Minggu, 22 September 2013

Video
Text

VISUAL BASIC No.10: Contact Book - Meloading Data Dari Database Compact Edition (part 1)

PART 1 – Membuat GUI dan Meloading data dari database dengan eksekusi sintaks SQL.
Pada tutorial sebelumnya, kita telah mengenal SQL SERVER COMPACT EDITION dan mempraktekan cara insert data dan meload data dengan bantuan datasource. Pada tutorial tersebut kita sama sekali tidak mengetikan sintaks sql (query). Nah, pada pembuatan CONTACT BOOK ini nanti kita akan mencoba membuat sebuah aplikasi dengan menggunakan full query sintaks sql.


Pada tutorial part 1 ini, kita akan mencoba membuat database, membuat connectionString untuk koneksi kedalam database. Kita akan membuat table, mengisikan row ID, Nama, NoHp. Kemudian kita setting primary key nya dan lain-lain. Selain itu kita akan mencoba menggunakan salah satu komponen yang sangat membantu sekali dalam pengelolaan data yaitu ‘DataGridView’.

Komponen ini sangat flexible, dapat secara otomatis meloading data dari datasource, maupun secara manual dengan hasil eksekusi query yang kita set sebelumnya. Pada setting DataGridView, kita dapat menset apakah User dapat men-sorting data, mengedit data, menghapus data dan sebagainya.

Selain DataGridView, pada tutorial ini kita akan mencoba mengetikan kode untuk mengetes koneksi kedalam database kita. Kita pun juga akan membuat fungsi untuk meloading data dari database. Nah, untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat video tutorial berikut ini serta dapat mendownload source code yang telah disediakan. Mudah mudahan bermanfaat.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

PART YANG LAIN:
PART 1: Halaman ini
PART 2: VB.NET No.11: Contact Book - Insert Data ke Database Compact Edition (part 2)
PART 3 : VB.NET No.12: Contact Book - Update Data di tabel Database Compact Edition (part 3)
PART 4: VB.NET No.14: Contact Book - Delete Data pada SQL Server Compact Edition

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar