Minggu, 24 November 2013

Video
Text

C++ No.8: Apa itu Constructor, Destructor, bagaimana penggunaannya?

Constructor adalah fungsi khusus / fungsi unik yang akan di panggil secara otomatis pada saat object dibuat. Secara umum, pada saat pembuatan object, class harus meng-inisialisasikan variablenya untuk menghindari error yang tidak diinginkan. Dari sinilah maka kita membutuhkan yang namanya Contructor.


Bisa dibilang, merupakan sebuah fungsi unik yang digunakan untuk meng-contruct object. Ingat, fungsi ini akan dipanggil saat object dibuat.

Fungsi Contructor harus memiliki nama yang sama dengan Class dan tidak boleh ada ‘return type’ nya bahkan Void sekalipun juga tidak.

LALU APA ITU DESTRUCTOR?

Destructor merupakan kebalikan dari contructor. Fungsi ini merupakan fungsi unik/khusus yang akan dipanggil secara otomatis pada saat object di-destroyed atau keluar dari scope.

Destructor ini sangat berfungsi sekali untuk membebaskan memory yang kita gunakan saat pembutan variable dan object.

Coba bayangkan saat anda membuat sebuah variable, misalnya memberikan ‘new int;’ , kemudian memberikan nilai value untuk variable tersebut. Pasti disini ada memory yang termakan/digunakan oleh variable. Nah, apa yang terjadi bila anda sudah tidak menggunakan object/variable yang memakan memori tersebut?

Tentu bila tidak segera kita bebaskan akan berakibat pada adanya ‘memory leak’. Nah, penggunaan destructor ini lebih mudah saat kita menggunakan Pointer.

Apa itu pointer??
Kita akan membahasnya pada tutorial selanjutnya setelah tutorial ini.
Pada tutorial ini kita akan mencoba untuk memperagakan membuat contructor dan destructor pada sebuah class.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI



Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar