Senin, 03 Maret 2014

Video
Text

C++ No.17: Membuat Hello World dengan class dan header


Software yang kita gunakan: Microsoft Visual Studio 2013 Update 1 , bila anda menggunakan compiler/IDE lain sebetulnya adalah sama saja.

Pada tutorial – tutorial sebelumnya, kita sudah banyak membahas tentang C++, ada yang pernah bertanya, bagaimana caranya membuat sebuah aplikasi dengan header (.h)? contohnya seperti kita memiliki minimal 3 file , main.cpp, metu.h, dan metu.cpp .
Untuk anda yang sering membaca tutorial maupun sering browing code, pasti selalu menemui hal – hal seperti ini, banyak para programmer yang menggunakan “namafilesendiri.h” digabungkan dengan “namafilesendiri.cpp” digabungkan lagi dengan “main.cpp” dari pada membuat satu buah “file.cpp” jumbo.

Hayo, masihkah anda ingat dengan perbedaan dari line berikut ini?
#include “namafilesendiri.h”
#include <namafilesendiri.h>
Nah, bila lupa, silahkan baca tutorial ini :)





#include “namafilesendiri.h” , maka compiler akan mencari terlebih dahulu file tersebut pada directory project kita, bila tidak ditemukan baru mencari file tersebut di directory standard C++,

#include <namafilesendiri.h>, maka compiler akan langsung mencari file tersebut pada standard directory C++,
OK, mari kita kembali ke topik, bagaimana cara membuat Hello World application dengan header seperti yang di gambarkan di awal tadi?

Sebetulnya gampang saja, sebagai pemula, biasanya kita membuat sebuah applikasi dengan class seperti berikut ini:
Lihat gambar 1:


Nah, anda bisa lihat, kita membuat declaration, kemudian definition, kemudian baru terakhir adalah main() method nya.
Declaration adalah kita mendeclarasikan class nya atau method nya. Perhatikan gambar, di dalam deklarasi class HelloWorld, kita mengdeklarasikan juga method “sayHello();”. Ini baru deklarasi, belum definisi :) , anda bisa lihat sayHello(); belum terdefinisikan di class HelloWorld, benar bukan?

Kemudian untuk code berikutnya, kita mendefinisikan method sayHello(); ini dengan operator dua colons ( :: ). Operator ini digunakan untuk mendefinisikan method di luar class. Biasanya kan method langsung didefinisikan di dalam class, nah, dengan menggunakan operator dua colons ( :: ) kita bisa mendefinisikan nya di luar class.

Nah, bagaimana kalo kita pisah – pisah kodenya, biar lebih rapi, seperti pada screenshot berikut ini,
Lihat gambar 2:


Nah, kita bagi single file di atas menjadi metu.h, metu.cpp, dan main.cpp. Metu.h berisikan declarasi dari class dan method, metu.cpp berisikan definisi dari class dan method pada metu.h, kemudian main.cpp berisikan main method untuk project C++ kita.
Sampai di sini gampang dimengerti kan??

Lalu, apakah hanya begitu saja? Tidak, kita harus mengkonekan antar file tersebut agar ada kesinambungan dengan directives #include.

Berikut merupakan kode nya:
metu.h


metu.cpp


main.cpp


Nah, lihat gambar screenshot di atas, mudah bukan,, kita hanya perlu berfikir sebentar, memahami dan menuliskan kodenya,,

Lihat, kita saling meng-include kan file agar file – file tersebut berhubungan satu dengan yang lainnya.

Ok, sekian tutorial singkat membuat simple app dengan class dan header, semoga bermanfaat.

Salam,

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar