Cara Niat & Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid

rukunsholat.co | Cara Niat & Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid. Alangkah baiknya dari sejak awal kita terlebih dahulu mengetahui doa dan tata cara mandi wajib setelah Haid, sebab seorang perempuan kalau seandainya sehabis haid tidak melaksanakan mandi wajib terus melaksanakan shalat maka sholatnya tidak dianggap sah sebab suci dari haid itu termasuk syarat sah sholat wajib atau sunnah.
Cara Niat & Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid
Cara Niat & Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid


Mandi wajib yaitu mandi yang perlu dilakukan oleh seorang muslim untuk membersihkan dirinya dari hadas besar dengan melakukan rukun-rukun yang telah di tetapkan dalam agama islam diantaranya adalah niat dalam hati, dan membasahi seluruh anggota badan yang dzahir, setidaknya dengan menyiramkan air ke seluruh badan dari ujung kepala hingga ujung kaki secara merata terkena air.

Cara Niat & Bacaan Doa Mandi Wajib Setelah Haid

Ini adalah tata cara niat dan doa mandi wajib  dalam bahasa arab, latin lengkap dengan artinya dengan memiliki dua kewajiban sbb:

1. Niat dalam hati sedangkan membaca niat dalam lisan itu hukumnya sunat sebagai mana bacaan doanya adalah:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIROF'I KHADATSIL KHAIDHI LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :Saya niat mandi untuk menghilangkan hadats haid karena Allah Ta'ala

*) ada perbedaan pendapat tentang membaca niat ini, tapi sebaiknya yang perlu anda lakukan adalah yang sesuai dicontohkan Rasulullah.

2. Membasuh seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki secara merata.

Adapun tata cara membaca do'a atau niat mandi wajib itu ialah bersamaan dengan Air ketika kena kesebahagian tubuh kita, misalnya kita memulai membasuh badan dari kepala maka begitu air kena kekepala maka disitulah Niat dibacakannya, tapi kalau seandainya kepala sudah dibasuhi bahkan air sudah mengalir sampai kepundak baru membacakan Niat itu kepala hukumnya masih belum suci yang diperhitungkan sucinya adalah dari pundak kebawah, maka kepala wajib dibasuh ulang kembali.

Hal-Hal Yang Sunnah Sebelum Mandi Wajib

1. Mendahulukan membasuh semua kotoran dan najis yang ada di badan
2. Membaca ” Bismillaahir-rahmaanir-rahiim” pada awal mandi
3. Menghadap kiblat sewaktu mandi dan mendahulukan bagian kanan dari pada kiri
4. Membasuh badan sampai 3x (tiga kali)
5. Membaca doa sebagaimana membaca doa sesudah berwudhu
6. Mendahulukan mengambil air wudhu, yakni sebelum mandi disunakan berwudhu terlebih dahulu

Demikianlah informasi yang mampu kami sajikan kepada anda mengenai cara niat dan bacaan doa mandi wajib setelah haid, semoga dengan membaca artikel ini menambah wawasan dan ilmu penetahuan agama anda khususnya para muslimah, sekian dan terimakasih.