Rabu, 26 Maret 2014

Video
Text

VISUAL C# No.40: Penerapan Oracle Database pada DataGridView (ADO.NET SERI 3)


ADO.NET SERI 1 : Penerapan OleDb dan SQL SERVER pada DataGridView [Halaman sebelumnya]
ADO.NET SERI 2 : Penerapan ODBC pada DataGridView [Belum]
ADO.NET SERI 3 : Penerapan Oracle Database pada DataGridView [Halaman ini]

Pada tutorial sebelumnya, (ADO.NET SERI 1 yang lalu) kita telah membahas tentang penerapan OleDb dan SQL SERVER pada komponen DataGridView. Nah, pada tutorial ini, kita akan juga membahas tentang salah satu database skala raksasa terkenal di dunia dengan C# dan DataGridView.

Apakah database itu?? Yup, Oracle.



Note:
Pada tutorial ini saya menggunakan:
- Oracle XE 11.2g
- Visual Studio 2013 Update 1
- .NET 4.5
- Kita juga menggunakan data provider System.Data.OracleClient; yang sebetulnya sudah tidak dikembangkan lagi (deprecated) sejak .NET 4 tetapi anda masih bisa menggunakan selama Visual Studio masih terdapat references untuk OracleClient baca http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=144260

Sebagai gantinya (untuk yang kurang puas bila menggunakan *deprecated ini) anda bisa menggunakan “Oracle Developer Tools For Visual Studio” di http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=253558

Lihat gambar 1:



Nah, mari kita lanjut.......

Ingat, Oracle bukanlah portable database seperti yang kita bahas sebelumnya (OleDb / ms.access dan SqlServer), sehingga anda harus menginstallnya terlebih dahulu dari http://oracle.com , saya menggunakan versi express XE 11.2g
Ok, kode – kode kita masih mirip dengan tutorial sebelumnya (mudah – mudahan kode ini bisa digunakan sebagai standard dalam olah db di MediaTutorial).

Nah, pertama kali yang ingin kita lakukan adalah membuat koneksi, yup, membuat koneksi dan mengeceknya apakah sudah betul – betul konek belum.
Langkah – langkahnya:

1.STEP 1: Buat project C# baru – pilih Windows Form (Saya yakin semua sudah pada bias ya,,)
2.STEP 2: Tambahkan OracleClient references ke dalam project.

Kenapa perlu menambahkan OracleClient?? Yup, karena secara default belum masuk ke dalam refereces, sehingga saat anda mengetikan using System.Data.OracleClient, maka Visual Studio akan menginformasikan bahwa namespace untuk reference tersebut tidak tersedia. Berbeda dengan OleDb, OdBc, dan SqlClient yang secara default sudah tersedia.

Lihat gambar 2:


Lalu bagaimana cara menambahkan reference nya??

Silahkan lihat solution explorer – klik kanan References – pilih add references – lihat dan pilih System.Data.OracleClient.

Lihat gambar 3:


Nah, sekarang kita bias menggunakan OracleClient directive pada tutorial kita.
Lihat gambar 4:


3.STEP 3: Langkah berikutnya, mari kita buat koneksi ke Oracle (Pastikan anda sudah menginstall Oracle Database pada komputer anda)
Untuk bisa berkoneksi, terlebih dahulu kita harus tahu Connection String untuk Oracle ini, nah, anda bisa melihatnya di http://connectionstring.com atau bisa juga menggunakan cara berikut:

a.Coba perhatikan Window Server Explorer di sebelah kiri atas Visual Studio anda (VS 2013), buka dan kemudian klik kanan data connection – pilih Add Connection…

Lihat gambar 5:


Dari Add connection yang muncul, anda tinggal memilih “Oracle Database” sebagai data sourcenya kemudian click continue...

Lihat gambar 6:


Nah, dari window add connection, isikan Authorization dari Oracle Database anda (Nama Server, Username, Password), setelah itu untuk membuktikan sudah konek apa belum, anda bisa click tombol “Test Connection”. Bila koneksi berhasil maka Visual Studio akan menampilkan Window kecil bahwa koneksi kita telah berhasil.

Lihat gambar 7:


Setelah test koneksi berhasil, anda tinggal klik “OK” saja, kemudian lihat “Properties Window” untuk oracle server kita ini, disana otomatis terlihat connection string yang dapat kita gunakan. Kita bisa meng-copy paste connection string ini ke dalam kode kita.

Lihat gambar 8:


Nah, setelah kita mendapatkan connection stringnya, saatnya sekarang kita melanjutkan pengetikan kodenya.

4.STEP 4: Buat kode untuk “Make Connection” dan “Close Connection”.
Di sini kita akan membuat sebuah method / function makeConnection() dan closeConnection(). Dua buah method ini kita gunakan untuk membuka koneksi ke Oracle dan menutup koneksi database Oracle.
Sama seperti pengkodean pada tutorial – tutorial sebelumnya, terlebih dahulu kita mendefinisikan variable – variable yang akan kita gunakan.

Lihat gambar 9:


Di sini kita membuat tiga buah variable, connString kita gunakan untuk connection string nantinya, kemudian Boolean is_connecting yang berisikan true dan false kita gunakan sebagai indikasi sedang koneksi atau belum, bila sedang koneksi maka nilai dari is_connecting adalah true.

Kemudian variable yang berikutnya adalah connection, yang merupakan class OracleConnection.

Mudah bukan?, mari lanjut ke kode berikutnya.

Lihat kode berikut ini:


Anda bisa lihat, method kita sangat mudah sekali, nilai dari variable connString yang sebelumnya kosong dapat anda isi dengan copy paste connectionstring dari Oracle Properties yang sudah kita bahas di atas.

Nah, setelah itu, kita menggunakan connString ini pada kode:

connection = new OracleConnection(connString);

kode di atas kita membuat sebuah object baru dari class OracleConnection.
lalu kita memanggil method open dari object yang kita buat tadi dalam try dan catch.

connection.Open();

Saat sedang terkoneksi inilah kita akan memberikan nilai true pada is_connecting variable.
Mudah bukan, coba lihat codenya dan baca, pasti langsung bisa memahami.
Nah, selanjutnya kita akan membuat closeConnection().



Nah,, pada method closeConnection ini jauh lebih mudah lagi bukan, kita hanya memanggil connection.close() bila is_connecting sama dengan true. Mudah bukan??

Nah, coba sekarang panggil method makeConnection() , debug saja kodenya, lihat Window Output, maka anda nanti akan mendapatkan tampilan tulisan dari Console.Writeline();

Lihat gambar 10:


Ah, ada satu pertanyaan, bagaimana cara memanggil fungsi makeConnection() – nya?
Gampang, anda tinggal memanggilnya aja dari constructor nya,
Lihat gambar 11:


SIIIPP… berhasil koneksi bukan???

Perlu diketahui bahwa semua yang kita lakukan di atas hanyalah untuk buka koneksi dan tutup koneksi, kita belum meloading data sama sekali dari Oracle Database. Nah, saatnya kita memperagakan cara meloading data dari database dan menampilkannya pada DataGridView.

Ingat, pastikan anda telah menginstall Oracle Database, pastikan juga anda telah memiliki sebuah tabel dan isi nya pada database oracle kita.


Catatan:
Saat kita menginstall Oracle Database, secara otomatis Oracle akan membuat sebuah database default dengan nama “XE”, port: 1521, username: system, dan pasword: sesuai saat kita melakukan installasi.

Anda pasti mengalami kesulitan saat baru saja install, nah, maka dari itu, untuk membuat database lain, membuat tabel, mengisikan data ke dalam tabel, anda bisa menggunakan software “Oracle Sql Developer” yang dapat anda download di http://www.oracle.com/technetwork/developer-tools/sql-developer/overview/index.html , saya sendiri menggunakan Oracle Sql Developer versi 4.0,

Nah, silahkan anda baca – baca, eksplorasi, download, pelajari, kemudian cobalah buat tabel, cobalah isikan data pada tabel tersebut. Bila sudah, mari kita lanjut ke Visual Studio kita.
:)

5.STEP 5: Mari kita buat method untuk meloading data dan menampilkannya pada dataGridView komponen.
Terlebih dahulu, drag and drop dataGridView component ke dalam Windows Form kita, kemudian jangan lupa untuk memberikan nama untuk dataGridView ini. Saya memberikan nama “dataGridViewPhonebook” :)

Lihat gambar 12:


Nah,,, sip,, setelah ini, mari kita buat method loadingData() , perhatikan dan baca kode berikut ini:



Perhatikan,
•Kita menggunakan OracleCommand untuk query serta OracleDataAdapter untuk penyesuaian data, kemarin kita menggunakan SqlCommand dan SqlDataAdapter saat database kita Sql server.
•Kita juga menggunakan OleDbCommand dan OleDbDataAdapter pada tutorial sebelumnya saat database kita ms.access.
•Mudah bukan???

Silahkan anda debug, dan lihat hasil akhirnya,
Lihat gambar 13:


Sahabat MediaTutorial (Fajar Satria) juga telah membuat tutorial tingkat lanjut untuk C# dan Oracle ini, bisa anda baca di http://www.mediatutorial.web.id/2014/03/modul-visual-basic-csharp-oracle-fajar-satria.html
Berikut adalah kode full nya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa kembali pada tutorial berikutnya,
Salam,




Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar