Minggu, 02 Februari 2014

Video
Text

VISUAL C# No.37: Sql Compact Edition (CE) deprecated/tidak dikembangkan lagi


Dulu pernah kita membahas tentang portable database SQL SERVER COMPACT EDITION (CE). Ini adalah portable database, maksudnya kita tidak perlu menginstall apa pun dalam mesin klien agar aplikasi kita berjalan lancar meski selalu berhubungan dengan database. Hebat bukan?

Kita pernah membuat dan memperagakan nya dalam tutorial Visual Basic VB.NET No.10: Contact Book - Meloading Data Dari Database Compact Edition (part 1)

Tapi sayangnya, portable database milik Microsoft yang sudah digunakan jutaan developer ini dihentikan pengembangannya, bahkan sudah tidak disuport oleh Visual Studio 2013 (IDE termutakhir saat tutorial ini ditulis, 31 Januari 2014).
Mengapa? Lalu apa solusinya?

Lihat screenshot berikut, dimanakah portable database SQL Compact??



Telah kita ketahui bersama bahwa Visual Studio 2013 keluar bulan – bulan akhir tahun 2013, sebetulnya saya pribadi tidak tahu kenapa dinamakan Visual Studio 2013, kenapa tidak Visual Studio 2014 :P

Coba perhatikan gambar yang lain ini, ini adalah fasilitas pada Visual Studio 2012, masih suport SQL Compact.
Lihat gambar 1:


Saat dikeluarkan baik yang pro (berbayar) maupun yang express (gratis – tis – tis) tidak terdapat fasilitas SQL Compact bila kita ingin menambahkan data. Bahkan, file sql compact yang sudah kita buat memakai Visual Studio versi sebelumnya, tidak bisa dibuka sama sekali. Sehingga pasti para developer kesulitan saat akan membuat table, menambahkan row dan lain – lain.

Padahal saya pribadi optimis sekali dengan SQL Compact karena ke-portable-lan nya. Bahkan Compact 4.0 sendiri merupakan default database pada WebMatrix ASP.NET.

Inilah yang menjadi perbincangan hangat dalam Microsoft Developer Network (MSDN).
Yang menjadi pertanyaan adalah:
1.Kenapa harus dideprecated?
2.Apa penggantinya?
3.Bagaimana perbandingannya?
4.Apa solusi untuk yang masih memakai SQL Compact supaya bisa dibuka di Visual Studio?
5.Adakah solusi lain??


Berikut akan kita bahas item per item.

1.Kenapa harus dideprecated?

Maksud dari deprecated adalah tidak dikembangkan lagi. Tapi tetap banyak developer yang bersedia suport dan membuat plugin untuk Visual Studio itu sendiri. Salah satunya adalah erikej di http://erikej.blogspot.com/2009/04/sql-compact-3rd-party-tools.html

Lalu kenapa musti tidak didukung lagi??

Penjelasan kenapa di discontinued bisa dilihat pada artikel ini http://connect.microsoft.com/SQLServer/feedback/details/776328/port-sql-compact-to-windows-rt


2.Apa penggantinya?
Sebetulnya, Microsoft punya banyak opsi untuk database berbasis SQL, yaitu SQL SERVER (Termasuk Express) dan SQL COMPACT EDITION (CE).

SQL SERVER lah yang selama ini menjadi andalan Microsoft. Sayang nya ini tidak gratis. Tetapi untuk developer dan untuk software skala kecil, terdapat versi gratis dari SQL SERVER, yaitu SQL EXPRESS.

Nah, ada pertanyaan lagi, SQL EXPRESS memang gratis, tetapi untuk menggunakannya komputer client harus terinstall juga service untuk SQL EXPRESS. Hal ini pasti merepotkan klien, apakah SQL EXPRESS punya ke-portable-lan seperti SQL COMPACT?
Ya, tentu, SQL EXPRESS punya versi lain yang menjadi portable database pengganti COMPACT. Yaitu SQL EXPRESS (LocalDB). :)

+SQL SERVER
-----SQL EXPRESS
---------SQL EXPRESS(LocalDB)

SQL EXPRESS (LocalDB) ini dalam perkembangannya lebih akrab dipanggil dengan SQL SERVER LOCALDB saja, meskipun merupakan SQL EXPRESS.

So, mulai artikel ini ditulis, kita bisa menggunakan SQL EXPRESS(LocalDB) sebagai pengganti SQL COMPACT.
Atau bila anda ingin menggunakan database versi lain (tidak dikembangkan oleh Microsoft) anda bisa menggunakan Firebird, SQLITE, dan lain – lain.

3.Bagaimana perbandingannya?
Nah, salah satu developer yang concern membantu dan suport SQL COMPACT adalah ErikEj, anda dapat melihat perbandingan SQL COMPACT, SQL EXPRESS dan SQL EXPRESS(LocalDB) pada blog yang ia tulis di http://erikej.blogspot.com/2011/01/comparison-of-sql-server-compact-4-and.html

Atau bisa juga, kita membaca referensi dari Microsoft Developer Network Blog (MSDN) di http://blogs.msdn.com/b/jerrynixon/archive/2012/02/26/sql-express-v-localdb-v-sql-compact-edition.aspx

Pada kedua artikel tersebut terdapat perbandingan yang jelas dari Database – Database yang kita sebutkan tadi.

6.Apa solusi untuk yang masih memakai SQL Compact supaya bisa dibuka di Visual Studio?
Nah, pasti untuk anda yang sudah terlanjur cinta dengan SQL Compact, atau yang sudah terlanjur membuat aplikasi dengan SQL Compact dan kebingungan cara untuk membukanya di Visual Studio, salah seorang Developer SQL COMPACT menawarkan Tool Addin untuk Visual Studio yang sangat menarik.

Lagi – lagi ErikEj menawarkan opsi ToolBox Addin untuk SQL COMPACT pada visual studio 2013. Silahkan lihat dan coba di http://sqlcetoolbox.codeplex.com/

Penjelasan detail mengenail Toolbox AddIn ini juga dapat anda temua di blog nya ErikEj http://erikej.blogspot.dk/2013/10/sql-server-compact-toolbox-36visual.html

Seperti apakah saat kita sudah menginstall AddIn ini?
Lihat gambar 2:


Anda bisa lihat, hanya dengan install Toolbox ini , maka anda bisa membuka file SQL COMPACT anda, mudah dan powerfull bukan??
Thanks to ErikEj :)

7.Adakah solusi lain??

Adakah solusi lain selain insall Toolbox AddIn?
Ada, yaitu :
a.Migrasi lah ke SQL EXPRESS (LocalDB)
b.Gunakan Visual Studio versi sebelumnya (2012, 2010)
c.Pindah menggunakan database portable lain (Firebird, SQLite)

Kalo saya pribadi lebih memilih SQL EXPRESS LOCALDB. :)
Sekian tutorial tentang SQL COMPACT yang di-deprecate pada Visual Studio 2013, mudah – mudahan bermanfaat.
Salam

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar