Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Pada mata pelajaran bahasa indonesia ini akan mempelajari contoh teks laporan hasil observasi dengan bermacam tema teks observasi seperti lingkungan, alam, dan juga sekolah. Contoh teks observasi yang kami berikan ini tentu saja sudah sesuai struktur dan juga sudah sesuai dengan kaidah 5W+1H yaitu when what where why who dan how yang artinya kapan, apa, dimana, mengapa, siapa dan bagaimana.
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan observasi sendiri adalah teks yang memuat klasifikasi mengenai suatu jenis hal berdasarkan kriteria tertentu yang bersifat global dan universal.

Teks laporan hasil observasi ini memiliki 3 struktur, diantaranya yaitu.
  1. Deskripsi Bagian.
  2. Deskripsi Manfaat.
  3. Definisi Umum.

Selain struktur teks, teks hasil observasi ini juga punya 5 kaidah kebahasaan yang membuat teks ini menjadi khas dan agar tidak sulit diketahui bahwa jenis teks ini adalah teks laporan hasil observasi. Berikut 5 kaidah kebahasaannya.
  1. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan KBBI.
  2. Membahas objek tunggal.
  3. Tidak ada bagian penutup dari penulis.
  4. Merupakan hasil dari pengamatan atau penelitian terbaru dan terkini.
  5. Bersifat universal.

 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Minuman ada yang berkhasiat bagi tubuh, ada juga yang hanya sebagai penghilang rasa haus. Minuman yang berkhasiat bagi tubuh dapat dibuat sendiri, bisa dibuat dari sayuran dan buah – buahan yang di blender dan menghasilkan jus. Jus banyak mengandung vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan, dan bermanfaat bagi daya tahan tubuh. Minuman yang hanya menghilangkan rasa haus juga banyak beredar, seperti air putih dalam kemasan yang diminum dalam keadaan haus atau minuman kemasan  yang tidak mengandung vitamin dan serat.
Baca juga: kumpulan teks cerita sejarah beserta strukturnya

 Itulah bahasan singkat tentang Contoh Teks Laporan Hasil Observasi, semoga dengan penjelasan diatas beserta contohnya akan memudahkan anda dalam memahami teks laporan hasil observasi serta anda mampu membuat sendiri Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dengan tanpa kesulitan yang berarti.