Perlawanan Kaum Padri

Beberapa diantara kalian mungkin pernah membaca mengenai perlawanan kaum padri, pada pelajaran sejarah kesempatan hari ni kita akan mencoba membahas beberapa hal yang penting yang akan disampaikan berikut ini, mari simak artikelnya.
Perlawanan Kaum Padri
Perlawanan Kaum Padri


Perlawanan Kaum Padri (1821-1837)

Kaum Padri adalah kelompok masyarakat yang ingin menegakkan agama Islam dari tindakan-tindakan yang menyimpang dari ajaran Alquran. Tokoh kaum Padri yang terkenal adalah Tuanku Imam Bonjol, Tuanku nan Cerdik, Tuanku Pasaman, dan Tuanku Hitam. Gerakan tersebut muncul di Minangkabau. Sikap itu mendapat tentangan keras dari kaum Adat. Kaum adat merupakan kaum yang tetap ingin mempertahankan kebiasaannya. Akibat pertentangan itu, masyarakat Minangkabau terpecah menjadi dua kelompok yang saling bermusuhan. Puncak permusuhan itu menyebabkan terjadinya Perang Padri. Permusuhan makin sengit ketika kaum Adat meminta bantuan kepada Belanda. Oleh karena itu, kaum Padri juga memusuhi Belanda. 
Tuanku Pasanian dengan pasukannya menyerang pos Belanda di Semawang, Soliair, dan Lintau Sipinang pada bulan September 1821. Karena kewalahan, Belanda akhirnya mengerahkan segala kekuatan dengan dibantu kaum Adat bertempur melawan Tuanku Pasaman. Serangan itu berhasil mendesak kaum Padri. Belanda pun mendirikan Benteng Fort van der Cappelen di Batusangkar.
Pada tanggal 10 Juni 1822, pasukan Belanda di Tanjung Alam diserang kaum Padri. Pada tanggal 14 Agustus 1822, pasukan Tuanku Nan Renceh menyerang Belanda di daerah Baso sehingga Belanda terdesak. Bahkan, Kapten Goffinet luka parah. 
Ketika Raaff menjabat residen, Belanda mengajak damai kaum Padri. Pada tanggal 22 Januari 1824, Belanda berhasil mengadakan perundingan damai dengan kaum Padri di Bonjol. Akan tetapi, Tuanku Damasiang menolaknya. Akibatnya, Kota Lawas diserang Belanda dan Tuanku Damasiang menyerah. Peristiwa itu menimbulkan amarah kaum Padri di Bonjol. Mereka bangkit dan mengobarkan peperangan lagi. Pos Belanda di Saruaso diserbu dan membawa banyak korban di pihak Belanda. Di Tanjung Alam dan Agam terjadi serangan. terhadap Belanda pimpinan Kapten Bauer (April 1825). 
Meletusnya Perang Padri di Sumatera Barat pada tahun 1825 bersamaan waktunya dengan Perang Diponegoro di Jawa Tengah. Kedudukan Belanda bertambah sulit karena harus mengirimkan pasukannya ke Jawa. Belanda kembali mengajak damai kaum Padri dengan menandatangani perjanjian di Padang pada tanggal 15 November 1825. Mulai saat itu antara Belanda dan kaum Padri melakukan gencatan senjata. 

Gencatan senjata antara Belanda dan kaum Padri tidak berlang-sung lama karena Belanda ingkar janji sehingga perlawanan berkobar lagi. Pertempuran terjadi di Bonjol dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol, Tuanku nan Gapuk, dan Tuanku Hitam. Pada tanggal 12 Desember 1829, kaum Padri yang dipimpin Tuanku nan Cerdik di Pariaman berhasil mengalahkan Belanda pimpinan Kapten de Richemont. Di pihak Belanda banyak jatuh korban. Sementara itu,kaum Adat yang merasa kalah ditinggalkan oleh Belanda. Belanda merasa kecewa dan berbalik memusuhinya. Setelah Perang Diponegoro di Jawa selesai, van den Bosch mengirimkan bantuan militer dan persenjataan dari B atavia ke Minangkabau. Di dalamnya ikut Sentot Prawirodirjo dan prajuritnya yang telah menyerah kepada Belanda. Pasukan Belanda yang makin kuat akhirnya dapat mendesak kaum Padri dan menduduki beberapa daerah penting. Kaum Padri terus bertahan dan menyerang pos-pos Belanda yang lemah.
Sampai pada tahun 1836, kaum Padri belum dapat dikalahkan Belanda. Pada tahun 1837, Belanda di bawah pimpinan Kolonel Michiels mengadakan serangan besar-besaran terhadap kaum Padri di Bonjol. Kaum Padri berjuang mati-matian mempertahankan Benteng Bonjol. Akibat persenjataan yang kurang, pada tahun 1837 Benteng Bonjol jatuh ke tangan Belanda. Tuanku Imam Bonjol tertangkap dan dibuang ke Cianjur dan kemudian dipindahkan ke Minahasa hingga wafat (1864). Tuanku Imam Bonjol dimakamkan di Pineleng dekat Manado.
 Baca juga:
 Itulah sekilas mengenai sejarah Perlawanan Kaum Padri, masih banyak lagi sebenarnya yang ingin kami sampaikan tapi karena waktu yang saat ini tidak mendukung, semoga artikel sejarah ini bermanfaat menambah wawasan anda, dan memperluas peneahuan anda dibidang sejarah.