Senin, 02 September 2013

Video
Text

VISUAL BASIC No.6: Membuat Linking Form (Memanggil Form lain)

Mari Membuat Linking Form!

Pernahkan anda melihat pada kebanyakan software aplikasi, saat kita mengklik button atau menu maka akan tampil sebuah window kecil baru. Nah, kebanyakan window kecil baru ini bukanlah ‘MessageBox’, melainkan sebuah form baru yang lain.
Pada tutorial ini kita akan mencoba untuk membuat beberapa form dan akan mencoba untuk me-link antar form, sehingga masing masing form dapat dibuka dari form yang lain.:)


Kita akan menggunakan bahasa Visual Basic untuk membuat form ini, dan anda dapat mengamati betapa mudahnya membuat form dengan Visual Studio (2012).

Pada dasarnya, kita hanya diharuskan untuk membuat beberapa form. Nah, dari form yang satu kita dapat mengetikan nama form kemudian tinggal show atau hide saja.

Disini kita juga akan menambahkan sebuah event ‘onFormClosing’, ini adalah event yang sering juga digunakan para pembuat software untuk membuat softwarenya lebih menarik. Event ini digunakan untuk mengeksekusi kode saat form tersebut sedang closing, atau menutup.

Nah, jadi saat form dua kita close, otomatis kita akan memanggil form 1 yang telah kita sembunyikan sebelumnya.

Ingin tau betapa mudahnya membuat aplikasi seperti ini?? Silahkan tonton videonya dan download source codenya, semoga bermanfaat,,


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI
Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

2 komentar:

ninjasSawit mengatakan...

tutorialnya bagus-bagus om . .

Gamers Zone mengatakan...

cara random manggil formnya gimana?kan saya dalam 1 button ada 8 form,,biar setiap klik form yg tampil beda2 gmna?

Poskan Komentar