Pengertian Limbah Organik dan Anorganik berikut Contoh

Pada pelajaran Biologi akan membahas pengertian limbah organik dan pengertian limbah anorganik. Berdasarkan info dari wikipedia, limbah merupakan hasil buangan  dari produksi rumah tangga maupun pabrik. Limbah dibagi menjadi dua macam yaitu limbah organik dan anorganik.

Pengertian limbah organik dan anorganik berikut contoh

Pengertian limbah organik dan anorganik berikut contoh

Limbah organik adalah limbah yang masih bisa diuraikan kembali oleh bakteri. Umumnya limbah atau sampah organik tersebut dari sisa aktivitas manusia atau hewan yang bisa diuraikan. Contoh dari limbah organik adalah sebagai berikut:
1. sisa-sisa makanan
2. dedaunan
3. kulit telur
4. kulit pohon
5. kotoran hewan
6. sisa sayuran di dapur
7. tulang hewan

kotoran hewan seperti sapi dan kerbau banyak dijadikan bio gas. Gas yang dihasilkan dapat dijadikan alternatif energi untuk keperluan memasak dapat menghemat kebutuhan biaya rumah tangga. Pengolahan limbah organik ini mudah. Bisa dijadikan pupuk atau kompos. Kalian perlu mencoba membuat kompos dari sisa-sisa sampah organik di rumah kamu. Kompos tersebut digunakan untuk merawat tanaman di sekitar rumahmu.

Pengertian limbah anorganik adalah limbah atau sampah yang tidak mampu diuraikan kembali oleh dekomposer (bakteri). Contoh limbah anorganik adalah
1. sisa sabun cuci
2. sampah plastik
3. sampah kain
4. limbah pabrik
5. limbah minyak
6. sampah botol plastik
7. sampah logam
Botol bekas air minum bisa dijadikan kerajinan tangan sebagai hiasan dinding. Sampah logam misalnya besi, baja, dan logam lainnya bisa kalian leburkan kembali untuk dijadikan bahan baku dan juga bahan lainnya. Tentunya tidal mudah untuk mengolah limbah pabrik atau cairan ini. Banyak air yang tercemar sehingga mengganggu kehidupan ekosistem di sungai, danau, dan laut. Tiap tahun jumlah ikan di sungai dan laut semakin berkurang sebab pembuangan limbah pabrik yang tidak pada tempatnya

 Demikianlah Pembahasan pelajaran biologi tentang pengertian limbah organik dan anorganik berikut contoh, dengan mengatahui pengertian dan juga contohnya diharapkan bisa menambah ilmu pengetahuan anda.