Senin, 04 Agustus 2014

Video
Text

VISUAL C# No.46: Mengenal Dataset dan penggunaannya pada ADO.NET


Dataset merupakan komponen yang sering digunakan dalam arsitektur ADO.NET. Sudahkan anda mengenal Dataset? Komponen ini merupakan tempat dimana kita bisa menyimpan sementara data kita pada memori RAM (memori cache data).

Dataset adalah komponen yang mampu menampung dan mengoleksi banyak DataTables pada memori kerja dalam format XML. Sehingga sangat membantu sekali saat kita bekerja dengan banyak tabel yang kompleks. Hi, wait, sudahkah anda mengenal Datatable?

Kita bisa membuat Dataset secara manual dengan memanggil Dataset instance, bahkan bila anda membuat Database (SQL SERVER) pasti secara otomatis Visual Studio akan membuatkan Dataset untuk anda yang bisa anda setting dengan mudah.



Praktek penggunaan Dataset

Kita akan langsung mempraktekkan penggunaan Dataset untuk menampung banyak Datatables. Pada kode contoh berikut, kita akan membuat dua buah Datatable, yaitu tabel siswa dan tabel matapelajaran, semuanya kita kondisikan dan kita masukan kedalam Dataset ‘on the fly’ dalam format XML.


Pada kode di atas, kita membuat table1 yang merupakan tabel siswa, dan table2 yang merupakan tabel mata pelajaran, setelah itu, membuat Dataset on the fly, kemudian memasukan table – table tadi kedalam Dataset.
Perhatikan kode berikut:

DataSet MyDataset = new DataSet("percobaan");

Maksud dari kode tersebut adalah kita membuat Dataset dengan nama “percobaan”, sehingga bila kita mengetikan:

Console.WriteLine(MyDataset.DataSetName);

Akan menampilkan “percobaan” pada console.
Method DataSetName selain menampilkan DatasetName, juga bisa digunakan untuk mengganti nama Dataset.

MyDataset.DataSetName = “Datasetku”;
Console.WriteLine(MyDataset.DataSetName);
//akan mereturn nama yang baru “Datasetku”.

Terakhir adalah men-display apa yang sudah masuk di dalam dataset, tentu saja kita bisa melakukannya dalam bentu xml pada console.
Sangat mudah bukan? Perhatikan dan cobalah baca kodenya.
Lihat gambar 1:


Tidak hanya sebatas kode seperti di atas, kitapun bisa menggunakan ‘using statement’ seperti pada kode berikut ini:


Dataset berformat XML

Ya, XML adalah sebuah format portable yang sekarang digunakan dimana – mana. Sebagai contoh dari isi Dataset sudah anda lihat pada tulisan di atas.

Selain penggunaan getXml() method untuk mendisplay format XML, anda juga bisa menggunakan getXmlSchema() untuk menampilkan xml schema dari Dataset kita.

Lihat gambar 1.1:


Nah, berkaitan dengan XML, tentu bila hanya XML raw seperti contoh di atas kuranglah komplit. Terkadang Kita perlu menambahkan ‘Namespace’ dan ‘Prefix’ kedalam XML agar lebih mudah untuk parsing pada Aplikasi yang kita buat.
Pada kode berikut, kita akan mencoba menambahkan ‘Prefix’ dan ‘Namespace’ pada Dataset.


Hasil dari penambahan ‘Namespace’ dan ‘Prefix’ dapat anda lihat pada screenshot berikut ini,
Lihat gambar 2:


Anda bisa lihat, kita sudah menambahkan ‘Namespace’ dan ‘Prefix’. Untuk sementara xml kita biarlah seperti ini, modifikasi tingkat lanjut akan kita bahas pada tutorial – tutorial berikutnya, atau anda bisa mengembangkannya sendiri.

Operation dalam Dataset: Clear, Copy

Telah kita ketahui bahwa Dataset merupakan Collections, nah, Dataset menyediakan operasi Clear untuk menghapus semua isi Dataset. Juga menyediakan operasi Copy untuk mengcopy Dataset. Sebagai contoh bisa dilihat pada kode berikut ini:



Nah, bisa anda lihat, kita membuat Dataset baru yang merupakan hasil copy dari Dataset pertama, setelah dicopy, Dataset pertama kemudian kita hapus isinya dengan operasi ‘Clear’. Hasil dari kode bisa anda lihat pada screenshot di bawah.
Lihat gambar 3:


Mudah bukan gambaran tentang Dataset?? Ingat, dataset merupakan tempat koleksi data – data dalam RAM (memori cache data). Untuk menyimpan data dalam hardisk anda bisa menggunakan Database SQL server.

Tutorial ini merupakan tutorial dasar Dataset, banyak hal yang bisa kita kembangkan dan bisa kita pelajari tingkat lanjut dari Dataset ini seperti:
*Dataset with Database SQL
*DataTable Relations pada Dataset
*Merging data pada Dataset
*Dataset eventHandling
*LinQ to Dataset
*dan lain – lainnya


Demikian tutorial tentang Dataset, silahkan anda pelajari lebih lanjut, semoga bermanfaat.
Salam,

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar