Sabtu, 07 September 2013

Video
Text

VISUAL BASIC No.8: Membuat Aplikasi Toekang Omong (text to speech)


Seperti yang sudah kita bilang di awal, programming itu mudah, mari kita membuat suatu aplikasi keren yang dulu sempat terkenal di KIOSS PROJECT yaitu MeTu+ Toekang Omong :)

Saya masih ingat saat itu KIOSS PROJECT membuat sebuah aplikasi toekang omong, saat itu adalah jamannya Windows XP, saya yakin masih banyak yang masih menggunakan Windows XP juga. Aplikasi yang akan kita buat ini nanti tidak mirip dengan aplikasi KIOSS PROJECT, karena yang kita buat adalah sangat amat minimalis. Kita hanya mengetikan teks dan sekali klik maka aplikasi akan membacakannya untuk kita.


Di awal saya sempat menyinggung Windows XP, kenapa? Karena Programing Interface untuk text-to-speech ini sudah tidak dikembangkan lagi oleh Microsoft semenjak Windows Vista sampai sekarang atau dalam bahasa kerennya adalah ‘deprecated’. Lah, terus apakah masih tetap bisa menggunakan Programming Interface ini? Yup, tentu masih cuman pengembangannya dihentikan.

Progamming interface ini kita sebut dengan ‘Speech Aplication Programming Interface” atau SAPI. Masih ingat tentang Microsoft Agent?? Itu lho, ada gambar animasi Jin, gambar animasih Merlin, dan lain lain yang bisa ngomong,, nah, itulah Microsoft Agent. SAPI merupakan bagian dari Microsoft Agent yang semenjak Windows Vista hadir sudak tidak dikembangkan lagi (deprecated). Meski demikian kita masih dapat menggunakannya di Visual Studio kita.

Kenapa Microsoft Agent menawarkan SAPI? Karena Programming Interface ini sangat interaktif dan berguna sekali. Bayangkan anda dapat membuat software yang bisa bicara sendiri, bayangkan anda mempunyai software yang bisa membacakan buku untuk anda, software yang bisa mengenal tanda titik dan tanda tanya maupun koma.

Bayangkan lagi bila anda memiliki software yang bisa membacakan email anda otomatis?? Hehe, microsoft agent juga dilengkapi dengan mimik bibir, nah, jadi saat ngomong gitu mimik bibirnya ini ikut membuka dan menutup, canggih bukan? Tapi sayang sekarang sudah deprecated.

Kita akan memperagakan untuk membuat sebuah software aplikasi Text to Speech yang bisa membedakan tanda titik. Saya menggunakan bahasa Visual Basic dan Visual Studio 2010. Bila anda menggunakan Visual Family yang lain (Visual C++, Visual C#, Visual FoxPro/F#) semuanya adalah sama saja caranya :)

1.Mari kita membuat GUI (tampilan muka) terlebih dahulu.
Saya hanya menambahkan komponen “TextBox” dan “Button” dan saya atur sedemikian rupa seperti pada gambar kemudian saya berikan nama pada masing masin komponen.
Komponen “TextBox” saya berikan nama adalah “TextBox1”
Komponen “Button” saya berikan nama adalah “SpeechButton”

Lihat gambar:

Pastikan anda membuka Window Properties dan mensetting beberapa pengaturan yang dibutuhkan seperti Window Title (untuk form), Disini saya memberikan text “Tulis text anda di sini” sebagai title windownya.
Anda dapat menambahkan text pada TextBox juga pada window properties.
Seperti terlihat pada gambar:



2.Mari kita memikirkan logika jalannya aplikasi.
Aplikasi kita nantinya adalah membaca textBox saat pengguna mengeclick tombol button “Speak”. Nah, jadi disini kita harus menambahkan fungsi/method/sub saat tombol ini di click.

Untuk menambahkan fungsi/method tersebut anda dapat langsung men-doubleclick button “speak” yang kita beri nama “SpeechButton” tadi. Silahkan anda double click dan berikan kode seperti di bawah ini:



Dapat anda lihat di atas, Private Sub SpeechButton_Click() adalah fungsi/method yang dibuat secara otomatis saat kita mendouble click tombol “speak”.

Nah, kemudian kita isikan HANYA DUA BARIS kode untuk membaca text yang terdapat pada “TextBox1” seperti berikut ini:
SapiObject = CreateObject("SAPI.spvoice")
SapiObject.speak( TextBox1.Text)


Gampang sekali kan, hanya dua baris kode saja. Anda dapat mencari tutorial tutorial tentang SAPI ini di internet. Anda bisa bereksperimen, ketikan kalimat atau kata. Berikan tanda titik dan tanpa titik. Wow, menakjubkan, tapi sayang, sekarang sudah deprecated, tidak dikembangkan pada Vista, 7, 8. Nanti akan kita carikan yang lain selain SAPI :)

Mudah mudahan bermanfaat.

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar