Cara Memegang Lembing

Cara memegang lembing - Dalam mempelajari cabang atletik olahraga lempar lembing, salah satu yang menjadi penentu kesuksesan dalam olahraga ini adalah bagaimana posisi tangan dalam memegang lembing. Ada 3 cara memegang lembing yang banyak digunakan oleh pelempar lembing, diantaranya sbb:
Cara Memegang Lembing
Cara Memegang Lembing


Cara melakukan lempar lembing

Cara Finlandia dengan cara sebagai berikut.
Cara Finlandia dicirikan dengan menempatkan ibu jari dan jari tengah di ujung lilitan pegangan. Kedua jari inilah yang memberikan kekuatan pada pegangan lembing. Jari telunjuk hanya menunjang lembing dengan cara diluruskan di bawah lembing dan jari kelingking dan jari manis ditempatkan di atas lilitan.
  • Jari tengah melingkari pegangan lembing pada tepi belakang dan bersentuhan dengan ibu jari yang lurus memegang di tempat itu juga.
  • Jari telunjuk memegang lembing di belakang pegangan agak lurus dan segaris dengan lengan.
  • Dua jari yang lain berimpit dan melingkari pegangan lembing agak renggang dengan jari tengah.
Dengan cara itu tarikan pada bagian tepi belakang pegangan lembing dilakukan oleh jari tengah.
Cara Amerika dengan cara sebagai berikut.
Cara Amerika ditunjukkan dengan menempatkan ibu jari telunjuk di ujung lilitan pegangan dengan ketiga jari yang lain melingkar di sekitarnya. Letak kekuatan pegangan ada di jari telunjuk dan ibu jari. Lembing ditempatkan di tengah-tengah telapak tangan.
  • Jari telunjuk memegang bagian belakang lembing.
  • Ibu jari dalam keadaan lurus diletakkan pada lembing di belakang tepi pegangan.
  • Tiga jari yang lain berimpit agak renggang dengan jari telunjuk memegang pada pegangan lembing.
Dengan cara ini yang memegang peranan dalam melempar adalah jari telunjuk.

Cara Tang dengan cara sebagai berikut.
Cara tang adalah cara yang sudah jarang dipakai karena kurangnya kuat dukungan yang diberikan oleh jari yang memegang lembing. Cara ini dilakukan menempatkan lembing di antara jari telunjuk dan jari tengah.

Cara melakukan lempar lembing itu saja yang dapat kami sampaikan kepada anda dalam mata pelajaran pendidikan jasmani ini, semoga anda bisa mempraktekan cara memegang lembing yang benar sehingga anda mendapat nilai yang lumayan.