pria tidak harus mengucapkan doa ijab qobul bahasa arab, cukup memakai bahasa yang mudah dimengerti dimasyarakat di sekitar anda.