Sabtu, 28 September 2013

Video
Text

VISUAL BASIC No.12: Contact Book - Update Data di tabel Database Compact Edition (part 3)

Part 3: Bagaimana cara Update Data di SQL SERVER Compact Edition?

Update Data merupakan sebuah CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada setiap pengolahan data pada database jenis apapun. Kemarin pada part 2 kita telah membahas cara untuk insert data ke dalam database, nah untuk tutorial berikutnya ini kita akan mencoba meng-update data. Kita akan mencoba mengambil value dari masing-masing kolom dari row yang terseleksi, kemudian kita masukan value tersebut ke dalam Form lain dari aplikasi kita. Bagaimana caranya?


Kemarin kita juga telah membuat sebuah form baru (external form) yaitu kita berikan nama adalah FormEdit. Pada form edit ini terdapat sebuah formulir untuk meng-update data, nah, kita akan transfer data antar form. Jadi data dari FormMain (tempat dimana dataGridView diletakkan) akan kita transfer ke dalam FormEdit.

Dalam memanggil (get) dan mengisikan nilai variable dari form lain (set) kita harus memberikan property public (jangan private) terhadap variable yang kita buat. Begitu juga dengan fungsi yang ingin kita akses dari form lain, fungsi tersebut pun harus disetting property nya supaya public.

Kita pun sama seperti tutorial sebelumnya, kita akan menggunakan query builder sebagai alat bantu kita dalam membuat query. Query builder ini sangat membantu sekali untuk kita yang sintaks-sintaks sql nya tidak terlalu hafal.

Hal yang penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara mendapatkan value dari setiap kolom pada row yang terseleksi. Lihat pada screenshot animasi di atas, kita menselect row yang terdiri beberapa kolom, kemudian nilai dari setiap kolom kita masukan ke dalam form edit. Bagaimana cara melakukannya??


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

Silahkan lihat video tutorial nya dan download source codenya, semoga bermanfaat.
PART YANG LAIN:
PART 1: VB.NET No.10: Contact Book - Meloading Data Dari Database Compact Edition (part 1)
PART 2: VB.NET No.11: Contact Book - Insert Data ke Database Compact Edition (part 2)
PART 3: Halaman ini
PART 4: VB.NET No.14: Contact Book - Delete Data pada SQL Server Compact Edition

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar