Pengertian, Struktur Teks dan Contoh Teks Cerita Sejarah

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lengkap semua tentang teks cerita sejarah. Yaitu yang akan kita bahas mengenai teks cerita sejarah antara lain pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan dan contoh teks cerita sejarah yang semoga bisa membantu mengisi soal dan tugas bahasa indonesia para pelajar siswa dan siswi di kelas.
Pengertian, Struktur Teks dan Contoh Teks Cerita Sejarah
Pengertian, Struktur Teks dan Contoh Teks Cerita Sejarah

Pengertian teks cerita sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang didalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi asal muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah.

Struktur Teks Cerita Sejarah

Struktur teks merupakan gambaran cara teks tersebut dibangun. Teks cerita sejarah disusun dengan struktur teks orientasi cerita sejarah diikuti oleh urutan peristiwa dan diikuti oleh reorientasi. Mari lihat penjelasannya dibawah ini agar dapat lebih mudah dimengerti.
  1. Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
  2. Urutan Peristiwa, merupakan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis.
  3. Reorientasi, berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Bagian ini merupakan tahapan yang bersifat pilihan, artinya boleh saja bagian ini tidak disajikan oleh penulis teks cerita sejarah.

Contoh Teks Cerita Sejarah

 Fatahillah mengubah nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta pada 22 Juni 1527. Tanggal inilah yang kini diperingati sebagai hari lahir kota Jakarta. Orang-orang Belanda datang pada akhir abad ke-16 dan kemudian menguasai Jayakarta.

Nama Jayakarta diganti menjadi Batavia. Keadaan alam Batavia yang berawa-rawa mirip dengan negeri Belanda, tanah air mereka. Mereka pun membangun kanal-kanal untuk melindungi Batavia dari ancaman banjir. Kegiatan pemerintahan kota dipusatkan di sekitar lapangan yang terletak sekitar 500 meter dari bandar.

Mereka membangun balai kota yang anggun, yang merupakan kedudukan pusat pemerintahan kota Batavia. Lama-kelamaan kota Batavia berkembang ke arah selatan. Pertumbuhan yang pesat mengakibatkan keadaan lilngkungan cepat rusak, sehingga memaksa penguasa Belanda memindahkan pusat kegiatan pemerintahan ke kawasan yang lebih tinggi letaknya. Wilayah ini dinamakan Weltevreden.

MENGAMATI kota Jakarta bagaikan membaca catatan panjang yang merekam berbagai kejadian masa lalu. Berbagai bangunan dan lingkungan di Jakarta menyimpan jejak-jejak perjalanan masyarakatnya, bagaimana mereka bersikap menghadapi tantangan zamannya, memenuhi kebutuhan hidupnya dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Ia menyimpan suka-duka dan pahit-manisnya perkembangan, di mana kita dapat menyerap pelajaran yang berharga.

Jakarta, Ibukota Republik Indonesia, memiliki banyak rekaman sejarah. Antara lain dalam bentuk bangunan maupun lingkungan. Di dalamnya tercermin upaya masyarakat masa lalu dalam membangun kotanya yang tak luput dari berbagai masalah dari zaman ke zaman. 
Demikianlah informasi tentang Pengertian, Struktur Teks dan Contoh Teks Cerita Sejarah, dengan membaca artikel blog pendidikan ini semoga bisa menambah ilmu pengetahuan bahasa indonesia anda, setelah disertakan contoh teks cerita sejarah, semoga kalian mampu untuk membuat sendiri teks sejarah yang semisal itu.