Senin, 30 September 2013

Video
Text

VISUAL BASIC No.14: Contact Book - Delete Data pada SQL Server Compact Edition

Part 4: Menambahkan fasilitas delete pada Contact Book.

Pada part sebelumnya, tentu masih ingat bahwa kita hampir menyelesaikan CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada sql server compact database kita. Pada part terakhir ini kita akan membuat sebuah fungsi yang sangat simple pada button delete untuk menhapus data dari table kita.

Nah, tentu masih ingat bukan nama dari Table dan nama dari DataGridView? Kita kembali akan menggunakan nama nama object ini pada kode kita. Untuk anda yang kurang paham dengan sql sintaks / query, anda dapat menggunakan sql builder sama seperti tutorial sebelumnya.


Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menambahkan fungsi pada button delete. Button kita ini kemarin kita berikan nama adalah ‘ButtonDelete’. Dan untuk menambahkan fungsi, anda tinggal mendouble click saja ‘ButtonDelete’ kita ini. Secara otomatis akan membuat sebuah fungsi seperti pada kode berikut ini:

Private Sub ButtonDelete_Click(sender As Object, e As EventArgs) Handles ButtonDelete.Click

Nah, mari kita lengkapi kode kita dengan mengetikannya seperti pada kode berikut ini:



Anda bisa lihat, kita membuat beberapa variable yang sama dengan variable pada fungsi edit Data. Sebetulnya variable kita tidak harus sama, tetapi supaya untuk mempermudah kita samakan saja. Variable tersebut adalah variable ‘MetuRow’ dan variable ‘ID’.

Sama seperti pada fungsi edit Data, kita menggunakan looping untuk mendapatkan value dari setiap kolom pada row yang terseleksi.

Mudah bukan??

Setelah itu kita bikin koneksi ke database, kita eksekusi query nya, setelah berhasil kita tampilkan alert dengan MessageBox, baru kemudian kita memanggil fungsi LoadData.

Perhatikan fungsi di atas, sangat mudah dipahami kok. Mudah mudahan bermanfaat dan anda pun dapat men-download source code nya.



PART YANG LAIN:
PART 1: VB.NET No.10: Contact Book - Meloading Data Dari Database Compact Edition (part 1)
PART 2: VB.NET No.11: Contact Book - Insert Data ke Database Compact Edition (part 2)
PART 3: VB.NET No.12: Contact Book - Update Data di tabel Database Compact Edition (part 3)
PART 4: Halaman ini

Please share bila tutorial ini cukup berbobot untuk anda!

MediaTutorial mengedepankan tutorial yang berkualitas. Semua penjelasan dipaparkan sedetail mungkin.
Please, bila tutorial ini membantu anda dan cukup berkualitas bagi anda mohon untuk share pada button sharing berikut ini.

Writen by: Okie Eko Wardoyo

Comments

1 komentar:

misjan nurbudiman mengatakan...

Luar biasa...di bookmarks dulu ah takut lupa

Poskan Komentar