Selasa, 24 September 2013

Video
Text

VISUAL BASIC No.11: Contact Book - Insert Data ke Database Compact Edition (part 2)

PART 2 – Membuat Multi Form dan INSERT DATA.
Pada {{---part 1---}} kemarin, kita telah mendesign GUI dan juga telah mengetikan kode sql query untuk meloading data dan menampilkannya ke dalam DataGridView. Nah, sekarang kita akan melanjutkan untuk meng-fungsikan tombol – tombol dalam Contact Book kita. Part kedua ini kita akan mencoba membuat fungsi dan kode untuk menambahkan data kedalam sql server compact edition database.


Langkah awal yang perlu kita lalukan adalah men-setting supaya DataGridView sesuai dengan keinginan kita. Nah disini saya ingin agan user hanya dapat menselect keseluruhan row saat meng-klik cell. Hal ini akan mempermudah user dalam membaca data dan mempermudah kita developer untuk memparsing data. Bagaimana cara mendisable multiple selection pada cell ini? Anda dapat lihat di video tutorial nya.

Berikutnya kita harus membuat sebuah form baru (external form) sebagai form untuk insert data. Coba anda perhatikan pada animasi di atas, disana saat kita mengklik ‘Add New Button’, makan akan tampil window form baru. Nah, ini adalah form lain, bukan MessageBox, kita bisa menyebutnya sebagai multiple form. Form external ini kita berikan komponen komponen yang kita perlukan. Setelah itu kita panggil form ini dari form utama. Bagaimana caranya? Anda dapat melihatnya di video tutorial.

Form utama dan Form add harus kita sinkronkan terutama variablenya supaya variable dari form add dapat kita edit dari form utama.

Kemudian kita perlu membuat sebuah fungsi untuk menambahkan data, saya berikan nama fungsi AddData(). Fungsi inipun harus kita setting supaya dapat diakses dari external form. Nah, gimana caranya? Silahkan lihat di video tutorial.

Pada fungsi addData inilah kita membuat koneksi, mensetting command, memberikan sintaks sql query, dan lain sebagainya.

Adahal bagus yang membantu anda bila anda lupa query untuk meng-insert data. Visual studio memberikan sebuah fasilitas query builder yang sangat mudah untuk kita gunakan. Pengen tahu caranya? Anda dapat melihat tutorialnya. Silahkan ditonton dan download source codenya. Mudah mudahan bermanfaat.


ANDA DAPAT MELIHAT TUTORIALNYA DI BAWAH INI

PART YANG LAIN:
PART 1: VB.NET No.10: Contact Book - Meloading Data Dari Database Compact Edition (part 1)
PART 2 : Halaman ini
PART 3 : VB.NET No.12: Contact Book - Update Data di tabel Database Compact Edition (part 3)
PART 4: VB.NET No.14: Contact Book - Delete Data pada SQL Server Compact Edition

Video di atas dapat anda download dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager) atau aplikasi downloader yang lain yang telah terinstall di komputer anda.

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

1 komentar:

vanh brc mengatakan...

mas gimana caranya kalo buton tombulnya di tambah lagi yaitu button tombol cari gimana codingnya mas.,.,

Poskan Komentar