Definisi Pengertian & Arti Kata Tenggang Rasa

Definisi Pengertian & Arti Kata Tenggang Rasa  - Tenggang rasa yaitu sikap menghargai dan menghormati perasaan orang lain serta dapat menempatkan diri dalam situasi yang dialami orang lain sehingga dia dapat ikut merasakannya. Untuk dan mengamalkan nilai keagamaan diperlukan sikap tenggang rasa untuk mewujudkan dan mengembangkan sikap hormat menghormati dan kerja sama antarpemeluk agama yang tidak sama.
Definisi Pengertian & Arti Kata Tenggang Rasa
wujud tenggang rasa

Definisi Pengertian & Arti Kata Tenggang Rasa

Implementasi sikap tenggang rasa ini, antara lain, dapat berupa pengendalian diri untuk tidak mencela agama atau pemeluk agama lain. Kita harusnya memberi kesempatan kepada orang lain untuk menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran dalam agamanya.
Apabila suatu waktu kita yang menjalankan ibadah, orang yang beragama lain tidak mengganggu jalannya ibadah kita. Ini adalah salah satu bentuk tenggang rasa dalam kehidupan beragama. Bangsa Indonesia yang berkepribadian Pancasila terdiri atas berbagai suku, adat istiadat, bahasa, dan agama. 
Mengapa hal ini dapat terwujud? Jawabnya, adalah karena adanya sikap tenggang rasa demi kesatuan dan persatuan bangsa. Kita mungkin berbeda suku dan adat-istiadat dengan orang lain. Namun dalam kita menjalin persahabatan masih tetap dapat akrab. Hal ini dapat terwujud karena hal-hal berikut.
  • hormatilah suku atau adat-istiadat orang lain, jangan merendahkannya.
  • terimalah perbedaan itu sebagai suatu ha yang memperkaya pengetahuan kita, makin banyak kita bergaul dengan orang lain yang berbeda suku atau adat, makin banyak juga pengetahuan yang kita peroleh, misalnya, mengetahui kebiasaanakebiasaannya, tutur sapanya, bahasanya, dan lain-lainnya.
  • pandai rnenempatkan diri dalam menghadapi perbedaan itu. Misalnya, kita diundang makan di rumah teman ikutilah caranya. 
Demikianlah informasi mengenai Definisi Pengertian & Arti Kata Tenggang Rasa Sebagai umat beragama, kita juga perlu memiliki tenggang rasa dalam menjalankan perintah dalam ajaran agama masing-masing. Sekian dan semoga bermanfaat untuk anda.